Jangan Bosan Main ke 5 Pantai Terindah di Pulau Bangka Ini

634
Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Pulau Bangka Ini - Pantai Rambak
Siang yang terik di Pantai Rambak, pantai terindah di Bangka.

Jangan Bosan Main ke 5 Pantai Terindah di Pulau Bangka Ini – Pulau Bangka merupakan tempat kelahiran kedua orangtua saya. Makanya, enggak heran kalau kami sekeluarga sering pulang kampung ke Bangka. Ini adalah kota yang sering banget saya kunjungi di Indonesia, selain Tangerang dan Jakarta. Hehehe. 😀

Biasanya, pantai merupakan destinasi wajib yang akan kami kunjungi, selain mencicipi pempek dan otak-otak yang terkenal enak. Setuju banget, Bangka memang terkenal dengan pantainya yang indah dan eksotis.


Berkali-kali pulang ke Bangka dan berkali-kali juga main ke pantai, kayaknya enggak pernah bosan, deh. Ya, adalah agak bosan soalnya main ke pantai yang sama beberapa kali. Namun, sebenarnya, banyak pantai terindah di Pulau Bangka ini layak banget untuk kamu kunjungi!

Baca juga: Tips Sebelum Rafting Supaya Lebih Aman dan Nyaman

Biasanya, ngapain aja sih, kalau di pantai? Nah, karena saya enggak bisa berenang, biasanya saya main di pinggir pantai sambil foto-foto. Atau, pernah juga piknik di pendoponya.

Jadi, saya dan beberapa anggota keluarga besar membawa makanan dari rumah. Yang wajib tentu saja nasi dan ikan panggang. Nikmat banget rasanya piknik dan makan bersama di pinggir pantai. Pastinya sambil mendengar deburan ombak ditemani es kelapa!

Dari sekian banyak pantai yang saya kunjungi, ada 5 pantai yang paling berkesan di hati. Kalau kamu sedang liburan di Bangka, sempatkan untuk mampir, ya.


Jangan Bosan Main ke 5 Pantai Terindah di Pulau Bangka Ini

1. Pantai Tongaci, tempat penangkaran penyu

Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Tongaci
Sayang banget deh, Pantai Tongaci langitnya lagi mendung.
Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Tongaci
Ini merupakan tempat penangkaran penyu yang ada di Pantai Tongaci.

Destinasi pertama ialah Pantai Tongaci. Waktu berkunjung ke salah satu pantai terindah di Pulau Bangka ini, sayang banget langit lagi gelap alias mendung. Tapi, hal tersebut enggak mengurungkan niat saya untuk mengeksplorasi tempat ini.

Baca juga: 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka

Pantai yang satu ini sebenarnya lebih terkenal sebagai  tempat penangkaran penyu. Bahkan, di Pantai Tongaci, saya bisa melihat berbagai jenis penyu, tukik, serta ada area penangkarannya. Konservasi penyu ini dilakukan oleh Yayasan Tukik Babel.

Kawasan pantai ini pun sudah direkayasa, maksudnya dipercantik sedemikian rupa supaya para pengunjung bisa menikmati hiburan lain di sana. Misalnya, di sana ada Museum Garuda yang mengoleksi artefak dan foto-foto tua. Kemudian, ada berbagai spot foto menarik yang Instagrammable banget!

Selain itu, pantai terindah di Pulau Bangka ini juga memiliki restoran atau beach bar di mana pengunjung bisa bersantai sejenak sambil menikmati camilan atau makanan berat.

Lokasi:

2. Pantai Penyusuk, menikmati deburan ombak di atas batu granit

Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Penyusuk
Seru banget main di pantai yang sepi kayak gini.
Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Penyusuk
Bisa naik kapal ke pulau seberang. Sayang enggak ada yang mau nemenin saya.

Seenggaknya, jejakkanlah kakimu di Bangka Utara sekali dan sambangilah Pantai Penyusuk ini. Salah satu pantai terindah di Pulau Bangka versi saya ini menawarkan pasir putih serta susunan batu granit yang ukurannya beragam. Di sini, saya bisa menaiki batu granit tersebut, duduk-duduk santai, hingga memandang pantai di kejauhan.

Rupanya, dari pesisir pantai, saya bisa melihat beberapa pulau kecil di hadapan saja, misalnya Pulau Lampu dan Pulau Putri.

