15 Akun Bookstagram Indonesia Terfavorit, Sudah Follow Belum?

Jun 27, 2018

15 Akun Bookstagram Indonesia Terfavorit, Sudah Follow Belum? – Bagi kamu para pencinta buku, membuat akun Bookstagram merupakan keputusan yang tepat. Bisa dibilang, saya sama sekali enggak menyesal membuat @sintiawithbooks, akun Instagram yang memang saya dedikasikan untuk buku.

Di komunitas Bookstagram ini, terutama Bookstagram Indonesia, kamu bisa mendapatkan berbagai rekomendasi buku, bertemu dengan sesama bookworm, bahkan mengasah skill kamu dalam book photography.

Serunya lagi, Bookstagram seolah membuka peluang untuk bisa mengenal penulis, penerbit, atau pihak-pihak terkait lainnya yang enggak jauh-jauh dari buku.

Sebagai contoh, seorang Bookstagrammer Indonesia bisa dikirimi buku gratis dari penerbit untuk ditulis ulasannya di Instagram maupun blog pribadi. Bisa juga diundang ke peluncuran buku terbaru, dilibatkan dalam blog tour buku tertentu, atau diajak kerja sama untuk mengadakan giveaway. Seru banget, kan!

Baca juga: 3 Penulis Teenlit Favorit yang Novelnya Bikin Kangen Masa SMA

Nah, saya pernah menulis, salah satu cara untuk menambah jumlah followers Bookstagram adalah dengan mem-follow akun-akun yang memang kamu suka. Kalau saya sendiri, karena berasal dari Indonesia, tentu saja saya mem-follow akun-akun Bookstagram Indonesia terfavorit yang sering memberi insipirasi.

Kalau bingung mau follow siapa, yuk cek rekomendasi akun-akun Bookstagram Indonesia terfavorit yang bisa memberikan kamu inspirasi ketika aktif di komunitas ini.

15 Akun Bookstagram Indonesia Terfavorit, Sudah Follow Belum?

1. @br.enda

https://www.instagram.com/p/BjHvJ7AhYXk/

Hal pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan akun Bookstagram Brenda ialah kepiawaiannya dalam mengatur segala properti yang dimiliki, lalu memfoto koleksi b =ukunya dengan berbagai angle. Kalau lagi enggak ada kerjaan, mantengin koleksi buku dan Funko milik Brenda memang udah paling aysik.

Coba lihat aja sendiri, koleksinya bikin iri bangeeett! Belum lagi, foto-foto punya Brenda punya angle yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Bokehnya itu, lho!

Akun ini cocok banget untuk di-follow, terutama buat para Bookstagrammer Indonesia yang bingung gimana cara menghasilkan book photography yang keren.

2. @ruangtitikkoma

https://www.instagram.com/p/CJWHe4iA1xm/

Dalam dunia literasi, Kak Yuniar adalah salah satu panutan saya. Saya selalu dibuat terkesima ketika berdiskusi dengan dirinya atau ketika ia melontarkan gagasannya karena menurut saya, yang ada di pikirannya out of  the box. Sering banget enggak kepikiran.

Plus, Kak Yuniar senang sekali membuat konten microblog yang berkaitan dengan buku-buku yang dibacanya, yang saya rasa konten-kontennya dapat menjadi nilai plus. Enggak jarang saya banyak menyimpan posting-annya untuk saya baca lagi di kemudian hari.

3.  @madhatterisreading

https://www.instagram.com/p/CNFhqZXhiGK/

Konten Bookstagram yang dimiliki Maria sangat-sangat engaging. Kalau saya bisa bilang, visual menjadi kekuatan akunnya ini. Seperti, kalau ia post foto terbaru, rasanya para followers-nya pengin auto like gitu.

Eits, tapi bukan cuma itu, Matia yang selalu menggunakan bahasa Inggris untuk caption dan untuk berkomunikasi dengan followers-nya (yang saya yakin lebih banyak dari luar negeri), cukup mengundang antusias siapa saja untuk meninggalkan komentar.

Inilah yang saya pelajari darinnya. Untuk mampu menjangkau audiens yang lebih luas, berkomunikasi dengan bahasa Inggris is totally a very good idea.

4. @imgriss

https://www.instagram.com/p/CMBuRMKAMve/

Akun Griss adalah salah satu sumber racun utama kenapa saya tertarik untuk menggemari buku-buku nonfiksi. Saya merasa bacaan Griss selalu menarik. Apa yang dibacanya, selalu ia pelajari betul-betul, bahkan diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain soal buku, Griss banyak mengulas soal journaling.

