Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja?

423
Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Tebing Keraton di waktu pagi.

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja? – Bandung selalu menjadi pilihan saya yang sering penat dengan kemacetan ibu kota. Biasanya, kalau ke Bandung, bisa menghabiskan waktu seharian penuh. Pergi subuh, pulangnya malam. Jadi, enggak perlu menginap.

Saya menyukai Bandung karena tempat ini menawarkan beragam hiburan. Mulai dari melihat pemandangan di ketinggian, nongkrong di cafe unik yang lagi hits di kalangan anak muda, mau belanja oleh-oleh juga bisa.


Kalau kamu berencana untuk melarikan diri sejenak dari Jakarta, yuk liburan satu hari di Bandung. Berikut ini beberapa tempat yang biasanya saya datangi selama searian penuh.

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja?

1. Tebing Keraton

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Dulu, Tebing Keraton ini enggak ada pagar pembatasnya, lho!

Tempat pertama yang wajib dikunjungi kalau mau liburan satu hari di Bandung adalah Tebing Keraton. Tempat wisata yang berarti Kemegahan Alam ini terletak di daerah Dago Pakar. Di sini, pengunjung bisa melihat indahnya alam Bandung dari ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Waktu ke sana bersama dua orang teman, kami harus memarkirkan mobil di lahan yang tersedia. Kemudian, kami harus berjalan kaki atau naik ojeg sekitar 2 kilometer lagi.

Karena takut “digetok”, kami nekat jalan kaki hingga menuju pintu masuk Tebing Keraton, yang mana berakhir dengan penyesalan. Hahaha. 😀

Baca juga: Wisata ke Tebing Keraton Bandung


Jauh banget ternyata! Selain itu, jalanannya rusak, masih berbatuan, dan nanjak banget! Kami pun enggak mau mengulangi kesalahan yang sama. Pulangnya, kami lebih memilih untuk menumpang ojeg hingga kembali ke tempat parkir.

Kalau dari awal tahu rutenya agak berat, seharusnya kami persiapan fisik terlebih dahulu. Jika ingin menggunakan ojeg, lebih baik saat menuju Tebing Keraton saja demi menghindari rasa lelah saat menanjak. Pulangnya baru jalan kaki, karena menurut saya jalanan menurun enggak terlalu melelahkan.


2. Taman Hutan Raya Juanda

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Taman Hutan Raya Juanda yang Instagrammable banget.

Perjalanan pun dilanjutkan ke Taman Hutan Raya Juanda. Tempat ini juga cocok banget dijadikan destinasi liburan satu hari di Bandung apabila kamu ingin menikmati alam yang hijau dan sejuk.

Ada beberapa objek wisata di dalam Taman Hutan Raya Juanda, misalnya Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas Maribaya, Penangkaran Rusa, dan masih banyak lagi. Di sini, selain jalan-jalan santai, kamu juga bisa bersepeda atau bahkan camping.

Waktu itu saya ke sini untuk foto-foto sekalian berkeliling sebentar saja. Soalnya, hari sudah semakin siang dan perut mulai kelaparan!


3. Armor Kopi

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Suka banget dengan nuansa alam di Armor Kopi Bandung ini.
Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Siapa sih, yang bisa nolak cireng dan teh susu?

Lokasi Armor Kopi ini enggak jauh dari Taman Hutan Raya Juanda, jadi sempatkanlah untuk singgah sejenak sembari bersantai.

Di Armor Kopi, pengunjung bisa memesan beragam makanan atau minuman yang enak-enak! Favorit saya adalah Cireng Rujak, Pisang Goreng Keju, dan Teh Susu.

Baca juga: Ambrogio Patisserie, Tempat Nongkrong Kekinian Baru di Bandung

Bayangin deh, nikmatnya mengisi perut di tengah Bandung yang sejuk, dikelilingi pepohonan pinus yang menjulang tinggi, dan diselipi obrolan-obrolan menarik bersama teman. Kurang nyaman apa coba liburan satu hari di Bandung?


