Perut Senang Usai Menyantap Red Chilli Crab, Kuliner Khas Singapura

492
Perut Senang Usai Menyantap Red Chilli Crab, Kuliner Khas Singapura

Perut Senang Usai Menyantap Red Chilli Crab, Kuliner Khas Singapura – Jika Indonesia punya nasi goreng sebagai makanan khasnya, Singapura punya Red Chilli Crab. Ini merupakan kepiting yang dimasak dengan saus khusus dan rasanya benar-benar memberikan sensasi mouthgasm.

Waktu itu, saya menyantap Red Chilli Crab ini di restoran Sessions yang terletak di Hard Rock Hotel, Resorts World Sentosa (RWS). Memesan kuliner khas Singapura yang dibanderol dengan harga 58 dollar Singapura (sekitar Rp600 ribuan) per mangkuk ini memang bukan pilihan yang salah. Ketika mangkuk putih berisi kepiting dengan saus oranye terhidang di meja, rasa lapar di dalam perut makin menjadi-jadi. Saus berwarna oranye menyala benar-benar menggoda selera.


Saya pun mencicipi bagian capit kepiting yang memiliki daging paling banyak. Pertama kali melumuri lidah dengan sausnya, duh… rasanya enggak akan bisa lupa. Menyantap Red Chilli Crab, kuliner khas Singapura ini langsung jadi kegiatan favorit saya. Rasa asam dan manis dari saus yang bercampur telur melebur menjadi satu di dalam mulut. Belum lagi, daging kepiting ini memiliki tekstur yang luar biasa lembut. Kayaknya seporsi kepiting enggak bakalan cukup, deh.

Baca juga: Jatuh Cinta dengan Dunia Bawah Laut Gara-gara Ocean Gallery di S.E.A Aquarium Singapura

Oh ya, supaya lebih asyik pas menyantap Red Chilli Crab, jangan lupa pesan Man Tou, ya. Di restoran Sessions, ada dua macam Man Tou yang bisa dipilih. Ada Steamed Man Tou yang warnanya putih, ada pula Fried Man Tou yang warnanya cokelat keemasan. Satu porsi isinya ada 6 Man Tou dan dikenai harga 12 dollar Singapura. Kalau dirupiahkan, sekitar Rp125 ribu. Mahal, ya? Memang. 🙂 Waktu itu saya pesan yang Fried Man Tou. Enaaakkk!

Mantau ini bisa jadi teman makan Red Chili Crab. Bila biasanya kamu makan Man Tou dengan srikaya, kini kamu bisa mencocol Man Tou tersebut dengan saus oranye yang gurih ini.

Menikmati Red Chilli Crab, Santapan Khas Singapura Seharga Rp500 Ribu
Ini dia Prawn Fried Rice dan Southern Crispy Chicken Wings yang saya cicipi.
Menikmati Red Chilli Crab, Santapan Khas Singapura Seharga Rp500 Ribu
Southern Crispy Chicken Wings ini didampingi oleh acar mentimun.

Nah, selain bisa menyantap Red Chilli Crab dan mantau, restoran Sessions juga mencoba menu andalan lain yang enggak boleh dilewatkan. Contohnya, ada Prawn Fried Rice, Southern Crispy Chicken Wings, Black Pepper Crab, Butter Crab, New Orleans Bucket, juga Mega Crab Bucket yang cocok disantap untuk empat sampai enam orang.


Saya mencoba Prawn Fried Rice yang mana udangnya besar-besar banget. Eh, tapi sayang rasa nasi gorengnya kurang menonjol, deh. Seperti kurang bumbu. Lebih suka nasi goreng yang biasanya saya beli di Abang Tek-tek. Hehehe. 😀 Nah, kalau Chicken Wings-nya menurut saya lumayanlah, tapi enggak terlalu spesial. Hanya saja saya baru tahu kalau menu yang satu ini disajikan bersama acara mentimun. Unik, deh.

Menikmati Red Chilli Crab, Santapan Khas Singapura Seharga Rp500 Ribu
Mega Crab Bucket seharga Rp2,4 juta yang bisa dinikmati hingga enam orang.

Menu lain yang terhidang di atas meja ialah Mega Crab Bucket. Isinya ada kepiting rebus, udang, remis, kerang, jagung manis, juga kentang. Menu ini bisa dipesan dengan harga 230 dollar Singapura atau seharga Rp2,4 juta. Menu yang satu ini lebih nikmat disantap selagi hangat. Namun, kalau boleh saya membandingkan dengan menu sebelumnya, Red Chili Crab tetaplah juaranya!

