Page Visited: 32

7 Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya untuk Kebutuhan Traveling – Keliling dunia sudah menjadi impian saya sejak lama. Ingin melihat pemandangan alam di New Zealand, mengikuti ekaristi di Vatikan, atau mungkin naik balon udara di Turki. Negara-negara tersebut hingga saat ini masih bertengger di bucket list saya, menanti untuk dicoret satu per satu.

Akan tetapi, betapa saya menyadari bahwa keliling dunia sungguh membutuhkan biaya yang enggak sedikit. Perlu mengurus travel visa, perlu mengalokasikan budget untuk makan, transportasi, dan tempat tinggal, belum lagi kalau mau jajan-jajan.


Baca juga: Bukan Uang Tunai, Ini Kebijakan Refund Citilink Terkait COVID-19

Nah, salah satu solusi untuk memenuhi semua kebutuhan traveling tersebut adalah mengajukan pinjaman online terpercaya. Biasanya, pinjaman ini ditujukan bagi mereka yang membutuhkan dana tunai tanpa jaminan, dan tentunya enggak butuh waktu lama untuk pencairan dana.

Apabila kamu adalah satu yang memiliki mimpi yang sama seperti saya, yakni keliling dunia tapi terhambat biaya, mungkin pinjaman online bisa menjadi alternatif. Pertanyaannya, bagaimana memilih pinjaman online terpercaya untuk kebutuhan traveling?

7 Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya untuk Kebutuhan Traveling

1. Pilih yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK

Apa itu OJK? OJK adalah Otoritas Jasa Keuangan yang dibentuk untuk mengawasi segala kegiatan dalam sektor jasa keuangan. Dengan demikian, penyelenggaraannya pun lebih adil, transparan, akuntabel, juga teratur.

Pasti pernah dengar, dong, ada banyak institusi pinjaman bodong yang tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK? Itulah kenapa kita perlu teliti dalam memilih pinjaman online guna mencegah hal-hal yang enggak diinginkan di kemudian hari.



2. Pilih yang perlindungan datanya aman

Bicara soal data tentu sensitif banget. Mungkin kamu tahu ada oknum-oknum enggak bertanggung jawab yang memperjualbelikan data nasabah. Ngeriii~

Untuk itu, sebelum melakukan pinjaman online, pastikan fintech tersebut keamanannya terjamin dan data-data nasabah juga dilindungi dengan maksimal.


3. Riset terlebih dahulu dan cari review-nya di Google

Saking banyaknya fintech yang menawarkan pinjaman online, tentu saya enggak mau asal pilih, dong. Biasanya saya riset dulu mengenai fintech tersebut. Saya juga cari review-nya di Google atau bisa juga di App Store/Play Store.

Dari riset tersebut, biasanya saya bisa mengetahui apakah fintech tersebut memang bisa diandalkan atau enggak. Riset tuh penting, lho. Jangan sampai step ini terlewatkan, ya!


4. Cari yang pengajuannya enggak ribet

Ketika mengajukan pinjaman online, seringnya peminjam terhalang oleh segala dokumen yang ribet. Wajib fotokopi inilah, perlu menyertakan dokumen itulah. Duh, mendingan cari fintech yang syarat dan pengajuannya lebih mudah dibandingkan dengan layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) tradisional.

Seperti yang diketahui, KTA tradisional biasanya membutuhkan jaminan, kartu kredit, dan lain-lain. Namun, kamu bisa memilih pinjaman online terpercaya yang cuma butuh KTP aja dan persyaratannya super gampang.


ย 5. Pilih yang tenornya panjang

Setelah tahu kira-kira berapa biaya traveling yang dibutuhkan, jangan lupa untuk memilih fintech penyedia pinjaman online terpercaya yang menawarkan tenor panjang.

Misalnya, Tunaiku, salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia yang telah berdiri sejak 2014 lalu. Tunaiku menawarkan kredit cepat dengan fasilitas tenor yang panjang, yakni maks. 20 bulan dengan limit Rp20 juta. Bila diperhatikan, fintech lainnya hanya memberikan limit kecil dan tenornya pun pendek.

Wahh … kalau kayak gitu biasa-bisa malah jadi enggak tenang traveling-nya karena sudah buru-buru harus membayar cicilan pinjaman online.


6. Pilih yang track record-nya baik

Salah satu persyaratan penting dalam memilih pinjaman online ialah punya track record yang baik. Sebagai contoh, Tunaiku yang merupakan salah satu produk dari Amar Bank yang sudah berdiri sejak 2014.

Selain berada di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah payung perusahaan Tolaram Group. Dengan track record yang baik, pinjaman online di Tunaiku pun jadi lebih aman.

Bukan cuma untuk kebutuhan traveling aja. Kalau kamu punya kebutuhan mendesak lain, seperti membutuhkan dana untuk memulai usaha, biaya pernikahan, biaya kesehatan, dan lain-lain, Tunaiku bisa kamu andalkan.


7. Cari yang menyediakan edukasi online

Saya paling suka dengan fintech yang menyediakan edukasi online. Entah itu lewat artikel, podcast, atau webinar sekali pun. Saya rasa, dengan adanya edukasi seperti itu, para peminjam pun juga bisa menjadi lebih bijak dalam memanfatakan dana yang diberikan.

Di sisi lain, hitung-hitung belajar soal keuangan juga, kan. Hehe. Di era teknologi digital yang apa-apa serba cepat, canggih, dan dinamis, memiliki pengetahuan yang banyak soal keuangan tuh penting banget! Itulah kenapa literasi keuangan sangat dibutuhkan dan dapat menjadi salah satu pertimbangan kamu untuk memilih pinjaman online terpercaya.

Nah, itulah dia 7 tips memilih pinjaman online terpercaya untuk kebutuhan traveling. Penting diingat, sebelum meminjam, tentukan dulu jumlah dana yang diperlukan, cari tahu bagaimana cara membayar cicilannya, dan pastikan kamu juga bisa membayar tepat waktu, ya.

Jangan asal pinjam aja demi bisa dapet fresh money.ย Kalau kelilit utang di kemudian hari, kan, bahaya. Amit-amit, yaaa ….

Semoga pandemi ini bisa cepat berakhir biar bisa jalan-jalan lagi, nih. Udah kangen banget pelesiran sana-sini. Huhu. Kamu ada rencana mau traveling kenapa, nih, sesudah pandemi nanti?


4 thoughts on “7 Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya untuk Kebutuhan Traveling

  1. List-nya bener banget,, emang sebelum memutuskan dapat pinjaman harus banyak banyak riset.
    Aku juga pengen nih keliling dunia, tapi masih tertunda karena masalah biaya. Pengen sambil keliling sambil kerja nomad juga supaya penghasilan tetep jalan.
    Kalau ngomongin pinjaman, tips kamu akan aku buat untuk jalanin bisnis dulu. Kalau sudah jalan, sistem udah oke, uang hasilnya akan aku pakai buat jalan-jalan. Masih mimpi sih, lagi berusaha diwujudkan ke dunia nyata.

    1. Semangat, Kakk! Yes, pinjaman ini juga sangat membantu banget untuk dijadikan pinjaman produktif, terutama untuk bebisnis. Nanti, kalau bisnis dan penghasilannya sudah stabil, bisa dialkasikan deh untuk jalan-jalan. Aku aminkan semua mimpinya, ya, Kak. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Have you seen this?

Collab with Me?

We can make something amazing together! From Content Placement & Sponsored Post, Product Review on Instagram/Blog, Media Trip, SEO Content Writing, or anything you want. Click here to discuss or hire me?