Pengalaman Menginap di PORTA Hotel Jogja

Oct 28, 2021

Pengalaman Menginap di PORTA Hotel Jogja – Merayakan akhir pekan sekaligus menutup dua hari terakhir liburan di Jogja dengan menginap di PORTA Hotel adalah pilihan yang nggak akan saya sesali. Selain karena rekomendasi @kabutipis dan @kadekarini, saya juga kepincut dengan desain interior hotel yang terkesan modern, vintage, dan nggak berlebihan.

Tampak luar bangunan ini memang bernuansa gelap, tapi aksen keemasan yang menghiasi justru bikin hotel 11 lantai ini tampak mewah dan tinggi megah.

Menurut info yang saya dapatkan, nama PORTA sendiri berasal dari kata “port of entry” dalam bahasa Inggris, yang artinya adalah pelabuhan atau kota perbatasan. Bila diartikan, hotel yang bernama sli PORTA by The Ambarrukmo ini dibangun sebagai tempat berkumpul orang-orang atau traveler dari berbagai daerah.

Lokasi PORTA Hotel juga cukup strategis, bahkan dekat dengan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Karenanya, kalau mau cari makanan gampang banget. Di dekat hotel ini, ada Mie Gacoan yang murah dan selalu ramai, ada juga Gudeg Sagan yang terkenal dan legendaris.

Hotel yang ternyata baru diresmikan pada 2020 lalu ini memiliki 124 kamar dengan 3 tipe berbeda, yakni Deluxe Room, Premiere Room, dan Suite Room.

Saya memesan Deluxe Room untuk 3 hari 2 malam, tanpa breakfast. Iya, karena lagi di Jogja dan kepengin icip makanan khasnya, akhirnya memilih book kamar tanpa sarapan. Untuk kamar yang paling standar saja sudah nyaman sekaliii. Kalau nggak salah ingat, rate semalam kurang lebih Rp500 ribuan. Worth it!

Selepas menginap di Allstay Ecotel Jogja, saya langsung memesan GoCar ke Jalan Colombo yang berjarak 10 menit saja. Sesampainya di sana, saya diminta untuk scan aplikasi PeduliLindungi terlebih dulu. Saya perhatikan, di berbagai sudut hotel ini terdapat hand sanitizer serta imbauan untuk jaga jarak. Protokol kesehatannya mantap sekali!

Saya langsung check in di bagian resepsionis. Prosesnya cepat. Nggak lama, saya langsung mendapat keycard untuk room di lantai 8. Wuihhh … selalu seneng, deh, kalau dapet room di lantai atas. Saya pun melangkahkan kaki menuju lift dan begini pengalaman menginap di PORTA Hotel Jogja.

Pengalaman Menginap di PORTA Hotel Jogja

Pintu lift terbuka. Saya mendorong koper agak susah payah karena berat. Saya mengambil sisi kanan lorong dan tibalah di depan kamar yang hendak saya tempati. Sembari menempelkan keycard, saya membaca stiker yang tertempel pada pintu, “This room has been sterilized and sealed”.

And then … I couldn’t hide this excitement when entering my room! Whoaaa … this room is really nice and spacey! Desainnya modern dan konsep lifestyle yang diusung begitu kentara. Katanya, interior kamar di PORTA Hotel ini menyerupai dek kapal. Nuansa chic dan kekinian pun langsung terasa. Memang cocok kalau mau menyasar anak muda.

deluxe room porta hotel jogja

Karena lagi solo traveling, saat pesan kamar ini saya pilih double bed agar tidurnya lebih nyaman dan leluasa. Saya perhatikan, untuk kasur, seprei, dan sarung bantal semuanya bersih dan rapi. Tapi entah kenapa, rasa-rasanya kasur hotel ini kelewat empuk, kayak njeblos aja gitu. πŸ˜‚

But overall, PORTA Hotel berhasil bikin saya tidur pulas di malam kedua. Dengan bisa tidur berkualitas kayak gini aja, I felt content.

Omong-omong, di depan kasur ada TV yang saya nggak yakin berapa ukurannya. Gambarnya jernih, pilihan kanalnya beragam, tapi ada beberapa yang nggak bisa ditonton. Untungnya, masih ada kanal-kanal lain yang menampilkan siaran bagus. Lumayan terhibur juga pas lagi nggak ngapa-ngapain di dalam kamar.

