Ke Surabaya Naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang Nyaman

31
Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang Nyaman Sebagai Alternatif Perjalananmu

Ke Surabaya Naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang Nyaman – Yeayy! Penantian panjang buat liburan ke Surabaya berakhir juga! Dalam rangka menghabiskan jatah cuti, akhirnya saya memutuskan untuk berpelesir ke ibu kota Jawa Timur dan sekitarnya.

Nah, jalan-jalan kali ini memakan waktu sekitar 4 hari 3 malam. Bersama dengan teman-teman lain, kami ikutan private trip dan dua destinasi utama yang akan kami kunjungi adalah Bromo serta Kawah Ijen.


Dari Jakarta, kami naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek. Sensasinya tentu saja berbeda ketika menggunakan pesawat. Plus, naik kereta tentu lebih hemat dan praktis.

Baca juga: Akhirnya Kesampaian Juga Cobain MRT Jakarta yang Super Nyaman

Biasanya kalau naik pesawat, pemandangan di ketinggian yang sering ditemui ialah laut, jalanan, kawasan perumahan, jembatan, bekas tambang, dan sebagainya.

Berbeda halnya dengan naik kereta. Penumpang bisa bersantai-santai dan melihat pemandangan lewat jendela yang besar.

Mulai dari hamparan sawah yang hijau, perkebunan, pegunungan, langit biru, perkotaan, pedesaan, hingga orang-orang yang berlalu-lalang di kiri dan kanan jendela. Bahkan, kalau pergi ke Semarang, pemandangan laut juga bisa dinikmati, lho!


Nah, Kereta Api Bromo Anggrek ini termasuk yang paling cepat untuk perjalanan dari Stasiun Gambir ke Pasar Turi dengan jarak tempuh 9 jam dari Jakarta ke Surabaya. 

Yuk, simak ulasan lengkap mengenai Kereta Api Bromo Anggrek berikut ini.


Jadwal Argo Bromo Anggrek

Hari Kamis malam, setelah mengisi perut dengan seporsi Sate Ayam dan nasi, saya meluncur ke Stasiun Gambir. Kereta api yang akan membawa saya ke Stasiun Pasar Turi Surabaya akan berangkat pukul 21.30.

Perjalanan Argo Bromo Anggrek dalam sehari butuh dua kali pergi dan pulang. Untuk jadwal pagi, kereta api ini akan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 09:30 dan tiba ke Staisun Pasar Turi pukul 18:30.

Baca juga: Cerita di Balik Transportasi Andalan Saya Saat Traveling

Sementara itu, untuk jadwal malam, kereta api berangkat dari Jakarta pada pukul 21:30 dan tiba di Surabaya pada keesokan harinya, yakni pukul 06:30.

Kemudian, untuk perjalanan pulang dari Surabaya ke Jakarta, Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang nyaman ini akan berangkat pagi pukul 8:10 dan tiba di Gambir pukul 17:00. Waktunya pas banget nih buat yang enggak pengin pulang kemalaman.

Kemudian, jadwal perjalanan malam dari Pasar Turi menuju Gambir membutuhkan waktu tempuh dari pukul 20:00 hingga 05:00 subuh.


Argo Bromo Anggrek, Kereta Api Tercepat di Tanah Jawa

Seiring berjalannya waktu, Argo Bromo Anggrek terus mengalami perkembangan meski usianya terus bertambah. Perawatan intensif kereta ini selalu dilakukan agar tetap awet muda, demi keamanan dan kenyamanan para penumpang.

Bahkan, Argo Bromo Anggrek dikatakan sebagai kereta api dengan jarak jauh dan paling cepat yang ada di Tanah Jawa.

Baca juga: Gereja Tertua di Surabaya: Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Kereta api ini berbeda dengan yang lainnya, soalnya jarang berhenti di setiap stasiun sehingga jarak tempuh 725 km dapat dilalui dengan mudah dan cepat.

Argo Bromo Anggrek ini hanya berhenti di Stasiun Cirebon, Pekalongan, Semarang Tawang, dan tiba ke Stasiun Pasar Turi Surabaya.

