Soto Mie Agih Bogor: Kuliner Nonhalal yang Bikin Nagih

Oct 20, 2021

Soto Mie Agih Bogor: Kuliner Nonhalal yang Bikin Nagih – Biarpun sudah kembali macet di mana-mana, Bogor selalu jadi kota tujuan nan menyenangkan untuk short gateway. Kali ini, tujuan saya, Mama, dan Papa ke Bogor sebenarnya lebih pengin cari suasana baru. Sekalian, mereka kepengin cari talas untuk diolah di rumah nantinya.

Kami berangkat dari Tangerang sekitar pukul 10 dan kalau ngggak salah, kami sampai di Bogor pukul 12 siang. Kami naik mobil pribadi dan selama di perjalanan, beberapa kali nemu titik-titik macet, tapi nggak yang sampai stuck lama.

Tujuan pertama kami adalah makan siang di Soto Mie Agih Bogor yang lokasinya berada di Jalan Suryakencana. Tahu dong, kalau jalan ini ramai banget dengan beragam makanan enak? Duh, saya langsung kebayang sama ngohiong dan Lumpia Basah Gang Aut.

Omong-omong, Mama dan Papa ternyata pernah makan di sini. Tahu bahwa mereka menyuguhkan soto mie yang enak di lidah dan perut, mereka nggak ragu untuk ngajak saya ke sini.

soto mie agih bogor

Siang akhir pekan itu, Soto Mie Agih Bogor lumayan ramai. Hampir semua meja terisi, tapi untungnya ada 1-2 meja kosong yang bisa kami tempati.

Restorannya cukup bersih dan masih ada space lowong di tengah untuk orang-orang berlalu-lalang. Antara meja satu dan yang lainnya nggak terlalu berdekatan sehingga pengunjung masih bisa tetap nyaman menikmati makanan mereka di tempat. Toiletnya lumayan bersih, disediakan tisu, dan area wastafel juga besar.

Setelah memilih meja, kami dihampiri seorang pramusaji yang menyodorkan sebuah menu berukuran besar untuk kami lihat-lihat terlebih dulu.

Tanpa pikir lama, segera Mama dan Papa memesan Sotomie Babat Bakut kesukaan mereka. Sementara itu, saya penasaran pengin icip Nasi Campur lantaran nggak terlalu suka dengan makanan berlabel “soto”.

Selesai memesan, kami nggak terlalu menunggu lama meski keadaan resto sedang ramai saat itu. Pas Sotomie Babat Bakut dihidangkan di meja, kok bentuknya sama sekali seperti bukan soto yang biasa saya makan, ya? This is more tempting, tho! (Seketika jadi menyesal karena merasa salah pesan menu. Hahaha.)

Sotomie Babat Bakut disajikan dalam mangkuk putih dengan diameter yang cukup lebar. Kelihatanya, porsinya cukup banyak dan membikin kenyang. Sepertinya juga, ini jadi menu andalan Soto Mie Agih Bogor, deh, soalnya banyak pengunjung lainnya yang juga memesan menu yang sama.

Menu nonhalal satu ini terdiri dari kuah panas nan gurih, bakut, babat, lobak, irisan telur, serta potongan kecil garingan babi. Karena penasaran dengan rasanya, saya minta icip sesuap dan wahhh … mouthgasm banget! Saya suka rasa gurih yang melumuri lidah, dtambah dengan isian sotomie yang cukup banyak, plus ada garingan babi kesukaan pula … ini sih recommended!

Saya mengamati Mama dan Papa yang tampak bgeitu menikmati semangkuk makanan di depan mereka dan ya … bisa dipastikan menu yang satu ini memang betulan enak.

soto mie agih bogor

Nggak lama, Nasi Campur pesanan saya datang. Menu yang satu ini tersaji di piring putih besar dengan nasi yang nggak terlalu padat. Isinya ada ngohiong, babi panggang, telur, dan sate babi, yang turut ditemani kuah pendamping.

Dari segi tampilan, menu yang satu ini memang nggak se-tempting Sotomie Babat Bakut. Dan ya, kalau boleh jujur, rasanya pun plain banget dan ternyata nggak cocok di lidah saya. Dagingnya sedikit, dingin, tawar, dan kering banget.

Kalau dilihat pada foto, ada sedikit saus yang melumuri ngohiong di pinggir, itu pun nggak mampu menonjolkan kekuatan cita rasa Nasi Campur ini. Kuah yang disajikan berbarengan pun nggak segurih Sotomie Babat Bakut. Ternyata, saya salah pesan makanan betulan. Hiksss … makannya jadi nggak terlalu puas, deh. πŸ™

Membandingkan kualitas dan rasa dengan harga yang harus dibayar (kalau nggak salah sekitar 40-50 ribu), sebetulnya saya bisa mendapatkan Nasi Campur dengan porsi yang lebih besar dan rasa yang lebih enak di tempat lain. Tapi nggak apa-apa, namanya juga sekalian wisata kuliner, rasa penasaran saya tuntas dan jadi tahu mana yang cocok dan yang nggak.

