3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka

Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah - bakmi asu

3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka – Di Jakarta dan sekitarnya, kamu pasti sudah sering banget menemukan Bakmi Bangka. Bisa dibilang, enggak susah ah nemuin makanan enak ini. Namun, seenak-enaknya Bakmi Bangka yang kamu coba, lebih enak menyantapnya di daerah asalnya langsung.

Nah, di Bangka sendiri, yang menjual bakmi sudah menjamur di mana-mana. Jalan sedikit, eh ketemu yang jual Bakmi Bangka. Jalan sedikit lagi, eh ada yang Bakmi Bangka lagi. Hehehe. Nah, kebanyakan Bakmi Bangka dijual di rumahan gitu.


Kemudian, supaya orang-orang lebih mudah mengenal bakmi yang mereka jual, mereka menambahkan nama mereka (nama si penjual) di belakang kata “Bakmi”. Sebagai contoh, si penjual bernama Afen. Jadi nama tempat makannya adalah Bakmi Afen. Nama si penjual adalah Alung, maka kedai mereka bernama Bakmi Alung.

Baca juga: Sore-sore Ngemil Pempek Bangka di Depan Bangunan Kosong di Jalan Muhidin

Sekadar info, orang-orang Bangka selalu punya panggilan khusus yang huruf depannya A. Misalnya seperti Otak-otak Afung, Otak-otak Ase, Bakmi Bangka Amoy, dan sebagainya. Jadi, jangan heran kalau kamu bakal bertemu dengan orang-orang atau memanggil mereka yang namanya berimbuhan A. Hehehe. 🙂

Oh ya, kembali ke soal Bakmi Bangka. Biasanya bakmi ini mie-nya tipis dan agak keriting. Bakmi Bangka pun ada dua macam, kalau yang kering disebut Jam Mian dan kalau yang pakai kuah disebut Sui Mian. Anyway, Mian itu artinya mie. Kalau lagi di Bangka, saya selalu pesan Jam Mian karena ini favorit saya.

Nah, ada beberapa tempat makan bakmi yang terkenal di Bangka. Ini 3 rekomendasi dari saya dan enggak ada salahnya buat kamu icip!


 

3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka

Mie Asiu

Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - mie tanpa nama
Kedai bakmi tampak luar. Kalau mau ke sini, ingat dengan pohon besarnya, ya.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - mie tanpa nama
Akhiu (Paman) si penjual bakmi.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - mie tanpa nama
Tambahkan merica kalau kamu suka yang pedas.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - mie tanpa nama
Ini Sui Mi Fun, atau Bihun Kuah. Favoritnya Mama.

Ini dia salah satu Bakmi Bangka paling enak dan murah meriah di Bangka yang harus masuk ke dalam daftar icip-icip kamu. Tempat pertama yang saya datangi ini terbilang sederhana. Dindingnya setengah bambu, setengah batako, dan lokasi persisnya ada di bawah pohon besar. Di tempat makan ini sama sekali enggak ada embel-embel spanduk yang nyantumin nama pemilik atau nama kedainya, jadi saya clueless banget. Tapi, katanya kedai ini namanya Bakmi Asiu.

Baca juga: 5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih

Waktu saya mampir ke sini, ada rombongan orang Jakarta yang lagi makan bakmi. Saya tahu dari plat mobil Jakarta yang terparkir di sana.

Di sini, saya memesan seporsi Jam Mian. Jam Mian di tempat ini ditaburi daging babi cincang dan tauge. Oh ya, kalau makan Bakmi Bangka, saya enggak pernah absen menaburinya dengan merica supaya ada rasa pedas yang lebih menggigit lidah.

Menurut saya, rasanya cukup enak. Ada rasa manis dari kecap yang melumuri bakmi Bangka, ada pula rasa gurih yang berasal dari daging babi cincangnya. Hanya saja, Bakmi Bangka yang satu ini agak kurang asin.

Baca juga: Mampir ke Belinyu, Jalan-jalan ke Mana Saja?

Nah, berbeda dengan Mama yang memesan Sui Mifun atau Bihun Kuah, yang di dalamnya ada sayuran caisim, bakso, tahu, dan pangsit. Biasanya disebut Thew Fu Kok dan ini sebenarnya bisa dipesan terpisah. Saya nyicipin Thew Fu Kok-nya dan rasanya lebih gurih. Oh ya, di sini kalau mau minum teh, tinggal ambil sendiri di tempat yang udah disediain, ya.

Harga makanan di sini sekitar Rp20.000 – Rp30.000-an. Porsinya pas, mengenyangkan, dan terasa sekali suasana kampung halaman. Untuk lokasi pastinya masih saya cari. Tapi kalau enggak salah, Mie Asiu ini bisa kamuc ari di sekitaran Jalan Jelitik, menuju Pantai Tanjung Pesona. Kalau sudah ketemu akan langsung saya update tulisan ini. 😀


Bakmi Asu

Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah - bakmi asu
Jam Mian di Bakmi Asu, coba yuk!
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah - bakmi asu (1)
Enggak berhenti ngunyah Thew Fu Kok di Bakmi Asu.

