Berburu Buku Murah di Vintage Vibes, Alam Sutera

Aug 11, 2019

Berburu Buku Murah di Vintage Vibes, Alam Sutera – Hati saya dibanjiri rasa senang bukan main. Ternyata, di Tangerang ada yang jual buku-buku murah.

Vintage Vibes, namanya. Toko ini mengusung tema “Bring the Past into the Present”. Ketika masuk di dalamnya, harapannya para pengunjung bisa merasa nostalgia deng dengan suasana dan barang-barang di sana.

Oh ya, Vintage Vibes terletak di dalam The Flavor Bliss, Alam Sutera, Tangerang. Saya tahu tempat ini dari Instagram. Awalnya cuma tahu tempat ini jual barang-barang preloved dan branded dengan harga miring. Tapi pas dikulik lagi, eh ternyata jualan buku juga!

Baca juga: Menyusuri Tumpukan Buku-buku Lawas di Galeri Buku Bengkel Deklamasi

Karena anaknya penasaran, saya bela-belain ke sana demi melihat koleksi buku-bukunya. Pas sampai di The Flavor Bliss, saya sempat kebingungan dengan letak Vintage Vibes karena saya enggak ketemu bangunan dengan tampak depan seperti yang saya lihat di Instagram.

Ternyata thrift store ini punya dua pintu. Saya masuk dari pintu yang berhadapan langsung dengan space beralaskan rumput, tempat duduk-duduk santai sambil makan. Untuk pintu satunya bisa dimasukkin lewat area Broadway.

Pas sampai di Vintage Vibes dan masuk ke dalamnya, saya langsung melonjak antusias. Baru masuk aja udah disuguhi tak-rak buku, dong! Gimana enggak jatuh cinta? 😍❤

Berburu Buku Murah di Vintage Vibes, Alam Sutera

Vintage Vibes Minggu pagi itu sepi sekali. Jumlah pengunjung bahkan bisa dihitung dengan jari. Mungkin, bisa jadi karena waktu itu saya datangnya terlalu, di jam-jam awal toko ini baru buka.

Vintage Vibes sendiri sebenernya bukan cuma jual buku murah aja, melainkan jam dinding, kaset musik, pakaian, aksesoris, alat olahraga, alat-alat outdoor, peralatan rumah tangga, furnitur, hingga benda-benda vintage lainnya.

Barang-barang antik di sini benar-benar memanjakan mata, deh. Contohnya furnitur di atas. Warna-warnanya benar-benar membawa saya seperti sedang berada di masa lampur. So nostalgic!

Bahkan, ada kendaraan yang dipajang di sini juga, lho, yakni bemo dan motor. Saya sih enggak lihat berapa harganya. Cuman, beberapa pengunjung suka menjadikan kendaraan tersebut sebagai salah satu spot foto favorit, yang tentunya Instagrammable.

Nah, kalau buku-buku murah yang saya maksud, letaknya ada bagian depan, persis dekat pintu masuk Vintage Vibes. Ada satu lorong yang diapit rak-rak kayu. Tersusun di sana barisan buku yang wajib banget dipantengin satu-satu.

Baca juga: Pengalaman Borong Buku dan Panduan Lengkap ke Big Bad Wolf Jakarta

Di tengah-tengah lorong ada beberapa kursi kayu yang bisa diduduki. Mungkin biar lebih nyaman saat ingin membaca buku atau sekadar menelusuri judul-judul di sana kali, ya.

Di sini buku yang dijual super random, sih. Ada buku anak-anak, young adult, buku tutorial, buku nonfiksi, buku lokal, buku impor, wah… macam-macam!

Sayang, penyusunan buku-bukunya sepertinya agak berantakkan. Saya melihat ada buku nonfiksi yang dicampur dengan buku anak-anak atau novel teenlit yang dijadikan satu dengan buku sejarah.

Mau enggak mau, saya dan pengunjung lainnya harus melihat judul buku satu per satu. Bila beruntung, bisa dapat buku bagus dengan harga miring! 😀

Berburu buku murah di vintage vibes, alam sutera

Waktu itu saya sempat ketemu buku Paulo Coleho yang berjudul Adultery. Tebak harganya berapa? Cuma Rp15.000! Mau nangis enggak sih, kalau ketemu buku bagus dengan harga yang murah banget? 😭❤

Saya juga sempat menemukan The Fault in Our Stars karya John Green yang bisa dibawa pulang dengan harga Rp25.000! Kalau saya belum punya bukunya, mungkin akan saya beli. Hehehe.

Secara keseluruhan, range harganya bervariasi. Saya enggak bisa mematok batasan tertentu. Buku-buku murah yang dijual dengan harga di bawah Rp50.000 ada banyak. Yang di atas Rp50.000 juga banyak.

Baca juga: 5 Cara Menabung untuk Membeli Buku

Kalau ditanya mesti bawa berapa banyak uang ke Vintage Vibes, wah sulit menjawabnya. Lebih baik tentukan budget dulu supaya enggak kalap borong buku di sini.