Di kamar ini juga tersedia desk dengan meja dan kursi bermaterial kayu. Desain mejanya cocok sekali untuk tamu yang ingin work from hotel, plus kursinya pun juga punya bantalan empuk sehingga bakalan lebih nyaman jika duduk berlama-lama. Di dekat meja ada cermin lebar yang semakin menambah kesan luas room di PORTA Hotel ini.

Dan oh ya, di meja ini, PORTA by The Ambarrukmo menyediakan booklet rekomendasi wisata, kuliner, dan aktivitas seru selama di Jogja, yang mana merupakan hasil kolaborasi bareng @depepedia.

Seriously, this is really nice, tho! Buat saya yang lagi traveling dan pastinya sibuk cari rekomendasi sana-sini, booklet ini sangat-sangat membantu. Guess what, saya jadi order dua camilan untuk nemenin saya kerja, yakni Tahu Walik Om Ta dan Pukis Ko Ayung. Duh, jatuh cinta banget sama Tahu Walik! Selengkapnya soal rekomendasi makanan di Jogja akan saya tulis terpisah, ya. πŸ˜‹

sekat ruang deluxe room porta hotel jogja

Kemudian, mari beranjak ke area lainnya, yakni kamar mandi dan wastafel. PORTA Hotel ini termasuk hotel yang terang alias banyak lampu di setiap sudut, which I love the most! Sama sekali nggak ngerasa parno pas lagi sendirian di dalam kamar. Hihihi.

Oh ya, saya suka sekali dengan desain sekat ruangan Deluxe Room ini. Benar-benar bisa memanfaatkan ruang dan sama sekali nggak bikin kamar jadi sesak karena terlalu banyak barang.

amenities di dalam kamar porta hotel jogja

Sekat ruangan ini dimanfaatkan untuk meletakkan minibar, brankas, tempat laundry, sandal, gantungan baju, juga amenities dari hotel. Amenities-nya sendiri ada botol air minum (sayang masih pakai botol plastik huhu), kopi, teh, gula, dan kawan-kawannya, juga teko listrik bila ingin memanaskan air.

Saat sedang memerhatikan area ini, saya baru sadar bahwa minibar saya bocor. Ada air yang keluar dan membasahi alas sekat ruangan. Takut bocornya kian meluber ke lantai, saya pun langsung mengabari resepsionis.

Beberapa menit kemudian, dua teknisi langsung datang ke kamar. Setelah dicek, mereka memutuskan untuk membawa minibar saya dan menggantinya dengan yang baru. Wah, salut banget dengan pelayanannya.

kamar mandi dan toilet porta hotel jogja

Untuk area kamar mandi dan toilet dijadikan satu. Nggak terlalu besar, tapi nggak terlalu sempit juga. Handuk dan keset semua bersih. Sabun dan shampo juga tersedia. Air panas dari shower juga nggak ada masalah, cepat panas juga.

Dan ya, seperti biasa, mandi di bawah kucuran air panas is one of the most relieving and relaxing things to do, ever. Rasanya saya mandi berpuluh-puluh menit juga nggak apa-apa, deh. πŸ˜‚ Beban di kepala dan pundak rasanya ikut luruh masuk ke saluran pembuangan air.

Di area wastafel, ada cermin berbentuk lingkaran yang dihiasi smart LED. Makin terasa modern-nya, ya? So pretty! Kalau mau makeup-an, enak banget, nih, soalnya jadi terang. Untuk wastafelnya sendiri berbentuk persegi, tapi tingginya rendah. Kalau mau cuci muka atau sikat gigi, kayaknya kepala nggak boleh jauh-jauh dari wastafel supaya nggak bikin becek. πŸ˜†

Oh ya, untuk bathroom amenities disediakan sikat gigi, shower cap, dan sabun cuci tangan. Disediakan handuk kecil juga sebenarnya, tapi saya baru dapat di hari kedua. Jadi, jika ingin menginap di PORTA Hotel, tamu yang menginap nggak perlu repot bawa sendiri karena sudah disediakan, ya.