Selanjutnya, ada Bakmi Asu. Ini merupakan salah satu Bakmi Bangka paling enak dan murah meriah di Bangka yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Apalagi, lokasinya cukup strategis, yakni di tengah-tengah pasar sehingga lebih mudah ditemukan. Banyak juga para travel blogger, wisatawan, atau pun food bloger yang mengulas tempat makan ini dan sepertinya mereka suka banget dengan Bakmi Asu ini. Memangnya, apa istimewanya, sih?

Baca juga: Menikmati Sedapnya Hidangan Bubbles and Bites, Genting Highlands

Anyaway, di sini saya pesan Jam Mian lagi. Hehehe. Entah kenapa saya enggak terlalu tertarik dengan Sui Mian alias Bakmi Bangka yang berkuah. Sebenarnya saya suka sih, mencampur kuah ke bakmi kering, tapi kuahnya enggak sepenuh satu mangkok. Nanti malah jadi bakmi kering berkuah lagi. Hehehe. 😀

Nah, Jam Mian di tempat ini enggak jauh berbeda dari tempat sebelumnya, yakni diberi potongan daging babi cincang, tauge, dan daun bawang. Akan tetapi, kamu bisa menambah jeruk nipis yang asam untuk memperkaya rasa di makanan kamu.

Baca juga: Menyusuri Kenangan di Kampung Halaman, Bangka Belitung

Selain memesan Jam Mian, Thew Fu Kok atau Tahu Kok juga tersaji di atas meja. Rasanya tambah gurih ketika diberi bubuk merica. Jam Mian yang saya santap rasanya makin lengkap, karena ada tahu dan bakso ikan dengan tekstur kenyal yang menambah kaya pengalaman saat menyantap Bakmi Asu.

Thew Fu Kok ini enggak hanya bisa dijadikan pendamping atau menu tambahan saja, tetapi juga bisa dimakan dengan nasi. Jadi, kalau kamu sudah berhari-hari ada di Bangka dan udah bosan makan Bakmi Bangka, cobain dong, Thew Fu Kok dengan nasi. Enak banget!

Lokasi:


Mie Achun

Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - bakmi achun
Kedai Mie Achun yang luar biasa sederhana.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - bakmi achun
Jam Mian favorit saya. Ngelihat fotonya aja bikin lapea.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - bakmi achun
Siapa lagi kalau bukan Mama yang memesan Sui Mi Fun.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - bakmi achun
Bayangkan jika jeroan babi ini menggoyang lidah dan memuaskan hasrat lapar kamu.
Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - bakmi achun
Teh di Bangka warnanya lebih bening, tidak pekat seperti teh biasanya.

Tempat yang ketiga adalah Mi Achun. Ini dia Bakmi Bangka paling enak dan murah meriah di Bangka yang enggak boleh kamu lewatkan. Wah, kalau yang satu ini udah jadi langganan banget dari dulu. Letaknya desa Air Ruay Kecamatan Kuday, deket banget sama rumah kakek-nenek dari Papa. Makanya, kalau lagi pulang kampung ke Bangka, pasti selalu sempetin buat mampir ke sini.

Baca juga: Di Gua Maria Pelindung Segala Bangsa Belinyu yang Sunyi dan Teduh

Meski sederhana banget, tapi tempat ini selalu ramai. Kalau mau dateng makan di sini, jangan datang terlalu siang soalnya cepat habis.

Menu favorit saya, lagi dan lagi… Jam Mian. Hahaha. Padahal mereka punya menu lainnya untuk dicoba, tapi pilihan saya selalu jatuh pada Bakmi Bangka yang satu ini. Nah, Jam Mian di tempat ini berbeda dari dua tempat sebelumnya. Selain ditambah tauge dan daging babi cincang, Jam Mian di Mie Achun ini diberi sayur caisim dan dicampupr juga Thew Fu Kok-nya.

Yang bikin Bakmi Bangka ini makin enak adalah karena ada saus tomat yang bikin rasa makanan ini jadi lebih kaya rasa. Itulah kenapa saya bilang kalau Mie Achun ini selalu jadi favorit saya.

Kalian wajib cobain, deh!

Lokasi:

Nah, itulah dia Bakmi Bangka paling enak dan murah meriah di Bangka yang bisa jadi rekomendasi kuliner kalau sedang berlibur di pulau ini. Kamu enggak perlu mengeluarkan uang banyak demi makan bakmi karena di sini harganya enggak menguras dompet, porsinya juga cukup mengenyangkan, dan pastinya bisa bikin hati senang.

Namun, kalau perut kamu lagi lapeerrr banget, enggak ada salahnya pesan dua porsi! Rasa manis, gurih, dan asin melebur jadi satu di dalam lidah. Kebayang kan, gimana lezat dan nagihnya Bakmi Bangka ini? Yuk, cobain!



ARTIKEL KULINER LAINNYA:

7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen dan Lapar

1. Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!
2. Sore-sore Ngemil Pempek Bangka di Depan Bangunan Kosong di Jalan Muhidin
3. 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka
4. Perpaduan Pahit dan Manis Dark Chocolate Cigar, Cokelat Rasa Cerutu Kuba
5. 5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih
6. 6 Pilihan Amuse-Bouches, Hidangan Pembuka Paling Favorit di Restoran CURATE, Singapura
7. 5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE, Singapura
8. Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau
9. Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam
10. Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten
11. Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda


XOXO, logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.