Selain Traveling, Ternyata Banyak Masyarakat Indonesia Berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia

692
Selain Traveling, Ternyata Banyak Masyarakat Indonesia Berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia

Selain Traveling, Ternyata Banyak Masyarakat Indonesia Berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia –  Untuk kamu yang pernah mengunjungi Malaysia, mungkin kamu sudah tahu kalau ada banyak banget hal menarik di Malaysia.

Kalau dari segi tempat wisata, kamu bisa main ke Batu Caves, Menara Kembar Petronas, hingga Legoland. Lalu untuk makanannya, jangan sampai melewatkan Nasi Lemak dan Ayam Percik.


Namun, selain itu, ada hal yang bisa diunggulkan dari Malaysia, yakni soal pelayanan kesehatan dan fasilitas medisnya. Faktanya, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan mereka berobat.

Dari sekian banyak rumah sakit yang dikunjungi pasien Indonesia di Malaysia, Island Hospital Penang menjadi salah satu rumah sakit favorit.

Tiap harinya, ada sekitar 800 orang pasien asal Indonesia yang berobat ke sana. Semua pasien yang berasal dari Indonesia tersebut akan dilayani oleh 50 dokter spesialis yang telah berpengalaman menangani berbagai penyakit. Mulai dari masalah jantung, pencernaan, mata, penyakit saraf, sampai penyakit yang berhubungan dengan tulang belakang. 

Lalu, mengapa begitu banyak masyarakat Indonesia berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia? Ini 3 alasan utamanya.

Selain Traveling, Ternyata Banyak Masyarakat Indonesia Berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia

1Biaya Berobat yang Terjangkau

Selain Traveling, Ternyata Banyak Masyarakat Indonesia Berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia

Saya sempat punya pemikiran kalau biaya berobat ke luar negeri itu jauh lebih mahal dibandingkan berobat di Indonesia. Namun, ternyata saya keliru.


Di Island Hospital Penang, biaya konsultasi dengan dokter spesialis berkisar dari RM80 -RM300 atau sekitar Rp280.000 – Rp1 juta.

Selanjutnya ada biaya medical check up yang memiliki kisaran antara RM680 atau setara dengan Rp2.300.000.  Sementara itu, biaya kamar mulai dari RM100 – RM500 yang setara dengan Rp350.000 – Rp1,7 juta saja. Hmm… kalau dipikir-pikir, kisaran biayanya enggak jauh beda ya dari Indonesia.

Berkaitan dengan biaya lain, misalnya biaya operasi, cek laboratorium, dan memasang ring jantung bisa ditanyakan ke kantor perwakilannya, BerobatKePenang.com. Soalnya, biaya seperti itu seringkali berubah-ubah dan bersifat enggak tetap.


2Akses yang Mudah

Sumber foto: Photo by Sourav Mishra from Pexels

Saat ini ada banyak penerbangan langsung dari kota-kota besar di Indonesia ke Penang, seperti dari Aceh, Medan, Jakarta, dan Surabaya. Harga tiketnya pun cukup terjangkau. 

Tapi, kalau enggak ada penerbangan langsung gimana, ya? Tenang aja, kamu bisa transit di Medan, Jakarta, atau Kuala Lumpur terlebih dahulu. 

Baca juga: Menjelajahi Angkor Wat Hingga Lokasi Shooting Tomb Raider

Nah, hampir semua kota di Indonesia punya penerbangan langsung ke Jakarta atau Kuala Lumpur, jadi dari mana pun aksesnya gampang. 

Sampai di bandara Penang, kamu bisa meminta fasilitas jemputan bandara ke RS dan fasilitas ini pun enggak dikenakan biaya. Syaratnya, kamu cukup booking slot jemputan bandara 3 hari sebelum kedatangan. Caranya mudah, cukup hubungi tim perwakilannya di Indonesia.


3Dokter Senior yang Ramah

Fakta lain yang bikin saya cukup tercengang, nyatanya dokter yang praktik di Island Hospital Penang rata-rata memiliki setidaknya 23 tahun pengalaman, lho! Ya ampun, usia praktik mereka bahkan enggak jauh beda sama umur saya! 

Makanya, enggak heran, mereka telah menangani begitu banyak kasus yang berbeda dan tahu persis bagaimana cara melayani pasien, khususnya pasien asal Indonesia. 

Baca juga: 5 Tips Liburan Bersama Orangtua Supaya Nyaman dan Menyenangkan

Dokter yang ramah dan mau mendengarkan keluhan pasien dengan seksama menjadi alasan penting mengapa pasien mau jauh-jauh datang kemari. Wihh… keren juga, ya.

Oh ya, apabila ada keluarga, kenalan, atau siapa pun itu yang butuh untuk untuk berobat ke Island Hospital Penang, Malaysia ini, kamu bisa menghubungi kantor perwakilan mereka yang akan membantumu untuk

  • memberikan referensi dokter spesialis,
  • mengecek jadwal dokter,
  • membuatkan appointment/janji ketemu, hingga
  • mengatur jemputan bandara.

Jika semua persiapan untuk rumah sakit sudah beres, sekarang tinggal membeli tiket pesawat. Kamu bisa coba cek harga di berbagai maskapai seperti AirAsia dan Citilink. 

Hal yang enggak kalah penting adalah pastikan paspor yang kamu miliki masih berlaku lebih dari 6 bulan. Ini penting untuk diingat guna menghindari masalah terkait dengan pihak imigrasi.

Baca juga: Jatuh Cinta dengan Dunia Bawah Laut Gara-gara Ocean Gallery di S.E.A Aquarium Singapura

Terakhir, kalau berobat ke Island Hospital Penang, menginap di mana, ya? Nah, kalau memilih untuk menginap di dekat hotel, kamu bisa memilih Mei Hotel Penang yang memiliki jarak sekitar 1,6 km saja.

Silakan simpan informasi ini, ya. Siapa tahu bisa bermanfaat untuk kamu atau kenalan kamu di kemudian hari. 

Have a good day, temen-temen!


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.