#2018BestNine: 9 Perjalanan Tak Terlupakan Selama 2018

187
#2018BestNine: 9 Perjalanan Tak Terlupakan Selama 2018

#2018BestNine: 9 Perjalanan Tak Terlupakan Selama 2018 – Dua tahun belakangan, saya merasa beruntung bisa bekerja di kantor yang memungkinkan saya untuk melakukan dinas, baik dalam maupun luar negeri.

Yang menyenangkan, ada tempat-tempat yang belum saya kunjungi, yang menjadi destinasi saya. Hotel tempat saya menginap, restoran tempat saya makan, atau tempat-tempat wisata di sekitarnya, juga memberikan pengalaman baru saat traveling.


Misalnya, tahun lalu sempat mengunjungi Singapura. Selain menginap di Hard Rock Hotel Resorts World Sentosa, saya berkesempatan untuk mengunjungi S.E.A Aquarium atau sekadar berfoto di depan Universal Studios.

Tahun ini, saya juga mengunjungi beberapa kota di Indonesia, yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Sebagian besar, bahkan, masuk ke dalam #2018BestNine saya di Instagram. Tanpa sadar, ternyata saya cukup banyak menjelajah tahun ini.

Saya kembali mengucap syukur. Awalnya, sulit banget curi-curi waktu cuma buat traveling, apalagi untuk saya yang kala itu belum bisa mengambil cuti. Namun, sebelum 2019 tiba, saya lihat kembali ke belakang. Well, saya mengunjungi beberapa kota baru. Apa saja, sih?

9 Perjalanan Tak Terlupakan Selama 2018

1. Pertama kali sunrise-an di Bromo

Belum lama ini saya menyambangi Surabaya, dengan destinasi utama Bromo. Dari dulu, di kepala saya ada rencana mau ke destinasi wisata ini, tapi ujung-ujungnya hanya wacana.

Sampai akhirnya bisa memanfaatkan cuti dan menyaksikan langsung betapa cantiknya matahari terbit dari titik ini.


Dan seperti yang saya katakan pada caption Instagram, ini merupakan trip pertama ke tempat dingin yang persiapannya serba dadakan. Tapi kalau dipikir-pikir, setiap saya nge-trip, persiapannya memang sering dadakan, sih. Hehehe. 😀


2. Sebelum ketiduran karena massage di Bali

Punya waktu kosong di Bali membuat saya dan kedua teman memanfaatkan momen ini untuk melenturkan otot-otot yang kaku. Kami sengaja ke Ubud demi cobain aromatherapy massage di The Sanctoo Villas & Spa Bali.

Baca juga: Lepas Suntuk di Nagisa Bali Bay View Villas yang Super Nyaman

Ya ampun, seenak dan senyaman itu. Saya sampai ketiduran saat leher dan pundak saya dipijat. That was the best part, though. Selebihnya saya enggak ingat, karena udah keburu rileks dan masuk ke dalam alam bawah sadar.


3.  Ngebolang ke Semarang, reunian sama 2 teman

Oke, sebenarnya perjalanan tak terlupakan ini terjadi setahun sebelumnya, di mana saya dan seorang teman berusaha mengubah sebuah rencana supaya enggak kembali berujung wacana. Tadinya, kami pengin nge-trip keliling Jawa, tapi baru kesampaian Semarang dan Yogyakarta aja.

Baca juga: Pengalaman Naik Joglosemar Semarang-Yogyakarta

Foto ini diambil di salah satu sudut kota Semarang. Di sini, saya dtemani dua mantan jurnalis ibukota yang sekarang kembali ke kampung halaman dan bekerja di sana. Senangnya bisa jalan-jalan bareng mereka. 😀


4. Family trip ke Bandung!

Oke, mungkin subjudul di atas enggak mencerminkan family trip itu sendiri. Jelas, karena di foto cuma ada saya sendiri. Tapi, ini adalah salah satu perjalanan tak terlupakan bareng keluarga.

Soalnya, sesibuk-sibuknya kami setiap hari, kami masih berusaha untuk meluangkan satu hari buat kumpul bareng, meski hanya makan malam di luar. Kalau tiba-tiba kami sekeluarga ke luar kota, that’s an achievement.

Baca juga: 5 Tips Memotret di Tempat Wisata yang Penuh Keramaian

Sama seperti satu hari di akhir pekan itu, kami sekeluarga mengunjungi The Lodge Maribaya, Bandung. Akhirnya, bisa ngajak Papa, Mama, dan adik “keluar kandang”.

The Lodge Maribaya sendiri memang pas untuk family trip dan pastinya cocok juga untuk Mama yang seneng difoto-foto. Hehehe. 😀 Tapi waktu itu ramai banget. Maklum, lagi libur Lebaran kalau enggak salah.


5. Mencari spot terbaik Dusun Bambu Bandung

Selain singgah di The Lodge Maribaya, saya dan keluarga juga mampir ke Dusun Bambu Bandung. Selain foto-foto, hal seru lainnya yang saya lakukan di sini adalah kulineran!

