Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

1413
Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood – Rencana awalnya, saya dan keluarga pengin banget makan makanan Sunda setelah lelah keliling Bandung seharian. Tujuan kami adalah ke RM Alas Daun yang terletak di Jalan Citarum, Bandung.

Berdasarkan ulasan yang ditulis pengunjung, restoran ini sangat direkomendasikan, soalnya makanannya enak, suasananya juga Sunda banget. Dan yang menarik, pengunjung benar-benar menggunakan alas daun sebagai piring mereka, seperti nama restoran ini.


Setelah bermacet-macetan ria dari The Lodge Maribaya (mana hujan pula), lalu nyasar ke sana kemari gara-gara GPS sering mati, alhasil kami berhasil sampai di RM Alas Daun.Tapiii, astaga sebelnya ampun-ampunan, deh. Restorannya ternyata tutup cobaaaa… 🙁 Ternyata, mereka memang tutup pas Lebaran hari pertama yang jatuh pada 15 Juni 2018 lalu. Duh, padahal udah lapar dan ngidam banget kepengin makan makanan Sunda pas di Bandung.

Baca juga: Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!

Mau enggak mau, kami cari-cari lagi tempat makan enak di sekitar situ. Namun, karena udah bingung banget mau ke mana dan takutnya restoran selanjutnya yang hendak kami kunjungi juga tutup seperti RM Alas Daun, alhasil kami mengisi perut di rumah makan yang ada di seberangnya. Namanya, HDL 293 Cilaki. Baru pertama kali sih, denger nama tempat makan ini. Ada yang udah perncah coba belum?

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Jadi, HDL 293 Cilaki ini ternyata khusus menjual seafood. Saya penasaran, HDL itu artinya apa, sih? Apakah ada hubungannya dengan High Desity Lipoprotein alias kolestrol baik di dalam tubuh? Mentang-mentang makan seafood, jadinya takut kolestrol naik. Hehehe. 😀

Well, anyway, tampak dari luar, tempat makan ini ramai banget, soalnya banyak mobil dan motor yang terparkir di sana. Pas masuk ke dalam, wahhh… ramainya luar biasa! Untung ada meja kosong dengan empat kursi yang pas untuk saya, adik, Mama, juga Papa.


Adik saya yang sudah enggak sabaran pengin makan, langsung meminta menu kepada salah satu pramusaji. Setelah melihat-lihat, kami memesan Udang Asam Manis, Capcay, Cumi Saus Padang, dan Ikan Kakap Bakar. Untuk nasi, kami pesan satu bakul biar nanti enggak perlu pesan dan nunggu lama lagi kalau mau nambah. Untuk minum, teh tawar hangat sudah paling juara.

Baca juga: 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka

Sembari menunggu makanan dimasak dan terhidang di atas meja, saya dan Mama menyempatkan diri ke toilet sebentar. Pas balik ke meja, eh… makanan yang kami pesan sudah tersaji di sana. Yang bikin kaget, porsinya itu lhoooo, porsi jumbo! Bagi para pencinta seafood, porsi jumbo benar-benar bonus! Kami jadi mikir, kayaknya kami pesan lauk kebanyakan, deh. Takut banget enggak habis, soalnya melihat satu porsi lauk saja benar-benar porsi jumbo!

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Menu pertama yang saya coba adalah Udang Asam Manis. Udangnya besar-besar, sausnya kental, dan perpaduan rasa asam serta manis cukup seimbang. Kalau enggak mau ribet buka kulit udang dengan sendok dan garpu, langsung pakai tangan bakalan lebih nikmat makannya. Wah, puas banget makan makanan yang satu ini. Para pencinta seafood pasti suka banget deh sama menu yang satu ini.

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Lalu, ada Capcay. Bisa dibilang, Capcay ini isinya super lengkap. Ada wortel, sawi, kembang kol, ayam, bahkan ada cuminya juga. Rasa masakan ini menggoyang lidah banget! Enggak ada rasa yang terlalu dominan seperti menu sebelumnya, soalnya perpaduan isi capcay ini diracik pas banget. Lumayan, di antara makanan-makanan yang bisa bikin kolestrol naik, seenggaknya ada asupan sayuran yang masuk ke dalam tubuh. Hehehe. 😀

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Let me introduce you, Cumi Saus Padang, my love! Ini enak paraaahhh! Mau makan sampai enggak tega saking enaknya. Hahaha. 😀

Harus diakui, saya adalah penggemar berat seafood. Dari semua seafood yang pernah saya coba, cumi tetap jadi yang terbaik, terenak, dan terfavorit yang pernah saya makan. Enggak tahu kenapa saya ngerasa cumi tuh enak banget. Teksturnya enak digigit dan cocok juga dipadukan dengan saus apapun. Tapi tetap sih, Cumi Goreng Mayonnaise dan Cumi Saus Telur Asin paling bisa memberikan mouthgasm!