Dari Griss, saya belajar bahwa menjadi disiplin dalam kegiatan membaca buku itu penting. Seenggaknya, ia selalu menyempatkan waktu untuk membaca buku setiap hari setiap pagi.

Hal itu pulalah yang sedang saya coba patuhi. Meski enggak mudah, kalau udah ketemu ritmenya, membaca buku rasanya sudah bukan soal disiplin lagi, melainkan gaya hidup sehar-hari.

5. @feanoreads

https://www.instagram.com/p/BiCeB7oFhsV/?taken-by=feanoreads

Melihat penggabungan teknik fotografi dan photo editing yang dilakukan Nabila seolah membawa saya menuju magical world! Segala sesuatu yang unreal rasanya seperti nyata. Kalau kamu perhatikan, foto-foto karyanya memang banyak didominasi oleh warna gelap seperti coklat dan hitam. Unsur kayu juga sangat terasa bila kamu mampir ke galerinya.

Konsistensi seperti inilah yang bikin orang-orang mau follow akun ini. Selain itu, foto-foto yang dihasilkan Nabila kreatif banget dan rasanya saya kepengin belajar mengedit foto sama dia. Hehehe. Ada yang mau belajar bareng?

6.  @hanabookreview

https://www.instagram.com/p/BgTRq-ED__v/

Hana termasuk salah satu Bookstagrammer asal Indonesia yang berani eksplorasi foto-fotonya. Yang saya suka dari galerinya adalah di sana bukan hanya ada foto-foto indoor saja, melainkan ada foto outdoor juga. Menurut saya, ini semacam refreshment biar para followers enggak gampang bosen.

Oh ya, Hana juga suka re-create foto dari akun Bookstagram lain untuk diversikan ke caranya sendiri. Sama seperti foto di bawah ini. Gemes banget, kan, bisa baca buku bareng sama Totoro?

7.  @peri_hutan

https://www.instagram.com/p/BkF0SCeHbqg/

Kalau kamu memang seorang bookworm sejati, kamu pasti kenal sama Sulis, peri hutan di balik blog Kubikel Romance. Hehehe. Kalau untuk urusan me-review buku, ia bisa jadi salah satu yang bisa dipercaya, nih. Selain menjadi seorang book blogger, Sulis juga menjajal sebagai Booktagrammer dan Booktuber. Kalau mau tahu rekomendasi buku-buku keren darinya, jangan lupa follow salah satu akun Bookstagram Indonesia terfavorit versi saya ini.

8.  @darklingreads

https://www.instagram.com/p/Bj7UH7mhGmw/

Sudah lama banget follow akun milik Retri dan saya menyaksikan sendiri gimana berkembangnya foto-foto yang dihasilkan cewek satu ini.  Dulu saya merasa foto-fotonya enak banget dipandang mata. Makin ke sini ternyata makin kreatif! Menurut saya, Retri memerhatikan detail dalam setiap fotonya, mulai dari properti yang digunakan hingga warna atau filter yang digunakan. Foto-foto flatlay miliknya bisa kasih inspirasi baru.

9.  @karina.reads

https://www.instagram.com/p/BiUNtH5Fonc/

Mbak Karina ini juga termasuk pemilik akun Bookstagram Indonesia terfavorit yang harus saya follow. Kalau melihat galeri miliknya, warna cerah yang tampil seolah-olah will cheer you up! Belum lagi, rainbow bookshelf miliknya juga tersusun begitu rapi dan tampilannya pun enggak membosankan. Nah, kalau kepengin membuat rainbow bookshelf sendiri, kamu bisa lihat galeri Mbak Karina langsung, ya.

10.  @annienamiez

https://www.instagram.com/p/BglVKDaDiDo/

Bayangin deh, kamu duduk di tempat yang begitu nyaman. Di tanganmu, ada buku bagus dari penulis favorit yang karyanya selalu kamu tunggu-tunggu. Di depan matamu, hamparan sawah membentang, padi-padi masih hijau, dan sinar matahari perlahan menghangatkan kamu dari terpaan angin pagi. Ya, sekiranya itulah sedikit surga yang bisa saya rasakan kala melihat foto milik Mbak Annie di bawah ini.