Baca juga: Menyaksikan Wayang Potehi di Hong Tiek Hian, Klenteng Tertua di Surabaya

Untuk keberangkatan malam, kereta api ini enggak berhenti di Stasiun Pekalongan. Kelasnya juga Eksekutif, jadi lebih diutamakan daripada yang lain.

Jika dibandingkan dengan kereta api lain dengan rute sama, ternyata bisa menempuh waktu yang lama dan panjang, lho! Bahkan, samapai 15 jam. Namun kalau naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek, hanya 9 jam perjalanan saja.


Apa saja fasilitas yang ditawarkan?

Bicara soal fasilitas, menurut saya Kereta Api Bromo Anggrek ini mampu membuat penumpangnya merasa nyaman, meski mesti duduk selama 9 jam lamanya di kereta.

Kereta kelas Eksekutif ini memiliki penerangan yang cukup. Kemudian, tersedia TV sebagai sarana hiburan dalam perjalanan. Toilet keretanya juga selalu bersih. Nyaman banget, deh!

Lalu, jika perut merasa keroncongan, tinggal pesan makanan dan minuman berdasarkan menu pilihan yang tersedia.

Baca juga: Sampai Surabaya Langsung Disambut Lontong Balap Pak Gendut

Sebagai informasi, layanan eksekutif kereta ini mirip dengan layanan di kelas bisnis pesawat, dan tentu saja juga bisa dinikmati oleh penumpang kereta Luxury.

Contohnya, tempat duduk penumpang bisa direbahkan sesuai posisi yang diinginkan dan dapat diputar hingga 180 derajat. Kalau berpergian ramai-ramai tentu saja bisa seru-seruan bersama keluarga dan teman.

Selain itu, adanya sandaran kaki elektrik, handuk wajah, serta lampu baca tentu bikin penumpang merasa nyaman. Enggak ketinggalan, bantal dan selimut yang disediakan bisa bikin istirahat di Argo Bromo Anggrek jadi lebih nyaman.

Nah, untuk penumpang yang membawa anak, jangan khawatir anak akan bosan, ya. Sebab, di dalam Kereta Api Argo Bromo Anggrek kelas Luxury menyediakan area bermain yang luas untuk anak-anak. 

Makanan dan minuman pun tersedia dalam banyak varian. Buku menunya disimpan dalam saku depan penumpang, sama halnya di pesawat.

Baca juga: Rawon Setan Bu Sup, Kuliner Surabaya Penggugah Selera

Enaknya, penumpang dapat memesan langsung atau pun memesan makanan sebelum berangkat agar bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika merasa bosan, coba pergi ke kereta restorasi yang lengkap dengan mini barnya.

Kemudian, fasilitas lain yang enggak boleh ketinggalan buat dipakai ialah stop kontak yang tersedia di setiap tempat duduk. Untuk saya yang sering panikan kalau baterai ponsel berkurang drastis, tentu stop kontak ini bakalan jadi penolong banget!


Berapa harga tiketnya?

Hayooo… udah pada enggak sabaran pengin ke luar kota naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek ini, ya? Yuk, ketahui dulu tarif tiketnya.

Tarif tiket kereta api ini cukup terjangkau, mulai dari Rp375.000 hingga Rp485.000 untuk setiap penumpang. Semuanya tergantung pada area tempat duduk atau sub kelasnya.

Kalau ingin berangkat ke Cirebon atau Semawang Tawang, tentu saja tarifnya menjadi lebih murah dan hemat, mulai dari Rp285.000 hingga Rp365.000.

Jangan lupa, lebih baik pesan tiket kereta api jauh-jauh hari supaya kamu kebagian tempat, plus bisa memilih mau duduk di mana. Favorit saya sih dekat jendela. Hehehe. 😀

Nah, selamat melakukan perjalanan dengan Kereta Api Argo Bromo Anggrek, ya! Ditunggu cerita perjalanan dari kamu!


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.