3 Kuliner Nusantara dengan Desain Label Makanan Menarik

Jun 15, 2021

3 Kuliner Nusantara dengan Desain Label Makanan Menarik – Kalau dipikir-pikir, ternyata saya punya kebiasaan untuk “ngeracunin” orang-orang sekitar untuk cobain makanan yang menurut saya enak. Misalnya, saya beli makanan tertentu lewat pesan antar online, nah, satu rumah mesti cobain apa yang saya makan. Kalau mereka suka, Puji Tuhan. Kalau nggak, ya jadi pelajaran aja lain kali mungkin bisa coba menu lainnya.

Nyatanya, kebiasaan itu juga terjadi ketika sedang traveling. Hampir jarang saya nggak wisata kuliner kalau lagi jalan-jalan, malah kegiatan itu wajib banget dilakuin. Nah, kalau pas lagi ketemu makanan atau kuliner nusantara yang enak, saya pasti kepengin jadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

Kalau dibungkus atau dibawa pulang, kadang saya suka perhatiin desain label makanan mereka. Ada yang packaging-nya memang sengaja dibuat untuk yang pengin jadiin makanannya sebagai oleh-oleh, ada yang desainnya unik dan kepengin share di media sosial, wah … beragam banget!

Seenggaknya, ada 3 kuliner nusantara dengan desain label makanan menarik versi saya. Bukan desainnya aja yang unik, rasanya pun ciamik!

3 Kuliner Nusantara dengan Desain Label Makanan Menarik

1. Gudeg Yu Djum

Kangennya sama Yogyakarta! Gudeg Yu Djum kayaknya nggak pernah saya skip kalau lagi main ke kota ini. Jadi inget deh, dulu sebelum ngejar travel ke Semarang, sampai bela-belain nyempetin makan gudeg ini di daerah Wijilan. Untuk nggak ketinggalan travel.

Enaknya, Gudeg Yu Djum punya banyak cabang. Saya pernah datang ke cabang pusat dan membeli sepaket gudeg yang dikemas di dalam besek. Desain label makanan pada kemasan cukup menarik karena ada gambar mending Yu Djum yang semakin menonjolkan brand kuliner khas Jogja ini.

Saya juga pernah ke salah satu cabangnya di dekat Bandara Adi Sutjipto. Kalau di cabang ini, packaging takeaway-nya menggunakan kardus tebal yang saya rasa cukup aman. Yang menarik, pembeli juga diberi informasi mengenai sejarah, cara penyajian, juga cara penyimpanan Gudeg Yu Djum ini. Bisa jadi added value untuk usaha kuliner ini, lho!

Oh ya, Gudeg Yu Djum juga memiliki produk produk gudeg kaleng dengan ragam rasa, seperti Ceker Ayam & Tahu, Ati Ampela Ayam & Tahu, Kepala Ayam & Tahu, juga Krecek. Sebenernya penasaran juga sama gudeg kaleng ini, tapi sayang waktu itu belum sempat cobain.


2. Tahu Baxo Bu Pudji

Tahu Baxo Bu Pudji is a real definition of jatuh cinta pada gigitan pertama. Bisa dibilang, ini adalah kuliner nusantara favorit saya selama berada di Semarang. Saya sengaja bawa pulang oleh-oleh ini supaya keluarga di rumah bisa cicip. Senangnya karena ternyata mereka juga suka!

Baca juga: 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen dan Lapar

Oh ya, kalau melihat desain label makanan pada box kemasannya, saya suka warna hijau di semua sisi. Konsisten banget dengan branding usaha kuliner ini.

Kemudian, selain ada foto pemilik, pada kemasan juga terdapat gambar tahu bakso tersebut sehingga pembeli pun bisa mengetahui bagaimana bentuk makanan tersebut. Desainnya nggak macem-macem, tapi khas dan gampang diingat.


3. Nasi Campur Kakkk, Ayam Geprek!!!

Dulu, kalau mau cobain Nasi Campur Kakkk, Ayam Geprek!!! (KAG) ini cuma bisa di Surabaya dan sekitarnya. Pas tahu buka cabang di Tangerang, wah… happy-nya bukan main! Ada dua menu yang cukup bikin penasaran.

Pertama, Nasi Campur KAG yang gambarnya ada di atas. Ini adalah nasi dengan ayam geprek, lawar, kering kentang, telur bumbu kuning, sambal matah, sambal embe, juga kuah kuning. Desain label makanan menu ini juara banget! Pakai paper rice box yang bahannya lebih tebal dan aman banget kalau mau nuangin kuah kuning ke atas nasi.

Pada packaging-nya tertulis Nasi Campur KAG, lengkap dengan akun Instagram usaha kuliner ini. This is smart, I guess. Untuk pembeli yang mencicipi makanan ini dan suka, bisa langsung ter-encourage untuk share di media sosial dan mention akun KAG juga.

Kedua, Gentai alias Geprek Mentai. Rasanya nggak main-main, meski belakangan kalau order entah kenapa saus mentainya jadi asin banget. Nggak pernah bosen makannya! Desain label makanan menu ini juga oke, lho. Ditempel stiker berbentuk lingkaran dengan nama dan gambar menunya. Bisa ditiru, nih.

Nah, itulah dia 3 kuliner nusantara dengan desain label makanan menarik yang sering jadi perhatian saya kala wisata kuliner. Saya setuju banget kalau urusain desain packaging adalah hal penting yang perlu dapat perhatian para pemilik usaha. Mengapa? Sebab desain yang baik juga akan memperkuat brand usaha dan meningkatkan pengalaman para pelanggan.

Untuk teman-teman yang mungkin saat ini sedang mencari jasa desain label makanan, bisa coba menggunakan Fastwork, ya. Fastwork adalah situs freelance online yang menyediakan berbagai jasa dalam 70 kategori berbeda, termasuk desain label makanan. Untuk info selengkapnya bisa dilihat di https://fastwork.id/packaging/label, ya.

Sintia Astarina

Sintia Astarina

A flâneur with passion for books, writing, and traveling. I always have a natural curiosity for words and nature. Good weather, tasty food, and cuddling are some of my favorite things. How about yours?

More about Sintia > 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.