Pengin Liburan ke Bromo? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Seru Ini

801
Bahagianya Menjelajah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - Pengin Liburan ke Bromo? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini
Jump high!

Pengin Liburan ke Bromo? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini – Kalau ditanya lebih suka pantai atau gunung, dulu saya bakal spontan menjawab pantai.

Namun, setelah mencicipi berbagai tempat wisata di ketinggian, mungkin saya akan menjawab gunung apabila kamu bertanya pada saya saat ini.


Ya, gunung memang merupakan tempat wisata yang cukup menyenangkan (meski super melelahkan). Biasanya, sepulang dari sini, bukan cuma foto-foto yang dibawa ke rumah. Cerita-cerita seru di gunung biasanya jadi pengalaman berharga yang mampu memantik obrolan asyik.

Salah satu pengalaman yang ingin saya bagikan kali ini adalah ketika saya liburan ke Bromo. Kali pertama ke Bromo nyatanya membikin saya makin jatuh cinta dengan alam, lukisan Tuhan yang tiada tara.

Untuk kamu yang pengin liburan ke Bromo, yuk jangan lupa lakukan 5 hal ini.

Pengin Liburan ke Bromo? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini

1Makan mie instan sambil ngopi atau ngeteh

Sumber foto: Photo by Hasan Albari from Pexels

Udara Bromo yang dingin bikin lapeeeerrr banget! Di dekat pintu gerbang sebelum menuju sunrise view point, wisatawan bisa menemukan warung kecil yang menjual mie instan, kopi, teh, gorengan, dan sebagainya.

Waktu itu saya mampir sejenak untuk sarapan mie instan kuah rasa soto, plus telur setengah matang! Enggak lupa, teh manis panas jadi pendamping sarapan yang bikin perut senang bukan main. 🤤


Nah, kalau pengin liburan ke Bromo, jangan lupa isi perut dulu, ya. Biar ada tenaga untuk menjelajah Bromo hingga siang nanti.


2Nungguin matahari terbit

Bahagia itu bisa ngelihat sunrise di ketinggian kayak gini. Apa definisi bahagia versimu?

Apa sih, serunya nungguin matahari terbit? Ya, seru dong. Kalau di rumah, biasanya ngelihatin  matahari terbit ya warna kuning atau putih aja saking silaunya.

Namun kalau liburan ke Bromo, kamu bisa melihat langit dengan pulasan warna-warni yang cantik banget!

Untuk melihat matahari terbit, kamu bisa menunggu di berbagai view point, yakni Pos Dingklik, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, dan Puncak Penanjakan.

Waktu itu saya melihat matahari terbit dari Pos Dingklik, pos yang paling dekat dengan pintu gerbang.


3Mengarungi Lautan Pasir naik jeep

Ternyata naik jeep seru juga, deh!

Lautan Pasir merupakan destinasi yang bisa kamu kunjungi selama liburan ke Bromo. Lautan Pasir ini biasanya disebut Pasir Berbisik.

Dinamai demikian sebab ketika angin bertiup, pasir di sini berterbangan ke mana-mana sehingga menimbulkan suara seperti bisikan.

Untuk mengarungi Lautan Pasir, seru banget sambil naik jeep. Sepoi-sepoi! Kalau mau sewa motor untuk berkeliling sebentar juga bisa.


4Naik kuda di kaki Gunung Bromo

Jeep yang berjajar rapi seperti ini adalah pemandangan yang akan sering kamu temui.

Setelah menjelajahi Lautan Pasir, ada hal lain yang enggak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Bromo, yakni naik kuda! 🐴

Baca Juga: Suka Bawa Power Bank Saat Traveling? Ini Kumpulan Harga Power Bank Xiaomi dan Kelebihannya

Kuda-kuda di Bromo ini sebenarnya banyak dimanfaatkan wisatawan untuk mencapai kawah Gunung Bromo, soalnya enggak ada kendaraan bermotor yang diperbolehkan masuk ke area tersebut. Bagi-bagi rezeki dengan pemilik jeep mungkin, ya.

Jeep-jeep biasanya diparkirkan di depan warung-warung di sana. Kalau mau ke Kawah Bromo, bisa naik kuda atau jalan kaki.

Untuk harga sewa kudanya sendiri kurang lebih Rp150.00. Namun, kamu bisa menyewa kuda ini hanya untuk foto-foto dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp50.000.


5Berlarian di Bukit Teletubbies

Suka banget dengan gradasi hijaunya. Enggak percaya kalau Indonesia punya tempat wisata kece kayak gini.

Meski ada bagian yang botak karena bekas terbakar, gradasi warna hijau yang terbentang di Bukit Teletubbies ini benar-benar memanjakan mata! Keluarkan jiwa kanak-kanak kamu dengan berlarian di bukit ini. 😀

Di Bukit Teletubbies ini, wisatawan juga bisa naik kuda dan berkeliling di padang savana, lho. Pastinya menyenangkan, dong!

Nah, itulah dia 5 hal seru yang bisa kamu lakukan kalau liburan ke Bromo. Sudah pernah coba semuanya belum?


Bagaimana cara ke Bromo?
naik pesawat
Sumber foto: Photo by Sourav Mishra from Pexels

Ketika bepergian ke luar kota, dua transportasi utama yang saya prioritaskan adalah kereta dan pesawat.

Namun, karena jadwal liburan ke Bromo dan sekitarnya cukup padat, yakni hanya 3 hari 2 malam, alhasil saya lebih memilih untuk naik pesawat saja. Saya berangkat Jumat pagi, lalu pulannya minggu malam.

Untuk menuju Bromo, ada dua rute yang bisa dipilih, yakni Malang dan Surabaya. Kalau saya sih, lebih memilih lewat Surabaya.

Langsung deh cari tiket pesawat lewat aplikasi Pegipegi. Menurut saya, mencari tiket pesawat online di sini lebih mudah dan jelas enggak ribet.

Tinggal masukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal berangkat dan kembali, jumlah penumpang, langsung deh cari tiketnya.

Pengin Liburan ke Bromo Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Seru Ini - Review Flight Pegipegi
Pakai aplikasi Pegipegi untuk memesan tiket pesawat ternyata mudah!

Enggak perlu nungu waktu lama, saya langsung dapat harga-harga dari berbagai maskapai penerbangan. Sesudahnya, tinggal klik, klik, isi informasi pribadi, konfirmasi pembelian, bayar, deh. Semudah itu!

Eitss… jangan lupa, pada halaman muka aplikasi, ada berbagai promo menarik untuk dicek. Biasanya saya lihat-lihat dulu promo tiket pesawat, siapa tahu bisa dapat diskon, kan lumayan. 😀

Duh… gara-gara nulis artikel ini, saya udah keburu kangen traveling lagi, nih. Ada yang punya ide enaknya jalan-jalan ke mana lagi?


8 KOMENTAR

  1. Hai, Mbak. Aku juga penyuka gunung dibandingkan pantai. Rencananya liburan ini mau mendaki ke Semeru. Tapi ternyata sampai dengan saat ini kuota pendakian belum dibuka, hiks. Belum pernah ke Bromo, nih. Ini bukannya di Malang, ya? Dari Surabaya ke Malang ada pilihan transportasi apa?

    • Wah… aku baru tahu kalau mau ke Semeru ada kuota pendakian.

      Nah, kemarin itu aku ikut private trip, jadi dijemput dengan mobil dari Surabaya ke Bromo. Setahuku kalau mau naik angkutan umum bus juga, sih. Cuman aku kurang paham rute atau terminalnya kalau naik bus. 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.