4. Restoran Kampung Daun

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Kampung Daun menyediakan beragam makanan Sunda penggugah selera.

Belum puas makan cireng dan pisang goreng, kami pun menuju Restoran Kampung Daun untuk makan siang. Restoran ini luas banget dan dikelilingi banyak tanaman.

Tempat makannya pun berbentuk saung-saung, di mana pengunjung bisa menikmati makanan mereka sambil duduk lesehan.

Baca juga: Pertama Kali Coba Lenggang Panggang Pempek Dempo Bandung

Salah satu menu spesial yang kami cicipi adalah Nasi Liwet. Saat melihat menu, awalnya saya pikir harganya a lil’ bit pricey. Namun, ketika makanan yang dipesan telah terhidang di atas meja, saya sadar kenapa harganya agak mahal. Porsinya banyak banget soalnya!


5. Farm House Susu Lembang

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Farm House Susu Lembang merupakan sarana rekreasi yang cocok banget untuk keluarga.
Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Berfoto di salah satu spot yang paling ramai di Farm House Susu Lembang.

Destinasi liburan satu hari di Bandung selanjutnya yang saya kunjungi adalah Farm House Susu Lembang. Dengan membayar tiket masuk, kamu bisa mendapatkan segelas susu untuk dinikmati sembari berkeliling.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini adalah berfoto di depan Rumah Hobbit, bermain bersama beberapa hewan seperti biri-biri dan kelinci, menyewa kostum dan berfoto di depan rumah bergaya Eropa, hingga berfoto di berbagai spot menarik di sini.

Meski Farm House Susu Lembang ini lebih cocok dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga, kalau dikunjungi bersama teman-teman juga enggak kalah seru, kok.


6. Saung Angklung Udjo

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Tempat favorit saya di Bandung: Saung Angklung Mang Udjo.
Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Senangnya bisa main angklung lagi!

Senangnya saya bisa mampir ke Saung Angklung Udjo ini! Dulu waktu SD, saya pernah ikut ekskul Musik dan angklung menjadi salah satu alat musik yang saya dipelajari. Makanya, saya excited banget waktu ke sini.

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo ini adalah Rp60.000. Tiket masuknya berbentuk kalung angklung yang gemesin banget!

Baca juga: Sate Gendong, Kuliner Enak di Dusun Bambu Bandung

Waktu itu saya menonton pertunjukkan pukul 15.30 dengan durasi sekitar 1,5 jam. Bukan cuma menyaksikan pertunjukan angklung, penonton juga disuguhkan beragam kebudayaan lain, yang salah satunya adalah tarian.

Di akhir pertunjukkan, masing-masing penonton dipinjami angklung untuk praktik langsung. Di depan, ada seorang perempuan yang memandu semua penonton untuk membunyikan angklung. Seru bangeettt! Rasa kangen saya terobati, deh. 😀

Berikut ini jadwal pertunjukkan di Saung Angklung Udjo:

Setiap hari
Bambu Sore: 15.30 – 17.00 WIB

Sabtu
Bambu Siang: 13.00 WIB
Bambu Sore: 15.30 WIB

Minggu
Bambu Siang: 13.00 WIB
Bambu Sore: 15.30 WIB


7. Sudirman Street

Liburan Satu Hari di Bandung, ke Mana Saja
Sate Babi Wibisana di Sudirman Street ini memang juara banget, deh!

Mari menutup liburan satu hari di Bandung dengan berwisata kuliner di Sudirman Street. Pilihan makanannya beragam banget. Saya sendiri sampai bingung mau makan apa. Hehehe ?

Akhirnya, saya mencicipi satu porsi Sate Babi Wibisana, yang ternyata enak banget! Dagingnya tebal, empuk, bumbu kecapnya begit terasa, dan makin lezat kalau dicocol dengan sambal.