Baca juga: Berkunjung dan Mengeksplor Museum Negeri Bengkulu

Menurut informasi yang saya dapat di sebuat laman, Pulau Lampu ini merupakan sebuah pulau kecil yang terdapat mercusuar. Mercusuar ini berguna untuk memandu kapal yang hendak melintasi Pantai Penyusuk di malam hari.

Kemudian, ada Pulau Putri. Baik di Pulau Lampu maupun di Pulau Putri, pengunjung bisa menikmati keindahan alam bawah laut juga, lho! Kok asyik, ya?

Waktu itu, iseng banget pengin ke salah satu pulau tersebut dengan menumpang salah satu kapal nelayan. Kapan lagi, kan, bisa mampi ke pulau lain di pantai terindah di Pulau Bangka ini.

Namun apa daya, cuaca lagi enggak bagus saat itu. Selain itu, enggak ada yang mau nemenin saya juga ke pulau tersebut. Foto-foto aja deh, kalau gitu. 🙁

Lokasi:

3. Pantai Tikus Emas, bisa naik ATV atau main di pinggir pantai

Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Tikus Emas
Lagi-lagi, ke pantai terindah di Pulau Bangka pas lagi mendung. Coba kalau langitnya cerah banget.
Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Tikus Emas (6)
Bersantai sejenak di pinggir pantai sembari menghibur diri dengan deburan ombak.

Pantai terindah di Pulau Bangka selanjutnya yang saya kunjungi ialah Pantai Tikus Emas. Jangan salah, pantai ini berbeda dengan Pantai Tikus, ya. Dua destinasi ini letaknya bersebelahan.

Dinamakan Pantai Tikus Emas sebab katanya dulu banyak jalan tikus menuju pantai ini. Jalan tersebut pun banyak dimanfaatkan para penambang timah ilegal guna membawa timah untuk dikirim via laut.

Baca juga: Sore-sore Ngemil Pempek Bangka di Depan Bangunan Kosong di Jalan Muhidin

Nah, pas mampir ke pantai ini, saya melihat ada patung tikus emas besar yang menjadi ikon destinasi wisata ini. Pengunjung banyak yang berfoto di depannya. Mungkin sebagai tanda kalau mereka sudah pernah main ke pantai ini. Hehehe. Kalau saya sih, cuma fotoin Mama yang narsis banget di mana-mana. 😀

Anyway, di Pantai Tikus Emas ini kamu bisa naik ATV dan main voli pantai, lho. Ah, andai waktu itu bawa bola voli. Lumayan, bisa gerakin tubuh dan cari keringat dengan suasana baru!

Kalau kamu beserta keluarga dan teman-teman ingin bertandang ke salah satu pantai terindah di Pulau Bangka ini, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 90 menit dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Lokasi:

4. Pantai Rambak, pantai terbaik untuk piknik!

Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Rambak
Kalau langit lagi cerah kayak gini, mau berlama-lama main di pantai terindah di Pulau Bangka bakalan happy banget!
Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Rambak
Pantai Rambak, salah satu tempat terbaik untuk piknik di pinggir pantai!

Ya ampun… terharu banget pas tahu langit di Bangka lagi ceraaaahh banget. Akhirnya, foto-foto di pantai bukan warna sendu alias abu-abu lagi. Hehehe. 😀

Menurut saya, selain didapuk sebagai pantai terindah di Pulau Bangka, Pantai Rambak ini juga merupakan pantai yang eksotis! Lihat aja, pemandangannya aduhai, deh.

Baca juga: Menyusuri Kenangan di Kampung Halaman, Bangka Belitung

Enggak sulit kok, untuk menuju pantai terindah di Pulau Bangka ini, apalagi jalanannya sudah diaspal. Perlu kamu tahu, saking banyaknya pantai di Bangka, biasanya warga sekitar mengkomersialisasikan pantai tersebut. Makanya, ada banyak banget nama pantai berbeda di Bangka dan biasanya lokasinya berdekatan.

Anyway, apa sih, yang bisa dilakukan di Pantai Rambak ini? Banyak banget! Selain bisa bersantai di atas tumpukan batu-batu granit, kamu bisa berenang, main di pesisir pantai, atau bahkan menggelar tikar dan piknik!

