liburan akhir tahun enaknya ke mana (2)

Liburan Akhir Tahun Enaknya ke Mana? Biar Makin Seru, Simak Tips Ini!

67 Views

Liburan Akhir Tahun Enaknya ke Mana? Biar Makin Seru, Simak 5 Tips Ini! Nggak kerasa, liburan akhir tahun tinggal menghitung hari aja. Saya sendiri belum mengajukan cuti karena masih ditodong sederet pekerjaan kantor yang enggak habis-habisnya.

Padahal, dari akhir November kemarin, hawa-hawa liburan bener-bener udah kerasa. Pengiinnn banget bisa santai-santai di rumah.


Well, at least, bisa kerja di tempat yang lebih nyaman, tanpa harus mandi terlebih dulu, tanpa harus melewati kemacetan ibukota, tanpa harus membuang-buang waktu di jalan.

Baca juga: 12 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Nusa Lembongan, Bali

Jujur, kalau dipikir-pikir, sebenernya saya termasuk orang yang gampang bosenan. Makanya, saya selalu merasa butuh untuk menjauh sejenak dari laptop dan deadline. Saya butuh melihat alam yang hijau, atau apa pun itu yang menyegarkan mata.

Belum lama ini saya ikut open trip ke Situ Gunung Sukabumi dan Geopark Ciletuh. Masing-masing trip ini cuma memakan waktu satu hari, makanya badan malah jadi rontok. Tapi untungnya, perasaan sudah lebih happy dan bisa lanjut kerja lagi.

Nah, kalau ditanya liburan akhir tahun enaknya ke mana, jawabannya… ke mana pun yang kita suka! Saya sendiri pengin ke Bangkok, Toraja, Cirebon, Belitung, banyaakkk! ๐Ÿ˜€


Namun, untuk menjadikan liburan akhir tahun ini lebih seru dan menyenangkan, saya menerapkan tips-tips di bawah ini. Simak, yuk!

Liburan Akhir Tahun Enaknya ke Mana? Biar Makin Seru, Simak 5 Tips Ini!

Ajukan cuti biar lebih tenang

Mau liburan akhir tahun dengan tenang tanpa diganggu oleh deadline? Well, kalau masih memiliki jatah cuti, ajukanlah segera.

Biasanya, orang-orang banyak mengambil cuti di minggu Natal dan Tahun Baru. Jadi bisa dibilang bahwa satu minggu sebelum Natal adalah minggu efektif terakhir untuk bekerja.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di India untuk Kamu yang Kangen Destinasi Alam

Nah, apabila belum memiliki jatah cuti atau mungkin jatah cuti sudah habis, kenapa enggak mengajukan WFH alias work from home?

Siapa tahu, ada waktu yang bisa kita curi-curi untuk refreshing sejenak? Tapi, tentu aja kita harus bertanggung jawab dalam memprioritaskan pekerjaan kita, ya.


Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Saya paling enggak bisa pergi tanpa budget, soalnya kalau sudah menyentuh urusan keuangan, wah itu udah krusial banget, deh.

Berkenaan dengan budget, nominalnya tentatif, tergantung destinasi juga. Untuk menentukan budget yang tepat, biasanya saya browsing dulu atau tanya temen yang udah pernah pergi ke destinasi tujuan saya nantinya.

Baca juga: Pengalaman Naik Bus Putra Pelangi dari Bandung ke Medan

Dengan demikian, saya bisa mengatur pengeluaran dengan lebih baik dan pastinya, apabila tabungan yang ada saat ini masih belum mencukupi, saya bisa menabung lebih giat hingga budget yang dibutuhkan untuk liburan akhir tahun bisa terpenuhi dengan baik.


Pilih transportasi yang efisien dalam urusan waktu

5 Alasan Bawa Buku Saat Traveling
Photo by Daniel Frese from Pexels

Berbagai pilihan transportasi yang tersedia saat ini tentu sangat memudahkan kita yang ingin bepergian ke mana saja. Misalnya, bila ingin ke Yogyakarta, kita bisa naik kereta, pesawat, atau bahkan bus sekalipun.

Untuk mendapatkan tiket tersebut pun terbilang mudah, kita hanya perlu mencarinya lwat aplikasi Online Travel Agent (OTA) yang biasanya juga melayani pemesanan hotel, bahkan penjemputan di bandara.

Baca juga: 7 Langkah Pesan Antar Jemput Bandara Bangkok, Gampang!

Yang bikin seneng, di aplikasi OTA biasanya ada banyak promo menggiurkan. Coba bayangkan, waktu itu saya pernah dapat promo potongan harga tiket pesawat hingga 40% untuk berbagai destinasi!

Saya enggak mau menyia-nyiakan kesempatan buat liburan akhir tahun dengan harga miring, dong. Tahu sendiri, harga tiket pesawat lagi gila-gilaan banget. Cusss pesen!


Manfaatkan dinas luar kota

5 Alasan Bawa Buku Saat Traveling
Photo by Oleksandr Pidvalnyi from Pexels

Nah, sejujurnya saya paling seneng kalau ada dinas luar kota. Kenapa? Ya, selain bisa mengunjungi tempat-tempat baru di luar Jakarta, semua urusan transportasi dan hotel dibayarin sama kantor. Hehehe. ๐Ÿ˜€

Baca juga: Hampir Ketinggalan Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif di Stasiun Bandung

Paling seneng lagi kalau dinas luar kotanya mendekati akhir pekan! Biasanya, saya akan minta extend hingga Sabtu atau Minggu, supaya bisa jalan-jalan sendiri atau seenggaknya, kerja dengan suasana baru di sana.

Beruntungnya saya, saya berkesempatan buat dinas ke Bandung, Yogyakarta, dan Makassar. Masing-masing kota punya destinasi seru yang memang pengin banget saya datengin dan Puji Tuhan semuanya hampir kesampaian.


Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

naik pesawat
Sumber foto: Photo by Sourav Mishra from Pexels

Liburan akhir tahun tentu aja akan terasa menyenangkan bila dipersiapkan jauh-jauh hari. Misalnya, dengan memesan tiket pesawat Traveloka dari beberapa bulan sebelumnya.

Biasanya, lewat aplikasi OTA ini, saya bukan cuma pesan tiket transportasi aja, melainkan hotel atau bahkan tiket masuk dan paket tur di destinasi yang dikunjungi.

Baca juga: Ke Surabaya Naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang Nyaman

Beberapa kali saya juga mencari jasa spa atau pijat supaya liburan akhir tahun nanti enggak terlalu bikin badan rontok. Kalau di Traveloka, rekomendasinya ada banyak banget dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya.

Bisa dibilang, aplikasi semacam ini benar-benar memudahkan banget karena cukup klik, klik, klik, dan semua kebutuhan liburan akhir tahun bisa terpenuhi.

Nah, kamu sendiri, sudah punya rencana liburan akhir tahun? Semoga menyenangkan dan bisa berkumpul bersama orang-orang tersayang, ya. ๐Ÿ˜€


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.