Wah, benar-benar puas deh, menyantap menu berbahan dasar kepiting di Sessions ini. Bisa dibilang, perut dan lidah luar biasa senang karena bisa mencicipi menu-menu lezat di sini. Meski harganya mahal dan bisa menguras dompet banget, tapi itu semua terbayarkan dengan cita rasa tinggi yang enggak main-main. Pengalaman kamu dalam berwisata kuliner, khususnya ketika mencoba kuliner khas Singapura, bakalan bertambah kaya.

Menikmati Red Chilli Crab, Santapan Khas Singapura Seharga Rp500 Ribu
Chilli Crab Tart ini juara bangeeettt… rela banget makan ini setiap hari!

Eitss… sebenarnya masih ada satu menu lain yang dihidangkan, nih. Hehehe. Kok, enggak habis-habis, sih? Menu terakhir yang saya coba namanya Chilli Crab Tart. Ini merupakan mini tart dengan isian kepiting yang enggak kalah lezat. Katanya, Chilli Crab Tart ini enggak selalu ada di Sessions, lho. Well, it means that I was lucky to taste this seasonal menu.

Baca juga: Pengalaman Menginap di Hard Rock Hotel Singapura yang Bernuansa Rock ‘n Roll

Menu yang satu ini dibuat khusus oleh Chef Kenny Kong, Executive Pastry Chef di Sessions. Ia menggunakan daging kepiting segar dan campuran rempah-rempah, termasuk daun kari dan kuning telur asin.

Bicara soal rasa, Chili Crab Tart ini sebenarnya rasanya enggak jauh berbeda dari Red Chili Crab, sih. Kalau biasanya kita menikmati mini tart berisi buah, krim, atau puding telur, isian kepiting bakal memberikan sensasi yang berbeda.

Yang bikin makanan ini istimewa adalah… ketika Chilli Crab Tart ini masuk ke dalam mulut dan barisan gigi mulai mengunyahnya perlahan-lahan, saya bisa merasakan bagaimana lembutnya tekstur kepiting bersentuhan dengan rasa saus yang dominan. Belum lagi, dipadukan dengan renyahnya mini tart tersebut. Duh, terlalu sayang untuk enggak dicicipi.

Baca juga: The Food Factory: Sarapan Dengan Segudang Pilihan Makanan Tersaji dalam Buffet-Style

Saya tahu kamu pasti dari tadi ngiler banget, kaann? Untuk menikmati semua suguhan kuliner khas Singapura, termasuk menyantap Red Chilli Crab, datanglah ke Sessions pada jam makan siang, yakni pukul 12.00 – 14.30 atau saat jam makan malam pada pukul 18.00 – 22.00 waktu setempat.


Nikmatnya menyantap Red Chilli Crab, Kuliner khas Singapura.

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul “Semangkuk “Red Chilli Crab” Khas Singapura Seharga Rp 500 Ribu”.

 

ARTIKEL KULINER LAINNYA:

1. Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!
2. Mencicipi Otak-otak AFUNG Belinyu Enggak Cukup Satu Porsi Saja
3. 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka
4. Perpaduan Pahit dan Manis Dark Chocolate Cigar, Cokelat Rasa Cerutu Kuba
5. 5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih
6. 6 Pilihan Amuse-Bouches, Hidangan Pembuka Paling Favorit di Restoran CURATE, Singapura
7. 5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE, Singapura
8. Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau
9. Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam
10. Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten
11. Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda
12. Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan
13. 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen dan Lapar
14. Rela Mengantre demi Mencicipi Lumpia Gang Lombok Semarang


6 KOMENTAR

  1. Yummy banget, harga Red Chili Crab lumayan juga ya, tapi worth it banget.

    Boleh juga ini jadi rekomendasi kalo kapan-kapan bisa berkunjung ke sana. Aamiin. Hehehe

  2. Ngiler lihatnyaaa. Sukaa kepiting. Jadi penasaran dgn rasa red chillinyaa. Smoga suatu hari bnaran bisa nyobain. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    • Ya kaann ngelihat gambarnya aja udah bikin ngiler banget. Hehehe. Semoga bisa cobain Red Chilli Crab khas Singapura ini, ya.
      Salam kenal juga! Terima kasih udah main ke blogku 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.