Oh ya, ada beberapa menu makanan lainnya yang bisa dipesan di Soto Mie Agih Bogor ada Mie Kocok, Lomie, Pangsit Penganten, dan Mie Babi Panggang. Setiap menu punya variasi yang beragam, misalnya ada yang polos, polos jumbo, spesial, spesial jumbo, dan seterusnya.

Saya lihat dari beberapa ulasan di website lain, ada pula yang merekomendasikan Mie Babi Panggang. Kapan-kapan kalau mampir ke Soto Mie Agih Bogor lagi, mungkin saya akan cobain menu yang satu itu. Atau kalau mau aman, pesan Sotomie Babat Bakut saja yang sudah terbukti berhasil menggoyang lidah. πŸ˜€

Baca juga:

Lokasi:

Alamat: Jalan Suryakencana No.311, RT.01/RW.02, Babakan Pasar, Central Bogor, Bogor City, West Java 16141

Jam buka: setiap hari pukul 09.0-17.00 WIB

Telepon: (0251) 8368080

Sintia Astarina

Sintia Astarina

A flΓ’neur with passion for books, writing, and traveling. I always have a natural curiosity for words and nature. Good weather, tasty food, and cuddling are some of my favorite things. How about yours?

More about Sintia >Β 

51 Comments

  1. Nurul Rahma

    Jalan Suryakencana memang terkenal sebagai sentra kuliner di Bogor ya Kak.
    Kebayang enjoy banget kulineran di sini, ya.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Betuulll. Kiri kanan isinya makanan semua. Tinggal jalan kaki aja dan bisa icip sana-sini. Hihihi πŸ˜€

      Reply
  2. Bayu Fitri

    Wah aku kalau ke Bogor bawaannya ngunyah melulu bte lezat sekali itu soto mienya ..noted deh kucatat ya buat referensi kalau ke Bogor

    Reply
  3. Unggulcenter

    Jalan surken emang surganya kuliner peranakan di Bogor ya. Wajib mampir klo yg bs makan mie bakut kayak gini. Mantab rekomen ya kak utk temen2 yg nyari selain ngohiang

    Reply
    • Sintia Astarina

      Betul. Kalau bingung mau cari kuliner enak apa di Bogor, bisa mampir ke jalan kaki. Mau makan berat sampai camilan, ada semuaaa πŸ˜€

      Reply
  4. Fina Hasyim

    Wahh kuliner itu selalu menggoda yaa.. apalagi nih komennya malam malam. Mantap rekomennya!

    Reply
  5. Diah Alsa

    meski harganya di atas standar, tapi penasarannya sudah terbayarkan ya Kakk.

    Reply
  6. Nurul Sufitri

    Wah, soto mie Agih di Bogor ini rupanya sudah terkenal ya. Lumayan ramai juga pengunjungnya. Untung pas mbak ke sana dengan mama papa, masih dapat kursi dan mejanya hihihi πŸ™‚ Next time pasti kepengen coba menu lainnya di tempat ini. TFS yach.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Thank you for reading this review ya, Mbak. πŸ™‚

      Reply
  7. Ihsan Subhan

    Soto Mie Agih di Bogor ya. Perlu dicoba nih klo ke Jakarta, kayanya bisa mampir dlu di Bogor. Sekalian mampir ke kamu, iya kamu. hehe. Eh kebetulan saya suka soto, dan pernah dengar juga sih. Ternyata memang populer juga nih si Soto daripada si Siti πŸ™‚

    Reply
  8. Dedew

    Memang kuciwa kalau kulinernya agak zonk ya padahal sudah jauh-jauh dari Tangerang ke Bogor, terkenal banget nih tempat makannya dan selalu ramai

    Reply
    • Sintia Astarina

      Iya, bener. Tapi aku kurang tahu kalau weekday ramai juga atau nggak. Hehe.

      Reply
  9. Dian Restu Agustina

    Bogor memang surga jajan..pokoknya mesti makan..makan..dan makan kalau ke sana.
    Wah sayang nasi campurnya ga sesuai ekspetasi ya, Kak. Mungkin karena bukan menu andalan di soto mie Agih ini

    Reply
    • Sintia Astarina

      Betul, Mbak. Di sini sudah pasti menu andalannya adalah Soto Mie itu. Kayaknya next time kalau ke sini, memang perlu cobain Soto Mie-nya, ya. πŸ˜€

      Reply
  10. Natasha Stefanie Setiawan

    wah salah satu soto mie terkenal di Bogor nih, gak pernah sepi haha. Jadi pengen makan disana lagi deh

    Reply
  11. Andrie K.

    Wahh lagi nyari banget soto yang pake daging itu.. Hemm jarang banget sih ditemuin, ternyata di bogor ada yaa.. Jadi pengen mampir kesanaa..