11. @descanto

https://www.instagram.com/p/COKMEeELbhl/

Sama seperti @ruangtitikkoma, cewek di balik akun ini luar biasa menginspirasi. Isi kepalanya itu, lho, terbuka sekali. Saya senang sekali ketika bertemu Desca dalam suatu diskusi buku. Selain bisa jadi pencair suasana, Desca selalu jujur ketika mengutarakan pendapatnya.

Pemahamannya akan suatu buku bisa menambah sudut pandang saya. Dia palinng bisa bikin saya ngangguk-ngangguk kagum.

Oh ya, Desca adalah tipe pembaca yang melahap semua buku, termasuk buku puisi. Gimana enggak makin seneng, saya jadi punya teman tukar pikiran karena di circle saya, jarang sekali yang membaca dan membuat ulasan buku puisi.

12. @bacaanalya

https://www.instagram.com/p/CONrqjpBJ9l/

Sepengamatan saya, sepertinya Alya post review buku hampir setiap hari, deh. Saya sampai mikir, ya ampun, kapan istirahatnya, sih? Ada aja ulasan baru di akunnya ini. Judul-judul buku yang dibaca Alya pun cukup beragam. Namun kesukaannya ialah buku nonfiksi.

Sepengamatan saya, di akun Bookstagram-nya, Alya lebih menitikberatkan pada ulasan buku dibandingkan estetika foto-foto yang diambilnya. Namun, hal tersebut enggak mengurangi rasa suka saya pada salah satu akun Bookstagram Indonesia terfavorit ini.

13. @hzboy1906

https://www.instagram.com/p/CMcMrFCAVTk/

Hestia mungkin lebih senang membuat ulasan buku yang lebih panjang di akun Goodreads-nya. Namun, beberapa kali ia mengulas di akun Instagram-nya.

Selalu ada alasan kenapa akunnya jadi salah satu yang terfavorit. Dari Hestia, saya bisa dapat banyak rekomendasi buku bagus dan tentu saja saya rela diracuni. Bersama Hestia dan Griss, beberapa kali pula kami membuat diskusi buku bersama dan merangkul lebih banyak pembaca untuk turut serta.

Berkenalan dengan mereka berdua rasanya adalah berkat.

14. @devinayo

https://www.instagram.com/p/COWzJHYHs5Q/

Komunitas Bookstagram mempertemukan saya dengan Devina. Cewek yang satu ini bacaannya sering di luar radar saya. Hampir semua buku yang dibacanya berbahasa Inggris, pun dengan caption-nya. Saya rasa, bagi teman-teman yang butuh rekomendasi buku berbahasa Inggris atau mungkin ingin belajar bahasa asing ini, silakan ikuti akunnya.

Oh ya, belakangan, Devina juga senang membuat ulasan buku dalam bentuk microblog, yang mana menurut saya cukup menarik untuk dibaca, dipahami, dipelajari, dan dipraktikkan. Senang sekali tahu bahwa Devina bisa belajar banyak dari buku dan saya pun bisa belajar darinya.

15. @namakurhea

https://www.instagram.com/p/COl1QIKr-ff/

Akhir-akhir ini saya sering dipertemukan dengan berbagai pemilik akun dengan bacaan yang cukup “nyentrik”/ Sebelumnya, saya enggak pernah dengar, tahu, lihat nama/penulis/penerbit yang buku-bukunya ada di akun Rhea. So yeah, happy banget, sih, bisa eksplorasi akunnya.  Saya sendiri masih melihat-lihat apakah ada buku bacaannya yang juga cocok di saya.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Follower Bookstagram untuk Pemula

Itulah dia 15 akun Bookstagram Indonesia terfavorit yang ada di following list saya. Enggak tahu kenapa, melihat foto-foto yang keren, membaca caption berisi ulasan buku, sharing tentang kehidupan sehari-hari, atau berbincang dengan Bookstagrammer lainnya sungguh bisa jadi obat penat. Memang, melakukan hal yang benar-benar kita sukai memang terasa lebih menyenangkan, bukan?

Baca juga: 5 Teknik Meningkatkan Engagement Bookstagram Lewat Pemberian Komentar

Kalau kamu tertarik untuk membuat Bookstagram tapi bingung bagaimana membuatnya, coba baca artikel ini, ya.  Jangan ragu juga untuk diskusi langsung because I’d very love to do that! 

Anyway, have a bookish day, everyone! Jangan lupa membaca buku hari ini seklaian lihat-lihat akun Bookstagram Indonesia terfavorit di atas, ya.