Baca juga: Barleu Coffee Bandung, Minimalis di Remangnya Bandung Malam

Tadinya, kami mau memesan Cumi Goreng di HDL 293 Cilaki Bandung ini. Digoreng aja udah enak banget, enggak perlu diberi bumbu yang lain-lain. Eh, kami enggak nemu ada tulisan Cumi Goreng di kertas menu, jadilah kami pesan Cumi Saus Padang. Eh, pas saya ngelihat meja lain, ada tuh yang pesan Cumi Goreng. Enggak apa-apa juga, sih, sama-sama enak. Hehehe. 😀

Porsi Jumbo HDL 293 Cilaki Bandung untuk Para Pencinta Seafood

Selanjutnya ada Ikan Kakap Bakar. Kalau makan di restoran seafood, ikan selalu jadi makanan wajib yang kami pesan, apalagi Mama sama Papa suka banget makan ikan. Kalau biasanya kami sering memesan Gurame Asam Manis, kali ini giliran Ikan Kakap Bakar yang jadi andalan.

Nah, Ikan Kakap Bakar ini enggak kalah enak dibanding menu-menu sebelumnya. Supaya lebih mantap, bisa ditambah dengan kuah kecap berisi potongan cabai dan bawan yang sudah disediakan.

Well, secara keseluruhan, udah enggak diragukan lagi, deh, gimana lezatnya semua makanan buatan HDL 293 Cilaki Bandung ini. Para pencinta seafood pasti suka banget, deh. Rasanya enak, penampilannya menggugah selera, porsi jumbo yang disediakan juga menambah selera makan banget. Kami sampai harus merogoh kocek kira-kira Rp500 ribuan demi mengenyangkan perut.

Baca juga: Menyeruput Kopi Hangat di Yellow Truck Coffee & Tea Bandung

Namun, sedikit mengulas soal atmosfer di HDL 293 Cilaki Bandung, somehow saya ngerasa enggak bisa sepenuhnya makan santai di sini. Mungkin karena tempatnya padat banget kali, ya? Pengunjung yang datang ramai banget soalnya.

Kalau diperhatikan, tempat makan dengan porsi jumbo ini memang cocok banget untuk didatangi keluarga, terutama keluarga besar. Mereka menyediakan banyak meja panjang yang kursi-kursinya bisa ditempati satu keluarga besar sekaligus. Sayang, penempatan meja dan kursinya terlalu berdempetan, seolah memaksa mengisi ruang yang masih kosong. Jadi, kelihatannya sempit dan sumpek banget.

Sebagai contoh, awalnya kami mendapat meja kosong yang dekat dengan orang berlalu-lalang. Tangan saya sampai kesenggol berkali-kali sama orang yang lewat saking sempit banget jalannya. Alhasil, saya minta pindah meja supaya bisa makan dengan lebih nyaman. Seharusnya HDL 293 Cilaki Bandung ini enggak cuma mementingkan kualitas dan cita rasa masakannya aja, tetapi juga kenyamanan para tamunya. Kalau tamu yang datang senang, sangat mungkin mereka bakalan kembali makan di tempat ini, kan?

Baca juga: Pertama Kali Coba Lenggang Panggang Pempek Dempo Bandung

Di sisi lain, kebersihan tempat ini juga perlu dijaga banget. Mulai dari kebersihan meja hingga lantai. Dan oh ya, semoga pramusajinya bisa lebih ramah. Saya tahu, pasti ramainya pengunjung bikin kepala pusing banget, deh. Semua pelanggan bersahut-sahutan minta dilayani lebih dulu.Akan tetapi sedikit senyum yang mengembang di bibir sudah bisa mengisyaratkan pelayanan yang tulus, kok. 🙂


Asli, kenyang parah.

Overall, HDL 293 Cilaki Bandung ini boleh banget dicoba kapan-kapan, khususnya buat kamu para pencinta seafood. Hati-hati ya, pesan menu terlalu banyak, nanti bisa kalap dan bikin perut begah banget! Anyway, dari empat menu di atas yang kami pesan, kamu pasti udah bisa nebak, deh, mana menu favorit saya di HDL 293 Cilaki Bandung ini. Yup, Cumi Saus Padang jadi primadona banget malam itu!

Yuk, para pencinta seafood, kita makan seafood ramai-ramai di sini! Tapi jangan lupa pesan Cumi Goreng, ya. Hehehe 😀


 

ARTIKEL KULINER LAINNYA:

Pertama Kali Coba Lenggang Panggang Pempek Dempo Bandung

1. Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!
2. Mencicipi Otak-otak AFUNG Belinyu Enggak Cukup Satu Porsi Saja
3. 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka
4. Perpaduan Pahit dan Manis Dark Chocolate Cigar, Cokelat Rasa Cerutu Kuba
5. 5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih
6. 6 Pilihan Amuse-Bouches, Hidangan Pembuka Paling Favorit di Restoran CURATE, Singapura
7. 5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE, Singapura
8. Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau
9. Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam
10. Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten
11. Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda
12. Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan
13. 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen dan Lapar
14. Rela Mengantre demi Mencicipi Lumpia Gang Lombok Semarang
15. Perut Senang Usai Menyantap Red Chilli Crab, Kuliner Khas Singapura
16. Satu Hari Wisata Kuliner di Bogor, Kenyang Banget!
17. Menikmati Mendungnya Sore di Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang
18. Menyeruput Kopi Hangat di Yellow Truck Coffee & Tea Bandung
19. Sate Gendong, Kuliner Enak di Dusun Bambu Bandung


2 KOMENTAR

    • Harus banget, Mbak! Kalau ke sini, enaknya ramai-ramai sama keluarga, soalnya porsinya besar banget dan cocok kalau dimakan bareng-bareng. Hehehe. Wajib coba cuminya. Enak banget 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.