Berburu buku murah di vintage vibes, alam sutera

Anyway, kalau kamu mungkin udah kenal dengan Paulo Coelho dan John Green. Tapi nyatanya, ada banyak penulis atau judul buku yang enggak terlalu familiar bagi saya. Iya, soalnya beneran sejadul itu!

Saya coba beri contoh ya, ada buku berjudul Vengeance Valley (Edge #17) karya George G. Gilman, yang diterbitkan pertama kali pada 1976. Lalu, ada Iberia karya James Albert Michener yang dirilis pada 1968. Ya ampun, pada dapet buku-buku ini dari mana, ya? 😱

Omong-omong, buku-buku yang dijual di Vintage Vibes ini semuanya buku bekas, ya. Makanya jangan heran kalau harganya murah banget. Meski bekas dan murah, kualitasnya oke banget, kok!

Berburu buku murah di vintage vibes, alam sutera

Sebelum berbuku murah di Vintage Vibes, Alam Sutera, sangat disarankan supaya kamu mengecek kondisi buku terlebih dulu. Sepengamatan saya, rata-rata book spines atau tulang bukunya sudah berbekas atau terlipat. Bisa jadi karena bukunya sudah berusia tua dan dibaca.

Lalu, cek juga kondisi dalamnya, ya. Apakah kertasnya menguning, tulisannya masih bisa dibaca, ada halaman yang robek atau terlipat, dan sebagainya. Jangan karena hanya bukunya murah, eh malah kalap beli ini-itu tanpa mengecek kondisinya.

Berburu buku murah di vintage vibes, alam sutera

Satu informasi penting, selain membeli barang-barang preloved, pengunjung juga bisa menjual barang-barang yang udah enggak terpakai, lho.

Caranya gampang banget. Kamu hanya perlu datang ke Vintage Vibes, mengisi formulir, menentukan harga, dan apabila barang milikmu terjual, uang akan ditransfer ke rekening kamu.

Baca juga: Apa Itu Book-Shaming dan Kenapa Harus Dihentikan?

Menurut saya, ide ini keren banget untuk diaplikasikan! Daripada di rumah ada banyak barang enggak terpakai, menumpuk, dan makan space, mending dititip ke Vintage Vibes untuk dijual. Kayaknya ini bisa jadi alternatif bagi yang seneng unhaul buku-buku.

[UPDATE April 2021] Setelah dua tahun berselang, saya main ke Vintage Vibes lagi dan ternyata ada beberapa perubahan. Rak buku yang awalnya berada di dekat pintu masuk rumput hijau, kini bergeser ke arah pojok belakang, yang lebih dekat dengan pintu masuk Broadway.

Seingat saya, raknya juga jadi lebih rapi, disusun lebih panjang, dan koleksi bukunya pun juga jadi tambah beragam. Untuk foto-foto terbaru bisa lihat post Instagram berikut ini, ya.

Bagaimana, tertarikkan untuk berburu buku murah di Vintage Vibes, Alam Sutera ini? Seru, lho! Tempatnya luas, suasananya nyaman, cukup adem, dan enggak terlalu ramai, kok. Betah sekali melihat koleksi buku yang dijual di sana. Mungkin bisa jadi salah satu ide nge-date seru di Tangerang?

Nah, Habis lihat-lihat buku murah, silakan menjelajah area lain di toko ini, ya. Siapa tahu, bisa dapat barang  secondhand berkualitas dengan harga bersahabat. Dan jangan lupa untuk foto di photo booth yang disediakan di sana.

Setelahnya, jangan lupa icip-icip makanan di The Flavor Bliss. Favorit saya dan keluarga ialah Bandar Djakarta dan Lamian Palace. Vibes-nya menyenangkan dan biasanya ada live music juga di The Flavor Bliss.

Jadi, selamat menjelajah dan berburu buku-buku keren!


Maru cari barang antik? Ke Vintage Vibes aja! 😍

Alamat: Jl. Alam Sutera Boulevard No.21-22, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten

Telepon: 0821-2376-9769

Sintia Astarina

Sintia Astarina

A flâneur with passion for books, writing, and traveling. I always have a natural curiosity for words and nature. Good weather, tasty food, and cuddling are some of my favorite things. How about yours?

More about Sintia > 

4 Comments

  1. lenny

    Aaahhh aku mau ke sini nih. Moga masih sepi hehe

    Reply
    • Sintia Astarina

      Ayo, main Kak! 😀 sekalian kulineran di The Flavor Bliss hehe

      Reply
  2. Nisa.M

    Ini di dalem flavor blissnya ya kak? Lucu banget ya interior tokonya hehe, ngomong2 koleksi buku lokalnya apakah ada banyak?

    Reply
    • Sintia Astarina

      Iya ini di dalam Flavor Bliss. Di Vintage Vibes lebih banyak buku impor yang jadul-jadul. 🙂

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.