Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda

Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda

Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda – Sehabis mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah, saya dan Keke, travel mate saya di Semarang, kembali melanjutkan perjalanan dengan menaikki motor. Siang itu begitu panas dan terik. Terpaan angin yang membelai wajah kami rasanya enggak mampu menghalau keringat yang sedari tadi berkucuran. Belum lagi, perut kami sudah meronta-ronta minta diisi.

Hari itu, kami enggak punya rencana khusus untuk makan di tempat yang hits yang ada di Semarang. Jadilah kami random naik motor berduaan dan mencari tempat makan yang siapa tahu kami lewati.


Lalu, mata kami tertuju pada sebuah rumah makan dengan warna kuning mentereng. Namanya Waroeng Kaligarong. Lokasinya berada di Jalan D.I.Panjaitan no. 64, sekitar 600 meter dari Simpang Lima. Dilihat dari luar sih, banyak mobil dan motor yang terparkir. Pikir kami, “Wah, kalau restonya ramai, biasanya enak, nih”. Enggak pakai pikir panjang lagi, akhirnya saya dan Keke mampir ke sini.

Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda

Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda
Waroeng Kaligarong ini tempatnya eye-catchy banget. Kamu bisa dengan mudahnya menemukan resto yang didominasi warna kuning ini.

Pas masuk ke Waroeng Kaligarong, ternyata tempatnya cukup besar dan cozy. Kami memilih duduk di bagian dalam yang lebih adem. Lalu, seorang pramusaji mengantarkan menu kepada kami. Rupanya, Waroeng Kaligarong ini menyuguhkan berbagai menu khas Indonesia yang sudah dimodernisasi, misalnya Asem Aren Punch dan Kunyit Asem Smoothies. Penasaran sih, gimana rasanya, tapi ujung-ujungnya saya lebih tertarik dengan es teh manis untuk melepas dahaga. Kami memesan satu pitcher untuk dibagi berdua.

Baca juga: 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen dan Lapar

Saya dan Keke kaget banget waktu es teh manis yang kami pesan diantar pramusaji ke atas meja. Soalnya, ukuran gelasnya literally jumbo! Mungkin setara dengan 6 gelas standard kali, ya. Asli, puas dan kembung banget sih, minum es teh manis pas panas-panas. Hehehe. 😀

Nah, kalau soal makanan, kami bertanya ke pramusaji, apa sih yang menjadi signature dish-nya Waroeng Kaligarong ini? Ternyata ada Bebek Goreng Sambal Mangga Muda, Cumi Hitam Mangga Muda, Nasi Bakar Kecombrang, dan Gurame Sambal Matah.


Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda
Menu di Waroeng Kaligarong yang paling bikin ngiler.
Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda
Ini dia Bebek Goreng Sambal Mangga Muda yang saya pesan di Waroeng Kaligarong. Ada yang pernah coba juga?

Menu pertama yang saya coba adalah Bebek Goreng Sambal Mangga Muda. Harganya Rp30 ribuan dan sudah termasuk nasi, bebek muda, tempe, tahu, telor iris, dan juga sambal mangga andalannya. Saya pun penasaran sama bebek gorengnya. Ternyata dagingnya manis dan empuk banget. Dagingnya juga enggak alot, gampang banget dilepas dari tulangnya begitu ditarik. Yang saya suka, asinnya pun pas di lidah.

Baca juga: Barleu Coffee Bandung, Minimalis di Remangnya Bandung Malam

Enggak ketinggalan, bebek gorengnya dicocol sama sambal mangga muda yang pedas dan segar, dong. Sambal ini cocok banget buat kamu yang ingin mencicipi rasa asam dan pedas, lalu memadukannya dengan bebek goreng. Duh… pas bikin tulisan ini, saya jadi ngebayangin lagi gimana enaknya Bebek Goreng Sambal Mangga Muda ala Waroeng Kaligarong yang saya pesan. Entah kenapa bikin saya lapar tiba-tiba gini. Hehehe. 😀

Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda
Ini dia Cumi Hitam Mangga Muda. Wah, kalau sudah berurusan dengan dunia persambalan, makan langsung pakai tangan memang lebih sedap.

Kemudian, saya mencicipi Nasi Bakar Kecombrang. Meski wangi kecombrangnya kuat, tetap nge-blend dengan ayam suwir dan telur irisnya. Perpaduannya oke banget. Lalu, ada Cumi Hitam Mangga Muda yang teksturnya empuk. Oh ya, katanya Cumi Hitam yang langsung dimasak dengan tintanya ini pakai MSG, lho, soalnya tinta hitamnya bisa memberikan rasa gurih yang sama.

Baca juga: Pengalaman Naik Joglosemar Semarang-Yogyakarta

Well, udah icip-icip tiga menu berbeda di Waroeng Kaligarong, nih. Kira-kira perut saya masih muat enggak, ya? Hahaha. 😀 Menu terakhir yang juga sama-sama memanjakan lidah ialah Gurame Sambal Matah, yang mana resep sambalnya didatangkan langsung dari Bali, lho. Oh ya, bagi yang belum tahu, Sambal Matah yang lagi hits ini merupakan sambal mentah, yang mana enggak dimasak atau disiram dengan minyak panas.

Suapan pertama gurame beserta sambalnya pun masuk ke dalam mulut. Wuihhh… ternyata rasa pedas dan segarnya menyatu banget. Kalau kamu juga mencoba Gurame Sambal Matah ini, kamu bakal mencium aroma bunga kecombrang dari menu ini. Unik banget!

Nah, dari menu-menu yang kami pesan di atas, favorit saya adalah Bebek Goreng Sambal Mangga Muda. Kalau liburan ke Semarang lagi, sudah pasti saya bakalan mampir ke Waroeng Kaligarong dan memesan menu ini lagi. Eh, tapi penasaran juga sih pengin icip-icip menu lainnya.


Kamu juga wajib cobain Bebek Goreng Sambal Mangga Muda di Waroeng Kaligarong.


ARTIKEL KULINER LAINNYA:

1. Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!
2. Sore-sore Ngemil Pempek Bangka di Depan Bangunan Kosong di Jalan Muhidin
3. 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka
4. Perpaduan Pahit dan Manis Dark Chocolate Cigar, Cokelat Rasa Cerutu Kuba
5. 5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih
6. 6 Pilihan Amuse-Bouches, Hidangan Pembuka Paling Favorit di Restoran CURATE, Singapura
7. 5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE, Singapura
8. Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau
9. Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam
10. Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten
11. 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen dan Lapar


XOXO, logo

2 comments

  1. Sambal mangga muda itu susah bikinnya. Kalau bikin sendiri, nyari bahan mangga mudanya yang nggak gampang. Dan produk sambal pabrikan pun jarang yang jual varian sambal mangga muda. Jadi dengan menyediakan feature sambal mangga muda untuk menu bebek goreng ini memang ciamik banget.

    1. Wah, saya baru tahu kalau bikin sambal mangga muda ternyata susah. Tapi menurut saya pribadi, perpaduan antara bebek goreng dan sambal mangga muda ini memang pas banget. Pas dicoba, rasa empuk dan garing bebek menyatu banget dengan sambal yang asam dan segar. Bikin nagih! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.