5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih

5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih

5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih – Saat sedang traveling, selain soal pemandangan alam, saya paling excited soal makanan. Bila mengunjungi suatu tempat baru, saya pasti selalu kepengin mencicipi makanan yang banyak direkomendasikan di daerah tersebut. Ambil contoh, saat ke Semarang, saya mencicipi  Tahu BAXO Ibu Pudji sampai Lumpia Gang Lombok yang terkenal itu. Atau, saat sedang workation di Bali, saya mencoba Sate Babi Bawah Pohon yang selalu ramai pengunjung.

Saat sedang berada di Singapura, saya juga enggak mau ketinggalan untuk berburu kuliner, dong. Namun kali ini agak berbeda. Bila biasanya orang-orang yang berlibur ke Singapura ingin mencicipi Chicken Rice, Laksa, sampai Es Krim 1 Dollar, kali ini saya menyambangi restoran CURATE di Resorts World Sentosa.


Restoran fine dining ini secara rutin menghadirkan koki profesional dari berbagai restoran dunia berbintang Michelin. Pas saya ke sana, CURATE kehadiran Chef Benjamin Halat, koki yang asalnya dari Jerman.

5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE Singapura
Chef Benjamin Halat, sudah menyukai masak-memasak sejak usia 17 tahun.

Setelah sebelumnya pernah bekerja di Jerman, Swiss, dan Malaysia, ia pun kini menjadi Chef de Cuisine di CURATE. Beruntung, saya berkesempatan untuk mencoba langsung hidangan-hidangan kreasinya yang merupakan kolaborasi apik antara modern dan klasik. Chef Halat sendiri rupanya juga mengolaborasikan makanan dan bahan-bahan dari Eropa dan Asia, lho.

Baca juga: Jatuh Cinta dengan Dunia Bawah Laut Gara-gara Ocean Gallery di S.E.A Aquarium Singapura

Di sini, saya dihidangkan 5-course dinner menu, yang terdiri dari Amuse-Bouches atau hidangan pembuka, main course (pada artikel ini), juga Petit Fours alias makanan pencuci mulut, yang salah satunya adalah Dark Chocolate Cigars. Ayo, kita kulik bareng-bareng! 😀

 

5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih

1. Foie Gras Gateau with Red Port Wine Jelly and Szechuan Pepper Brioche

5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Wajib Dicoba di CURATE
Foie Gras Gateau with Red Port Wine Jelly and Szechuan Pepper Brioche

Dilihat dari presentasinya, awalnya saya mengira bahwa menu yang satu ini lebih cocok dijadikan dessert karena bentuknya seperti sepotong kue yang manis. Tapi ternyata, ini merupakan foie gras terrine dengan frosting yang dibuat dari red port wine. Teksturnya padat tapi lembut, pun rasanya creamy dan kaya. Menu ini cocok banget dijadikan starter untuk main course, apalagi porsinya yang enggak terlalu besar.


2. Soufflated Farm Egg with Truffle and Caviar

Menu lezat ini sebenarnya ada di dalam pilihan 8-course dinner menu di CURATE, tapi beruntungnya saya berkesempatan untuk mencicipi sajian ini. Poached egg ini begitu lembut, disajikan dengan truffle caviar yang kenyal serta foam yang terbuat dari keju parmesan. Ternyata ada bayam yang sudah dihaluskan di dasar piring.

Selain itu, lihat deh, kuning telurnya menggoda banget, kan? Ketika dipecahkan dengan sendok, telur setengah matang ini seolah meleleh sempurna, bersatu padu dengan keju parmesan yang asin. Buat saya yang suka banget dengan keju dan kuning telur, menu satu ini juara banget! Ada cita rasa menarik yang benar-benar memanjakan lidah, sampai-sampai pengin terus menikmati makanan ini hingga sendok terakhir.

3. Poached Dover Sole with Pearl Onion, Mustard Seeds, and Salsify

5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Wajib Dicoba di CURATE (5)
Poached Dover Sole with Pearl Onion, Mustard Seeds, and Salsify

Makanan yang enggak kalah unik ini memiliki rasa dan tekstur mengejutkan. Tekstur ikan dover yang lembut dipadu dengan saus champagne, biji mustard, juga bawang bombay. Jujur, saya suka banget dengan presentasi makanan ini karena enggak terlalu berlebihan. Justru itu, tampilannya jadi terlihat cantik, elegan, dan mampu mewakili rasanya yang kaya.