Mulai dari cobain Nasi Liwet Kedai Cika, Siomay Bandung, Lenggang Panggang Pempek Dempo Bandung, dan Sate Gendong. Semuanya enak-enaaaakk!


6. Motoran berdua di Semarang

View this post on Instagram

Kangen. Kangen traveling. Kangen rela bangun pagi bukan buat macet-macetan di jalan. Kangen enggak nyari laptop, tapi matahari. Kangen bingung sarapan apa abis itu lanjut cari makanan lagi di luar entah ke mana. Kangen ngebolang sendiri, nyasar, eh malah ketemu destinasi bagus. Kangen ketemu orang-orang enggak terduga di perjalanan. Kangen main ke pasar, ke pantai, ke bukit, ke pedalaman, lupain sinyal hape. Kangen pulang malem tanpa khawatir besok mau ngapain, ngerjain apa, bangun jam berapa. Kangen ngobrol sama orang-orang baru enggak dikenal, tiba-tiba dapet cerita baru, lalu dijadiin tulisan di blog. Kangen traveling. Kangen. Eh iya, Selamat Tahun Baru Imlek! ???

A post shared by sɪɴᴛɪᴀ ᴀsᴛᴀʀɪɴᴀ (@sintiaastarina) on

Begitu sampai di Semarang, saya dan Keke, teman seperjalanan saya dijemput motor yang sudah kami sewa. Hari pertama kami lewati dengan motoran ke mana-mana, salah satunya ke Klenteng Sam Poo Kong ini.

Baca juga: 5 Tips Memilih Penginapan Buat yang Pengin Solo Traveling

Enggak lupa, kami berkeliling untuk mencicipi kuliner khas Semarang yang bikin nagih! Mulai dari Lumpia Gang Lombok, Tahu Baxo Bu Pudji, sampai Tahu Petis.


7. Bersantai di hotel sebelum kembali kerja

View this post on Instagram

Too blessed to be stressed.

A post shared by sɪɴᴛɪᴀ ᴀsᴛᴀʀɪɴᴀ (@sintiaastarina) on

B Hotel Bali & Spa menjadi tempat peristirahatan saya selama beberapa hari di Bali. Ini merupakan pertama kalinya saya ke mengunjungi Pulau Dewata. Meski tujuan utamanya adalah untuk bekerja, tentu saya mencuri-curi waktu untuk menimati keindahan pulau ini.

Baca juga: Pulang Rafting Bareng Toekad Adventure Bali, Dapat Bonus Kaki Pegal

Misalnya, main ke Double Six Beachdan sunset-an di bibir pantai, sampai cobain Sate Babi Bawah Pohon yang terkenal itu.


8. Spot hijau di Tangerang

Foto ini diambil udah lamaaaa banget. Jadi, judulnya throwback, ya. Di foto ini, saya sedang berada di salah satu pusat perbelanjaan dengan taman hijau, yang punya banyak banget tempat duduk-duduk santai.

Baca juga: 10 Foto Pemandangan Pagi Hari yang Bikin Kangen Traveling

Yang menarik dari perjalanan ini adalah senangnya bisa tetap meluangkan waktu bersama dua orang teman yang sudah saya kenal sejak SD, dan berteman baik sejak SMP.

Ya, meski sekarang sudah jarang kumpul-kumpul, tapi beberapa kali kami traveling bareng, seperti ke Bandung dan Semarang.


9. Menikmati matahari terbenam di Manado

Perjalanan tak terlupakan lain yang patut untuk dikenang adalah saat saya mengunjungi Manado. Saya langsung jatuh cinta dengan masakan Manado.

Pengalaman saya tambah lebih berharga ketika bisa menyaksikan matahari terbenam yang cantik ini secara gratis bersama orang-orang tersayang. Syahdu.


Penutup

#2018BestNine 9 Perjalanan Tak Terlupakan Selama 2018

Itulah dia 9 perjalanan tak terlupakan selama 2018 yang terangkum dalam #2018BestNine. Bagaimana denganmu?

Ya, ada banyak pelajaran berharga yang saya dapat tahun 2018 ini. Saya berlatih untuk menjadi lebih rendah diri, lebih berani untuk bersuara, berlatih untuk enggak egois, juga untuk lebih mencintai diri sendiri.

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku yang Asyik Dibaca Saat Traveling

Memang, enggak semuanya menyenangkan tahun ini, tapi segalanya patut disyukuri, bukan?

Saya enggak sbaar menyambut datangnya 2019. Saya berharap, segala sesuatunya menjadi lebih baik dalam segala aspek. Semoga bisa lebih sering jalan-jalan lagi pastinya! Semoga segala hal yang baik-baik juga terjadi padamu, ya. 😀

Oh ya, lihat juga yuk, foto-foto terbaik di @sintiawithbooks di halaman ini.

 


2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.