5 Hal Menyenangkan di Kampung Pelangi Semarang

38
pemandangan pagi hari - 5 Hal Menyenangkan di Kampung Pelangi Semarang
Sudah pernah mampir ke Kampung Pelangi Semarang?

5 Hal Menyenangkan di Kampung Pelangi Semarang – Kalau sedang liburan di Semarang, jangan cuma ingat lumpianya yang enak. Coba deh, main ke Kampung Pelangi Semarang yang terletak di Jl. DR. Sutomo. Seru banget!

Sebenarnya, tempat ini enggak sengaja saya dan teman seperjalanan, Keke, temukan. Jadi, waktu itu kami berdua motoran keliling Semarang. Eh, pas ngelihat ada rumah dengan cat tembok berwarna-warni, tentu aja kami langsung mampir.


Baca juga: Pengin Liburan ke Bromo? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Seru Ini

Seru banget pas main ke sini! Banyak banget spot instagrammble yang bikin kami kepenngin foto sepanjang jalan.

Kalau kamu main ke sini, ada 5 hal menyenangkan yang bisa kamu coba, lho! Namun sebelumnya, yuk kulik lebih dalam mengenai tempat wisata di Semarang ini.

Sekilas tentang Kampung Pelangi Semarang

Menurut berita yang saya dapatkan dari BBC Indonesia, Kampung Pelangi ini merupakan proyek senilai Rp3 miliar yang diusung guna meningkatkan kemampuan ekonomi warga sekitar.

Awalnya, proyek ini bermula dari inisiasi pemerintah yang ingin memperbaiki Pasar Kembang Kalisari. Pasarnya persis berada di depan Kampung Pelangi Semarang. Namun setelah perbaikan selesai, kampung di belakangnya ternyata masih meninggalkan kesan kurang elok.


Baca juga: Sebelum Trekking Berjam-jam, Isi Tenaga Dulu di Ikan Bakar Pesona Banyuwangi

Kurang lebih begini kondisinya: rumah-rumah enggak tertata rapi, hingga tumbuh tanaman liar. Alhasil, Kampung Gunung Brintik -nama asli Kampung Pelangi-, juga ikut direnovasi dan diperbaiki, nih.

Akan tetapi, proyek ini enggak menggunakan dana pemerintah, soalnya katanya enggak semua rumah di kampung ini tergolong miskin. Dengan demikian, pendanaan tersebut diraih dari sumbangan,dana CSR perusahaan, juga uang pribadi masyarakat.

Omong-omong, Kampung Pelangi Semarang bukan yang pertama dan satu-satunya kampung dengan cat warna-warni di Indonesia. Nyatanya, di kota-kota seperti Lubuklinggau, Balikpapan, dan Malang juga ada kampung pelangi seperti ini, lho!

Keren! Dari perkampungan kumuh bisa jadi tempat wisata yang banyak digandrungi wisatawan lokal hingga mancanegara. 😀


5 Hal Menyenangkan di Kampung Pelangi Semarang

Selanjutnya, saya ingin membahas 5 hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini. Beberapa sudah dilakukan, sisanya mungkin akan saya lakukan kalau main ke sini lagi. Hehehe. 😀

1Beli bunga di Pasar Kembang Kalisari

Sumber foto: pexels.com

Sebelum masuk ke Kampung Pelangi Semarang, kamu akan disambut dengan Pasar Kembang Kalisari di sepanjang jalan. Bunganya beragam dan cantik-cantik banget!

Tadinya saya kepengin beli satu tangkai bunga matahari untuk dijadikan properti foto. Soalnya waktu itu sempat ngelihat di Instagram teman, ia berfoto di Kampung Pelangi dengan bunga matahari di tangan. Saya pikir dijual di Pasar Kembang Kalisari. Ternyata, enggak. 🙁

Baca juga: Kenapa Sih Suka Banget Bawa Buku Saat Traveling?

Enggak apa-apa enggak dapat bunga yang diinginkan. Masih ada bunga lain yang enggak kalah cantik!


2Bisa selfie atau  berfoto ria

Tentu dong, kegiatan yang satu ini enggak boleh dilewatkan! Banyak wisatawan yang memang sengaja datang ke Kampung Pelangi Semarang untuk berfoto ria.

Apalagi, di sini ada banyak spot seru yang bisa dijadikan latar berfoto. Entah itu mural di dinding, hingga jalanan atau tangga yang artistik.

Waktu saya ke sini beberapa waktu lalu, Kampung Pelangi Semarang memang masih dalam tahap perbaikan, tapi seharusnya sekarang sudah selesai.

Omong-omong, dada dinding atau tangga di Kampung Pelangi, saya juga menemukan anak panah penunjuk jalan yang akan membantu para wisatawan menuju spot foto selanjutnya. Disediakan peta juga biar enggak nyasar.

FYI, di sini enggak ada tour guide, ya. Dieksplorasi sendiri masih bisa, kok. 🙂


3Trekking santai

Apabila ingin mengunjungi Kampung Pelangi Semarang, kenakanlah pakaian yang sopan dan nyaman, ya. Bisa juga pakai sandal gunung atau sepatu. Soalnya, kamu akan melewati jalanan menanjak atau turunan, juga naik-turun tangga.

Baca juga: Pengalaman Naik Joglosemar Semarang-Yogyakarta

Makanya, jangan heran kalau foto-foto saya dan Keke banyak yang mukanya keringatan dan rambut udah lepek banget! Hahaha. Mana saya pakai baju warna hitam yang menyerap panas pula. Duh, salah banget. 🙁


4Jajan

Ketika Kampung Pelangi dijadikan tempat wisata, rupanya kemampuan ekonomi warganya juga ikut terdongkrak. Misal, beberapa warga membuka toko kelontong. Jadi, kalau ada warga yang haus atau pengin ngemil-ngemil, boleh jajan dulu.

Setahu saya, ada juga warga yang mengenakan tarif jika ingin berfoto di depan mural di tembok rumahnya. Lupa mesti bayar berapa.


5Ngobrol-ngobrol dengan warga sekitar

Waktu saya ke sana saat siang hari, sedikit banget warga yang keluar rumah. Soalnya panas terik kali, ya, jadi lebih memilih berada di dalam rumah saja.

Namun, kalau kamu ke sini dan bertemu dengan warga yang lewat atau duduk-duduk di depan rumah, jangan sungkan untuk mengajak ngobrol, ya.

Baca juga: 10 Hal yang Bikin Traveling Jadi Enggak Asyik dan Cara Mengatasinya

Biasanya, ada banyak hal menarik yang bisa kita bawa pulang setelah bercakap-cakap dengan penduduk lokal.

Nah, itulah dia 5 hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Kampung Pelangi Semarang. Semoga bisa bikin liburan kamu di kota ini semakin seru, ya. 😀

Eits, habis main di sini, jangan lupa lakukan aktivitas seru seperti berburu kuliner Semarang, makan Bebek Goreng Sambal Muda di Waroeng Kaligarong, ngopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, atau berwisata rohani ke Gua Maria Kerep Ambarawa.

Selamat menikmati perjalanan kamu di Semarang! Enggak sabar deh, pengin main ke kota ini lagi.


Pakai baju warna-warni biar fotonya makin happy!

Alamat: Jalan DR. Sutomo No. 89, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Jawa Tengah – 50244
Jam buka: 24 jam


2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.