Namun, kalau enggak tahan sama cuacanya yang panas dan menyengat, ada pendopo atau pondok di mana para pengunjung bisa berteduh. Atapnya terbuat dari daun nipah yang sudah dikeringkan, kemudian dijalin-jalin. Hmm… kayaknya sambil minum es kelapa enak juga, ya.

Lokasi:

5. Pantai Parai Tenggiri, destinasi lengkap untuk kegiatan di air

Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Parai Tenggiri
Saya dan keponakan sedang menuju Rock Island di Pantai Parai Tenggiri, salah satu pantai terindah di Pulau Bangka
Enggak Pernah Bosan Main ke 7 Pantai Terindah di Bangka Ini - Pantai Parai Tenggiri
Kalau ke Pantai Parai Tenggiri, ini adalah pohon-pohon khas yang bakal kamu temui.

Destinasi wisata ini terkenal banget di Bangka dan saya sudah beberapa kali mengunjungi pantai terindah di Pulau Bangka ini. Sayang, saya selalu main ke pantai pas siang hari. Padahal, sore hari menjadi waktu terbaik lain untuk menikmati keindahan pantai sambil mengabadikan pesona matahari terbenam.

Baca juga: Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan

Oh ya, tempat wisata hits ini disebut Pantai Parai Tenggiri sebab dulu banyak nelayan yang menangkap ikan tenggiri dari sini. Duh, ikan tenggiri kan enak banget. Jadi inget deh, Mama suka banget goreng ikan tenggiri, mencampurnya dengan saus tiram, atau dijadikan bahan untuk membuat pempek. Yummy 😀

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Parai Tenggiri. Mulai dari banana boat, jetski, hingga parasailing. Kamu pun bisa mengunjungi Rock Island yang berada di kawasan pantai terindah di Pulau Bangka ini.

Di Rock Island, ada banyak bebatuan yang indah sekali. Ada jembatan sepanjang sepanjang 200 meter yang dihias lampu-lampu. Andai waktu itu saya datang saat malam hari, hangatnya Rock Island dan Pantai Tenggiri mungkin akan lebih terasa.

Lokasi:

Gimana, sudah cukup puas mengarungi 5 pantai terindah di Pulau Bangka ini? Masih belum? Ya sudah, sini saya kasih bocoran lagi. Enggak jauh dari pantai-pantai di atas, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Matras, Pantai Romodong, dan Pantai Tanjung Pesona. Saya jamin, pantai-pantai ini enggak kalah keren, deh.


16 KOMENTAR

    • Setuju banget! Makanya pengunjung bisa santai-santai di sana, tanpa perlu takut keganggu sama pengunjung lainnya. Dan betul banget, asyik banget main di pantai sambil makan otak-otak dan pempek. 😀

  1. Saya pernah tiga kali ke Bangka karena kebetulan juga Papa asli orang sana (di Sungailiat), tapi belum satupun dari kelima pantai ini yang pernah dikunjungi. Saya cuma pernahnya ke Pantai Matras, Tanjung Pesona, Pasir Padi, dan Pantai Batavia.

    Saya suka pantai-pantai di Bangka, masih asri, dan gak penuh seperti cendol kayak pantai-pantai di kawasan wisata di Jawa hehe.

    • Aku juga pernah berkunjung ke Pantai Matras dan Pantai Tanjung Pesona. Sayang, lupa banget fotonya entah di mana. 🙁
      Dan betul banget, pantai di Bangka masih asri, belum banyak pengunjung, jadi bisa eksplorasi banyak. Tapi, kayaknya bakalan lebih seru kalau pengelola menyediakan fasilitas water activity yang lengkap, ya. Jadi pengunjung enggak cuma menikmati pantai dari pesisirnya saja.

  2. Pantai rambak cantik bangeeeet. Belum pernah ke Bangka, cuma ke Belitung aja. Kyknya seru main di tepi pantai sambil ngemil martabak Bangka ?

    • Pantainya sepi pula, enak kalaau mau bersantai. Hehehe. Sebenarnya masih ada banyak pantai cantik yang bisa dikunjungi di Bangka. Saya juga gak sabar mau menjelajahnya satu per satu. 🙂

  3. Kalau ke pantai nggak bakalan bosan berapa kalipun ke sana, heheh. Kalau dari fotonya jadi tergiur untuk pergi ke Bangka. Tapi kapan ada kesempatan yak 😌

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.