Rekomendasi kuliner lainnya di Sudirman Street ini adalah Baso Tahu Siomay 33, El Paso, Sate Alor, Pinky Porky, Happy Time, King Crab, sampai Lumpia Duren 888.

Baca juga: Kekenyangan Gara-gara Cobain Kuliner Lezat Dusun Bambu Bandung Ini

Sudirman Steet ini memang ramai pengunjung, tapi tetap asyik buat nongkrong. Tempat duduk yang tersedia juga banyak.

Oh ya, jangan lupa jalan kaki sedikit ke Jalan Cibadak. Di sana ada tenda-tenda makanan yang enggak kalah enak. Waktu itu pengin mampir beli Martabak Andir, eh apa daya perutnya udah enggak muat. ?

Mengunjungi tempat-tempat di atas saat liburan satu hari di Bandung pastinya puas banget, dong. Apalagi, destinasinya cukup lengkap. Bukan cuma menjelajah alam saja, melaninkan memuaskan perut dengan segenap kuliner enak yang bikin nagih.

Oh ya, saya pnya cerita-cerita lainnya di Bandung. Mislanya, mampir ke Dusun Bambu Family Leisure Park dan nyobain 4 menu ini, ngopi di Yellow Truck Coffee & Tea, sampaimakan seafood sepuasnya di HDL 29 Cilaki!

Tunggu cerita menarik lainnya dari Bandung, ya! Duh, jadi pengin liburan ke sana lagi, deh. 😀


18 KOMENTAR

  1. Uwaaa seharii aja bisa ke banyaak tempat yaa mbaak. Bookmark duluu yaak, pengen bangeet maen ke Bandung. Belum pernah explore bandung soalnya hehehe tfs yaa 🙂

    • Iyesss, betul banget! Perginya wajib dari subuh, biar sampai di sana bisa sunrise-an di jalan atau di beberapa sunrise view point di Bandung. Terus lanjut sarapan di sana, deh. Hehehe. Thanks for paying visit as well 😀

  2. Taman Hutan Raya Djuanda tuh keren banget. Kayaknya bisa si sana hampir seharian deh. Apalagi kalau tracking keluar masuk hutan. Saya pernah jalan kaki dari dekat Dago, keluarnya dekat Lembang. Rame-rame sih, jadi seru.

    • Wah aku belum pernah ke sana. Kalau gak salah cuma sempat lewatin aja. Next time ke Lembang mungkin bisa mampir. Seru kali ya, bosa metik sekaligus makan stroberi langsung di sana. ??

  3. Bandung juga macet, kaaakkk. Ahahaha.

    Aku kalo weekend dan lagi sakau liburan, biasanya staycation 2 malem di hotel instagrammable Bandung. Cobain sesekali nginep di Bandung deh. Hotelnya lucu-lucu, harganya murah-murah. Tempat pertama sampai ketiga pas banget dijadikan satu itinerary karena memang 1 kawasan. Pas pertama ke Tebing Keraton tahun 2014 aku juga jalan kaki dari bawah lho kak, bukan dari lahan kosong itu. Waktu itu nyampe pagi-pagi sekitar jam 3 atau 4.

    Farmhouse menurutku salah satu tempat wisata Bandung yang overexpected. Tiket masuknya mahal, jalannya macet, kompleknya kecil dan isinya gitu doang. Nothing special.

    • Wah iya nih, kalau lagi bosen di Jakarta, pengin staycation di tempat yang deket-deket aja, salah satunya Bandung. Mungkin sambil ngejer deadline di suasana yang berbeda kali ya. Hehehe. ??

      Wah jalan kaki juga dari bawah ke Tebing Keraton. Lumayan ya, ngos-ngosan.

      Nah, Farm House emang ramenya kebangetan. Happy sih waktu ke sana, cuman nggak terlalu enjoy saking padatnya sama orang-orang. Satu yang saya suka, di sana banyak tempat foto lucu. ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.