Baca juga: Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam

Di hidangan ini, untuk kali pertama saya mencoba salsify. Salsify ini  merupakan sayur akar yang sebenarnya lebih banyak digunakan di Eropa, juga Amerika Serikat. Pada gambar di atas, mana sih yang merupakan salsify? Nah, coba deh kamu lihat batang panjang berwarna cokelat, itulah salsify. Pas menggigitnya pertama kali, memang agak asing rasa dan teksturnya. Tapi ternyata enak!

4. Wagyu Tenderloin with Potato Churros and Bergamot Jus

5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE Singapura
Wagyu Tenderloin with Potato Churros and Bergamot Jus

Ini dia menu lezat selanjutnya yang dihidangkan. Sepertinya saya benar-benar harus memberi pujian kepada Chef Benjamin Halat atas semua kreasi makanannya. Setiap makanan yang dibuatnya enggak ada yang enggak enak. Terutama yang satu ini, yang paling bikin nagih.

Kalau kamu adalah penggemar daging seperti saya, bersiaplah merasakan mouthgasm di dalam mulut. Wagyu ini melalui proses dry-aging yang membuat teksturnya jadi lebih juicy. Wagyu tenderloin yang asin ini cocok banget disandingkan dengan saus bergamot yang manis. Selain itu, adapula potato churros dengan icing sugar yang bisa menjadi teman makan daging ini. Chef Halat berujar, bahan makanan dengan rasa yang beragam ini pun dipadukan demi menonjolkan rasa gurih.

Baca juga: Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!

Menu yang satu inilah yang paling saya favoritkan. Kalau suatu saat mampir ke CURATE lagi, sudah pasti saya akan memesan makanan ini lagi.

Omong-omong, saya jadi ingat deh, ada seorang food blogger yang mencoba mendeskripskan soal “makanan enak” versinya. Namanya juga food blogger, pasti sudah mencicipi beragam makanan atau minuman, dong? Tapi, menurutnya, makanan yang enak adalah yang rasanya selalu terkenang di lidah dan terngiang di kepala. Meski sudah pulang dari restoran itu sekali pun, rasa makanan yang dicicipi masih teringat jelas.

Ya, kira-kira seperti itulah definisi enak yang ingin saya jabarkan dari Wagyu Tenderloin with Potato Churros and Bergamot Jus ini.

5. Snickers 2017 with Peanuts, Dulcey, and Gianduja Chocolate

5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Wajib Dicoba di CURATE
Snickers 2017 with Peanuts, Dulcey, and Gianduja Chocolate

Usut punya usut, Chef Halat suka banget makan Snickers. Makanya jangan heran apabila makanan penutup ini wajib ada dalam menunya. Hehehe.

Buat kamu yang seorang penggila cokelat, rasakan perpaduan antara renyahnya rempahan biskuit dan kacang tanah, lembutnya es krim, manisnya karamel, serta selai kacang. Rasa yang bikin nagih!

Baca juga: Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten

Secara keseluruhan, mencicipi menu-menu karya Chef Benjamin Halat di CURATE ini merupakan pengalaman yang enggak terlupakan. Wajar, hasil kerja kerasnya selama 15 tahun belakangan selama berkecimpung di dunia kuliner, membuat chef satu ini mampu menciptakan makanan-makanan kelas dunia. Saya jadi pengin banget mencicipi menu-menu lain kreasinya.

Oh ya, menurut kamu, dari 5 makanan di atas mana sih yang gambarnya paling bikin laper? 😀


Kalau ke CURATE, wajib cobain Wagyu Tenderloin-nya, ya!

*) Tulisan ini pernah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul “Menikmati Telur hingga Daging Sapi Seharga Rp 1,5 Juta“.

ARTIKEL KULINER LAINNYA:

1. Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!
2. Sore-sore Ngemil Pempek Bangka di Depan Bangunan Kosong di Jalan Muhidin
3. 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka
4. Perpaduan Pahit dan Manis Dark Chocolate Cigar, Cokelat Rasa Cerutu Kuba
5. 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen
6. 6 Pilihan Amuse-Bouches, Hidangan Pembuka Paling Favorit di Restoran CURATE, Singapura
7. 5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE, Singapura
8. Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau
9. Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam
10. Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten
11. Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda


XOXO, logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.