Yang saya suka, PORTA by The Ambarrukmo juga sudah menyediakan hair dryer di dalam kamar sehingga nggak perlu telepon bagian housekeeping dulu, deh.

Eh iya, selain cermin di dekat wastafel, PORTA Hotel juga memberikan satu cermin full body yang posisinya sejajar dengan sekat ruangan. Paket lengkap! Di mana-mana bisa ngaca, deh. Hihihi.

Bagi yang belum tahu, PORTA Hotel juga terkenal dengan jacuzzi-nya. Lokasinya ada di lantai 11, paling atas. Lokasinya satu lantai dengan ruang sauna, infinity pool, dan rooftop bar What the Deck. Bagi yang ingin berendam, berenang, sunset-an, melihat view Merapi, atau sekadar ngobrol-ngobrol di sini, pasti bakalan seru banget, deh.

Well, sampai tiba akhirnya saya harus check out demi mengejar penerbangan pulang ke Jakarta lewat Bandara Kulon Progo. Karena ada destinasi lain yang ingin saya kunjungi, terpaksa harus check out lebih cepat. So sad. πŸ₯Ί

But overall, if I can summarize, what a pleasant stay experience at PORTA Hotel Jogja! Saya sempet mewek saat betul-betul harus berpisah dengan kamar ini, juga dengan Jogja, very real soon. God has been so good to me, to give me a chance to feel the tranquility and to heal myself. Can’t thank Him enough.

Hati saya mendadak jadi hangat. Rasanya bersyukur sekali bisa meninggalkan jejak kenangan di kota ini, sekali lagi. Sudah tentu, saya berdoa dalam hati secepatnya bisa kembali ke sini.

Bacaan Selanjutnya:


Staycation di PORTA Hotel, yuk!

Alamat:Β Jalan Colombo Yogyakarta No.7, RT.01/RW.01, Samirono, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telepon: (0274) 5022777

Sintia Astarina

Sintia Astarina

A flΓ’neur with passion for books, writing, and traveling. I always have a natural curiosity for words and nature. Good weather, tasty food, and cuddling are some of my favorite things. How about yours?

More about Sintia >Β 

42 Comments

  1. NASIRULLAH SITAM

    Hotel Porta ini tiap hari kulintasi pas ke kantor, beberapa kali dolan ke sini karena salah satu GM-nya suka gowes bareng

    Reply
    • Sintia Astarina

      Waahh, serunyaa! Setelah sering melewati, cobain juga, Kak, nginep di sini. Hehe.

      Reply
  2. Ika Maya susanti

    Baca tulisan ini sama liat gambar-gambarnya, saya ngerasa kamarnya bagus banget kalau buat bikin konten ya Mbak. Misal bikin konten beauty pakai cermin yang ada LED nya, atau buat konten monolog. Warna sama penerangannya ngedukung gitu…

    Reply
  3. Irfa Hudaya

    Wah, sering ke Jogja baru tahu kalau ada Hotel Porta ini. Sama GOR UNY nya itu sebelah mana ya?

    Reply
    • Sintia Astarina

      Berdasarkan Google Maps, nyeberang dikit lalu jalan kaki 250 meter (kurang lebih 3 menit sampai).

      Reply
  4. Niva Sobat Dolan

    Wah, kapan-kapan kalau ke Jogja bakal mampir ah. Kalau mau me time kayaknya cocok banget wkwk

    Reply
  5. Lia Yuliani

    Wah, baca postingan ini bikin saya kangen staycation dan kangen Jogja juga. Saya suka sih liat dekorasi kamar hotelnya. Penasaran juga ya jacuzinya. Tempat makannya juga nyaman, viewnya cakep.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Aku juga penasaran sama jacuzi-nya tapi ndak cobain. Hehe

      Reply
  6. Natasha

    Wah hotelnya bagus dan rapi banget ya. Bisa jadi pilihan kalau mau ke Jogja. Terakhir ke Jogja dapet hotel yang zonk soalnya πŸ™

    Thanks for sharing yaa

    Reply
  7. Rozi Piliang

    Udah nanya sana sini hotel yang bagus dijogja malah dikasih yang harganya sultan,, akhirnya nemu artikel ini, kayaknya ini worth it sih ,, mantap

    Reply
    • Sintia Astarina

      Worth it banget, Mas. Aku kepengin nginap sini lagi malah. Haha.