Pastikan kamu tidak melewati tulisan-tulisan lainnya di bawah ini.

http://www.sintiaastarina.com/11-most-creative-bookstagrammers/

1. 5 Rekomendasi Toko Buku Favorit Buat Beli Buku Online
2. Apa Itu Bookstagram dan Bagaimana Cara Membuatnya?
3. Apa Itu Books Aficionado?
4. Q&A: 15 Fun Facts about Me and My Bookstagram @sintiawithbooks
5. 7 Tips Meningkatkan Follower Bookstagram untuk Pemula
6. 30 Bookstagram Terms You Should Know
7. 20 Inspirasi Rainbow Bookshelf di Bookstagram yang Bikin Betah Baca Buku Seharian
8. Pengalaman Borong Buku di Big Bad Wolf Jakarta (Bonus: 5 Tips Biar Enggak Kalap)
9. 5 Buku Favorit yang Bikin Saya Jatuh Cinta dengan Dunia Anak-anak
10. Rainbow Bookshelf: Menata Buku-buku pada Rak Seperti Warna Pelangi
11. 5 Teknik Meningkatkan Engagement Bookstagram Lewat Pemberian Komentar
12. 30+ Most Popular Bookstagram Hashtags to Increase Your Followers
13. 15 Rupi Kaur Powerful Quotes Every Girl Needs to Read
14. 3 Penulis Teenlit Favorit yang Novelnya Bikin Kangen Masa SMA
15. [BOOK REVIEW] Gadis Daun Jeruk, Si Pengingat Mimpi
16. 7 Benda yang Bisa Kamu Jadikan Pembatas Buku
17. Pengalaman Mengirim Buku Gratis Lewat Kantor Pos Setiap Tanggal 17
18. Buku dan Perihal Membaca: Yang Mengisi, Menyelamatkan, dan Membuka Kesempatan…
19. [BOOK REVIEW] You Do You Karya Fellexandro Ruby

Sintia Astarina

Sintia Astarina

is a flâneur with passion in books, writing & traveling. She has fallen in love with writing since Elementary School by telling her personal stories in a secret diary, or submitting her poems to a tabloid you won’t be able to read again. More about sintia >

8 Comments

  1. Carolina

    Aaaaa Sintia makasih udah masukin akun bookstagramku ke list ini!! Dan setuju banget semuanya sangat menginspirasi!

    Reply
    • Sintia Astarina

      Sama-samaaaa! Iyaaa dan masih banyak benget akun Bookstagram Indonesia lainnya yang enggak kalau inspiring. Memang harus rajin-rajin explore, deh. 😀

      Reply
  2. Hana Bilqisthi

    Wah makasih banyak Sintia 😀 maaf baru baca postnya 😀
    hana terharu :’)
    btw, kayaknya yg belum Hana tahu cuma ohsvgar.reads ,yang lainnya udah.. hehe

    Reply
    • Sintia Astarina

      Hi, Hana! Terima kasih kembali. 😀
      Kalau ada rekomendasi akun Bookstagram Indonesia favorit lainnya boleh dikasih tahu, ya. Hehehe.

      Have an awesome Friday!

      Reply
  3. Peri Hutan

    Wah, terima kasih sekali Sintia, nggak nyangka bisa ikutan masuk melihat hasil fotoku nggak seberapa, hehehe. Masuk di dunia bookstagram, selain jadi boros karena kesemsem dengan segala jenis bookmerch, jadi ajang belajar
    fotografi secara otodidak dengan alat seadanya, sampai sekarang masih dilakukan dan akan terus, hehehe. Aku suka banget sama feedmu.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Sulis, terima kasih banyak apresiasinya! Hehehe, betul. Bookstagram memang terkadang bikin boros, tapi aku juga belajar banyak dari komunitas ini. Belajar fotografi, belajar untuk lebih kreatif, belajar social skills juga. Happy bookstagramming, ya! <3

      Reply
  4. Ruth

    Wah can’t believe akun-akun di atas orang Indo semua! Selama ini aku cuma suka ngikutin bookstagram luar, tapi ternyata banyak banget, ya, bookstagram lokal yang oke dan sangat kreatif. Where have I been… Thank you for this mind-opening post!!! Bakalan cek mereka satu per satu!

    Reply
    • Sintia Astarina

      Hi, Ruth! Thanks for paying visit. Akun ini cuma beberapa aja, masih banyak yang keren lainnya. Will update this post sooner! ?

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.