    Reply
    • Sintia Astarina

      Aku pun baru tau. Hahaha. Ternyata cukup terkenal …

      Reply
  12. Bethania FN

    yaampun liat poto2nya aja uda ngiler. padahal sempat lama tinggal di bogor tapi belum sempat ke soto mie Agih nih. soon semoga kesampaian. beneran ngiler aku mbak astaga wkwkw

    Reply
  13. Silvia

    Non Halal, malas sebenarnya mau baca, Tapi apalah daya, kalau udh ngomongin makanan pasti kepo.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca tulisan ini, ya. Really appreciate it, Mbak. πŸ™‚

      Reply
  14. Utie adnu

    Kemarin Aku habis jalan Juga he Surya kencana kak Soto Mie Agih Bogor memang selalu rame… Klo pas hujan2 pasti bakalan nagih terus

    Reply
    • Sintia Astarina

      Whoaaa … seru sih makan soto pas lagi hujan *mendadak laper

      Reply
  15. Akarui cha

    Di Jalan Suryakencana terutama sekitaran Gang Aut memang banyaaaakkk banget jajanan, berbagai jenis pula. Kalau dulu jaman SMA, main ke sini ya nyarinya es durian. Kebetulan ada teman yang rumahnya masuk ke dalam gang aut ini.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Wah, ada es durian! Orangtuaku pasti suka, sih. Hihi. Kalau aku nggak terlalu ><"

      Reply
  16. maya rumi

    ya tuhan aku udah ngiler liatnya eh ternyata baca judulnya ini non halal, heuheu… tapi aku emang paling suka mba sintia dengan kuliner soto dari bogor, paling mantap sih soto mie dari sana, apalagi yang masih dijual pake dipikul gitu.

    mau dong mba rekomendasi soto yang halal dari bogor juga

    Reply
    • Sintia Astarina

      Hehehe iya nih, Mbak. Non-halal. Siappp nanti kalo keliling Bogor lagi dan nemu soto yang halal, coba aku tulis ulasannya, ya. πŸ™‚

      Reply
  17. Samleinad

    Jalan Surken emang surganya makanan ya. Apalagi pas musim hujan gini, makan yg anget2 tentu pas banget.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Rasanya pengin ke Bogor lagi weekend ini. Haha. Seru wisata kuliner seharian!

      Reply
  18. Keke Naima

    Jadi kangen kulineran di Bogor. Di Suryakencana aja udha banyak banget pilihannya. Gak cukup sehari kulineran di sana πŸ˜€

    Reply
    • Sintia Astarina

      Dan yang menarik, kulinernya tuh nggak ngebosenin gitu, Mbak. Mau dicoba berkali-kali, tetep enak dan pengin balik lagi πŸ˜€

      Reply
  19. hallowulandari

    wah liat dari fotonya aja udh bikin ngiler nih soto mie agih nya, dan ga nyangka resto nya sebagus itu yaa, worth to try nih kalau short gateway juga ke bogor

    Reply
  20. Dewi Puspasari

    Memang nampak enak, sayangnya non halal hehehe. Di Bogor memang banyak kuliner sedap.

    Salam hangat
    @dewi_puspa00

    Reply
    • Sintia Astarina

      Tenang, ada pilihan kuliner lainnya di Jalan Suryakencana ini. Nggak habis-habis untuk di-explore! πŸ˜€

      Reply
  21. Leila

    Sekalinya aku makan soto mie di Bogor itu kayaknya udah berapa tahun yang lalu ya, zaman anak kedua masih bayi, itu juga nggak sengaja mampir aja di dekat stasiun sambil nunggu keretanya datang, hehehe. Banyak variasinya ya ternyata meskipun judulnya sama-sama soto mie, termasuk yang non halal ini.

    Reply
    • Sintia Astarina

      Yes, aku pun baru tau. Menarik juga ya kuliner yang bisa ditemuin di Bogor ini.

      Reply
  22. Widia Purwanita

    Duh jadi kangen jalan kaki ke daerah suryakencana nyobain segala macem jajanan disana 😍😍😍

    Reply
  23. Risalah Husna

    Emang terkenal banget nih Suryakencana sebagai pusat kuliner di kota Bogor. Kalo pas main ke kebun raya, incerannya pasti soto mie kuah kuning. Ciri khas Bogor banget deh

    Reply
    • Sintia Astarina

      Kayak belum ke Bogor kalau belum icip Soto Mie-nya, ya.

      Reply
  24. Uniek Kaswarganti

    Belum pernah nih berburu aneka kuliner di Bogor. Ntar kapan-kapan kudu ke Bogor sama keluarga yaa. Di daerah deket situ banyak kulineran lain yang halal kan ya? Mau dongg rekomendasinya.

    Reply
  25. Uniek Kaswarganti

    Belum pernah nih kulineran di Bogor dan merasakan soto mie tuh kayak apa. Semoga kapan2 bisa jalan-jalan ke Bogor bareng keluarga

    Reply
    • Sintia Astarina

      Semoga menikmati perjalanannya, ya, Mbak. πŸ™‚

      Reply
  26. Mutia Nurul Rahmah

    sepertinya ini memang sedap ya, kuahnya bening segar seperti itu, mantab ditemani es teh atau es jeruk

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.