      Reply
  8. Agustina Purwantini

    Saya orang Yogyakrta, tetanggan dengan Titik Nol Yogyakarta, dan enggak tahu kalau ada hotel baru ini… hahaha … Tengkiyu atas informasinya.

    Reply
  9. nunu amir

    wah keren bgt hotelnya. pengen bgt nginep d sn

    Reply
  10. Ipeh

    Etapi iya juga ya kak. Rata-rata kasur hotel itu lurus paripurna jadi kesannya agak keras gitu ya. Emang cocok buat yang sakit pinggang. Tapi, suka bikin encok buat yang terbiasa kasur empuk model njeblos gitu . Btw, aku sukak banget sama desain kamarnya. Milenial banget gitu

    Reply
    • Sintia Astarina

      Yes, cocok banget yaa dengan target pasar mereka. πŸ˜€

      Reply
  11. Tanti Amelia

    Wah wah waaaah kok hotelnya beda dan cakep banget ya, earth tone banget
    .. semoga kalo ke yogya bisa nginep di situ

    Reply
    • Sintia Astarina

      Boleh dimasukkin ke hotel wishlist, Mbak. Hihi πŸ˜€

      Reply
  12. Deny Oey

    Bacanya bikin aku kangen ke Jogja. Tak salah ya selalau ada β€œSesuatu di Jogja”, salah satunya hotel PORTA ini. Semoga pas ada kesempatan ke Jogja bisa nginep di hotel ini jg.

    Reply
  13. Ria Handayani

    Jadi kangen Jogya, Hotel nya nyaman ya mbak. Kalau ke Jogja lagi boleh juga nginep di sini.

    Reply
  14. Ria Handayani

    Kapan-kapan kalau ke Jogja saya nginep di sini aja, seperti nya seru.

    Reply
  15. Hida

    Porta ini dulunya Hotel Ambarrukmo kah? Wah sebrang kostanku dulu donk waktu masih kuliah di Yogya. Peengen nyobain juga nih…kangen dah lama gak ke Yogya.

    Reply
  16. Fania surya

    Kamar hotelny luas dan bagus ya. Rekomendasi nih kl ke jogja. Sudah lama gak jalan2 ke jogja. Auto save dulu ya. Buat nanti kl ke jogja.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Semoga bisa kembali ke Jogja dan menginap di sini, ya. πŸ™‚

      Reply
  17. Dewi Puspasari

    Wah interiornya Hotel Porta unik dan estetik. Kadang-kadang suka niru penataan di ruang kamar hotel buat di rumah, biar kesannya rapi dan menarik. Salam hangat Sintia @dewi_puspa

    Reply
    • Sintia Astarina

      Wah iya juga ya, bisa dijadiin inspirasi buat interior di rumah. πŸ˜€

      Reply
  18. Sadewi Handayani

    Kalau ke jogja boleh juga nih nginep di PORTA hotel. Makasih infonya kak

    Reply
  19. hallowulandari

    langsung sukaaa, desainnya emang vintage abis yaaa. nuansa kayu dan warna coklat tuh bikin syahdu! Bagian kamarnya aku suka banget penyekat ruangnya deh, jadi merasa ada area semi privacy juga yaa ngumpetin tempat tidur hehe

    Reply
    • Sintia Astarina

      Jadi kepengin nginep di sini lagi, dehhh. Hihihi. πŸ˜€

      Reply
  20. Wiliam Giovanni

    Nama hotelnya sudah cukup unik, ada makna tersendiri. Begitu juga, pengalaman selama menginap cukup berkesan dan nyaman. Banyak area yang terang.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Bisa dijadikan pilihan kalau kapan-kapan mau menginap di Jogja, Kak. πŸ™‚

      Reply
  21. NASYITHA

    Dari malioboro atau stasiun tugu dekat ga ka, bagus kayaknya nih

    Reply
    • Sintia Astarina

      Dari Malioboro atau Stasiun Tugu kurang lebih 10-15 menitan. Nggak jauh, kok. πŸ˜€

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.