7 Aplikasi di Smartphone yang Bikin Traveling Makin Mudah dan Asyik

1099
7 Aplikasi Traveling yang Wajib Kamu Install di HP

7 Aplikasi Traveling yang Wajib Kamu Install di HP Year-end is coming! What are you gonna do? Di tahun pertama saya bekerja, saya tetap masuk di kala rekan-rekan sekantor kebanyakan sudah mulai pulang kampung satu per satu. Yang tersisa, hanyalah anak-anak baru yang belum punya jatah cuti. Di tahun kedua, bersyukur bisa melewati akhir tahun bareng teman-teman dan keluarga, meski hanya sekadar makan malam dan tukar kado.

Tahun ini, saya sudah mulai disibukkan dengan menjadi volunteer IndonesianYouth Conference 2017, acara anak muda yang saya tunggu-tunggu banget. Kepikiran deh, kayaknya habis acara itu selesai, pengin traveling ke berbagai destinasi yang udah ada di bucket-list sejak lama. Salah satunya pengin ke Bangkok lagi.


Baca juga: 5 Tips Memotret di Tempat Wisata yang Penuh Keramaian

Nah, kalau traveling ke luar negeri, kadang-kadang kan persiapannya ribet banget. Mulai dari menyiapkan itinerary, barang bawaan, menukar uang, dan sebagainya.

That’s why, ada 7 rekomendasi aplikasi traveling di smartphone yang bisa bikin jalan-jalan makin mudah, asyik, dan seru. Siapa tahu kamu udah install salah satu aplikasi di bawah ini.

7 Aplikasi di Smartphone yang Bikin Traveling Makin Mudah dan Asyik

1. Packing Pro

“Sandal gunung, sudah… sunblock, sudah. Kacamata hitam juga sudah. Apa lagi yang belum, ya?” Pemikiran ini sering banget didapatkan pas lagi packing.

Rasanya sulit banget mengingat-ingat barang apa lagi yang sudah atau seharusnya dibawa saat traveling ke luar negeri. Kalau saya sih, paling sulit memutuskan harus bawa berapa baju dan celana. Habis mikirnya, ah… baju ini bisa dipakai sampai malam, ah… celana ini bisa dipakai dua hari, atau bawa pakaian dalam segini cukup enggak, ya? Hahaha.

Untungnya ada aplikasi traveling bernama Packing Pro yang memudahkan pengguna untuk membuat daftar dan memeriksa barang yang ingin dibawa. Jadi, enggak takut kurang bawa pakaian atau ada bawaan yang ketinggalan.

2. Tripadvisor

Seringnya, saya bingung banget mau jalan-jalan ke mana ketika mengunjungi destinasi baru, termasuk menginap di mana. Salah satu aplikasi traveling yang saya andalkan adalah Tripadvisor yang bisa memberikan rekomendasi tempat mana aja yang wajib dikunjungi.

Setiap tempat pun memiliki foto, deskripsi fasilitas, harga, hingga peta lokasi. Adapula rating dari para pengguna aplikasi yang bisa membantu kamu menentukan pilihan. Dengan begitu, kamu enggak akan bingung ketika ingin mampir ke suatu tempat.

3. Google Translate

Kalau pergi ke negara yang orang-orangnya menggunakan bahasa Inggris, sepertinya kamu enggak terlalu kesulitan untuk berkomunikasi dengan mereka. Namun, ada kalanya kamu pergi ke tempat-tempat di mana masyarakatnya kesulitan menggunakan bahasa Inggris. Jepang dan Prancis, misalnya.

Baca juga: Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau

Daripada liburan kamu jadi enggak menyenangkan gara-gara susah berkomunikasi dengan masyarakat lokal, pastikan sebelum berangkat, kamu sudah download Google Translate. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyampaikan apa yang kamu maksud kepada masyarakat lokal di tempat tujuan liburan.

4. XE Currency

Seperti yang sudah disebut di atas, saya pengin banget ke Bangkok lagi. Ngapain, sih? Belanja.

Waktu dulu ke Bangkok dan belanja banyak Pratunam Market, beberapa kali saya buka kalkulator di smartphone dan selalu mencari tahu lebih dulu berapa harga baju atau apapun yang ingin saya beli di sana. Kadang merasa repot, sih.

Terus, baru tahu ada XE Currency yang bisa membantu untuk mengetahui jumlah mata uang asing. Jadi, saya enggak enggak perlu repot-repot membuka kalkulator hanya untuk mengalikan rupiah dan baht.

5. Navmii

Aplikasi navigasi yang bisa didapat gratis di Android dan iOS ini mirip banget kayak Google Maps. Asyiknya, Navmii bisa dioperasikan tanpa internet sama sekali, lho.

Ada beberapa peta gratis di aplikasi traveling ini, tapi ada pula yang memerlukan biaya tambahan untuk mendapatkannya. Jadi, pastikan peta tujuan liburanmu sudah tersedia di aplikasi ini, ya.

6. Expensify

Mencatat pengeluaran saat traveling sebenarnya perlu banget! Apalagi, kadang saya anaknya boros banget. Beli ini, beli itu, makan ini, makan itu, keluarin uang buat transportasi ini itu, tiba-tiba uang yang tersisa tinggal dikit. Alhasil, pasti selalu bertanya-tanya ke diri sendiri, tadi uangnya buat apaan aja, ya?

Well, ternyata ada aplikasi Expensify yang berguna untuk mengetahui uang yang digunakan tuh untuk keperluan apa saja. Caranya, tinggal scan semua struk, lalu aplikasi traveling ini akan menampilkan total pengeluaran yang sudah dihabiskan.

7. Jet Lag Rooster

Perjalanan terjauh saya hanya sebatas Benua Asia. Saya belum pernah menginjakkan kaki ke benua-benua lain dan merasakan yang namanya jet lag.

Tapiiii, buat yang pernah bepergian jauh, mungkin saja kamu akan mengalami jet lag di mana siklus tidur kamu kacau karena zona waktu yang berbeda. Tanpa disadari, kualitas tidur pun jadi terganggu.

Baca juga: Pengalaman Naik Joglosemar Semarang-Yogyakarta

Coba deh install Jet Lag Rooster yang bisa membantu mengatasi jet lag. Caranya, masukkan lokasi asal, tempat tujuan, tanggal perjalanan, juga jam tidur normal. Nantinya, aplikasi traveling ini bakal mengatur kapan waktu yang tepat guna menyesuaikan siklus tidur kamu. Keren juga.

Kalau kamu wajib install aplikasi apa, sih, selama traveling?


*) Konten artikel ini pernah dipublikasikan di Bukalapak.com dengan judul asli Mau Traveling? Jangan Lupa Pasang Aplikasi Ini di Handphone Kamu

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.