5 Tips Memilih Penginapan Buat yang Pengin Solo Traveling

5 Tips Memilih Penginapan Buat yang Pengin Solo Traveling

5 Tips Memilih Penginapan Buat yang Pengin Solo Traveling – Mendekati penghujung tahun, mungkin kamu salah satu yang sudah merencanakan liburan. Sudah mulai memesan tiket pesawat, tiket kereta, sampai book penginapan supaya enggak kehabisan.

Jujur, kalau saya sih jarang banget book tiket transportasi atau penginapan jauh-jauh hari lantaran sulit banget melakukan perencanaan atau mengatur waktu. Tapiii… book dari jauh-jauh hari sebenernya perlu dilakukan lho, apalagi di high season menjelang akhir tahun nanti.

Baca juga: Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam

Nah, buat kamu yang lagi cari penginapan, ada 5 tips memilih penginapan yang aman dan nyaman selama liburan, supaya kamu enggak salah pilih.

1. Keamanan nomor satu

Well, keamanan dan kenyamanan selama liburan selalu menjadi prioritas saya selama liburan. Apalagi, sekarang-sekarang ini lagi beraniin diri untuk jadi solo traveler. That’s why kalau memilih penginapan, bakalan lebih detail. Hal utama yang saya cari adalah penginapan dengan kamar mandi dalam, soalnya ini bikin saya merasa lebih secure.

Sedikit cerita, saya pernah punya pengalaman enggak enak waktu memilih penginapan (will not mention it) di Yogyakarta. Waktu itu, saya liburan berdua bareng teman. Kami memilih kamar tidur yang kamar mandinya di luar. Salahnya, kami enggak terlalu memerhatikan keadaan sekitar, juga keamanan di lokasi penginapan.

Baca juga: 5 Tips Memotret di Tempat Wisata yang Penuh Keramaian

Intinya, kamar mandi luar ini letaknya memang di pojokkan penginapan. Bagian ambang atas pintu ini memang terbuka dan enggak dilapisi fiber atau penutup semacamnya. When we were taking a bath in the morning, someone did a shit. He put his phone on it, tried to capture or record us (idk), I caught him and hid in the corner, he was gone, and hopefully everything was freakin’ okay at that time.

Jelas aja abis itu saya dan teman ngadu ke yang jaga penginapan and surprisingly he did nothing like yeah… nothing happened. Saya jadi mikir yang macam-macam, jangan-jangan pihak penginapan tahu soal ini, mereka sekongkol, apa gimana, enggak ngerti deh. Cuma bisa kasih saran aja sama yang jaga penginapan supaya kamar mandi bener-bener ditutup dan enggak perlu dikasih celah, even dari kamar mandi yang satu ke sebelahnya.

Baca juga: Pengalaman Naik Joglosemar Semarang-Yogyakarta

Keamanan di penginapan ini sama sekali enggak oke. Pas diperhatiin lagi, well, ternyata (even orang yang enggak menginap) emang gampang banget buat keluar masuk penginapan ini.

I actually got trauma (but thank God it has no unwanted impact on my trip) and from that time I swear that I need to be more careful than ever, especially I’m a girl.

Selama solo traveling, bukan cuma keamanan diri sendiri aja lho, yang perlu dijaga, tapi juga barang-barang bawaan. Lebih baik enggak meninggalkan barang berharga seperti laptop, kamera, ponsel, dan dompet di kamar. Kalau perlu, travel bag kamu juga diletakkan di loker dan digembok supaya lebih aman.

2. Jangan memaksakan budget

Tips memilih penginapan selanjutnya berkaitan dengan budget. Ya, enggak dimungkiri, budget menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat sedang berlibur. Saat memilih hotel atau penginapan, jangan lupa tentukan budget yang akan dikeluarkan. Lalu, sisihkan uang tersebut, jangan sampai tercampur dengan uang yang akan digunakan untuk keperluan lain. Misalnya untuk makan atau beli oleh-oleh.

Baca juga: 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen

Banyak yang bilang, “Penginapan enggak perlu mahal-mahal, ah. Kan buat tidur doang”. Memang sih, benar. Tapi kalau kamu memiliki kualitas tidur yang baik di penginapan yang bikin kamu nyaman pas beristirahat, tentu aja momen traveling-mu bakalan lebih seru. Badan bakalan lebih segar, mood juga bakalan lebih baik.

3. Pilih lokasi penginapan yang dekat destinasi wisata

Mengapa? Supaya kamu bisa menghemat biaya transportasi kalau hendak pergi ke tempat-tempat wisata. Ketimbang memilih penginapan murah tapi jauh dari destinasi wisata, bisa jadi makan biaya lebih untuk ongkos perjalanan.

Baca juga: Wat Arun, Wisata Sejarah Murah di Bangkok

Pilihlah juga yang akses transportasinya mudah bila memungkinkan, jadi kamu juga bisa merasakan gimana rasanya jadi masyarakat lokal yang seringnya menggunakan transportasi umum bila bepergian. Entah becak, bentor, bus umum, atau jalan kaki sekalipun.

Oh ya, penting juga diingat, pilihlah lokasi yang ramai dikunjungi wisatawan lain. Again and again, it’s about your safety.

4. Punya fasilitas yang menunjang kebutuhan

Saya pernah menginap di hostel yang harganya relatif murah, tapi fasilitasnya terbilang lengkap. Hanya bayar Rp80 ribu per orang per malam, saya bisa dapat loker untuk menyimpan barang-barang, kamar mandi dalam, dapat makan pagi, ada AC, Wi-Fi gratis di lobby hostel, bisa menggunakan komputer untuk browsing juga, aksesnya mudah, dan pelayanannya juga 24 jam. Bahkan, mereka nyediain selimut dan handuk bersih. Enak, kan?

Baca juga: Mampir ke Belinyu, Jalan-jalan ke Mana Saja?

Tapi untuk kamar mandi lobby agak angker, ya. Hahaha. Apalagi, lampunya temaram banget dan unsur kayu dominan banget. Jadi ceritanya pas lagi buang air kecil di salah satu bilik (I didn’t know why saya pilih bilik paling pojok), tiba-tiba saya merasa mual, dada seperti berdesir. Lalu, mualnya hilang tiba-tiba.

Saya enggak punya pikiran aneh-aneh, apalagi parno waktu itu. Namun, begitu saya mengunjungi sebuah museum di dekat penginapan, saya melihat pakaian bekas perawat di zaman penjajahan dari balik kaca, tiba-tiba mualnya datang lagi. Tiba-tiba keinget kejadian di WC penginapan. Baru deh sadar, kayaknya ada “sesuatu”. 🙂

So, balik lagi, pastikan fasilitas tempat kamu menginap cukup menunjang kebutuhan selama liburan. Ingat, sesuaikan lagi dengan budget yang dimiliki, begitu juga kebutuhanmu. Semakin bagus fasilitasnya, semakin banyak pula uang yang akan dikeluarkan.

5. Cek ulasan pengunjung sebelumnya

Sekarang, udah banyak banget aplikasi atau travel company yang banyak memberikan sarana untuk mengulas hotel atau penginapan. Hal itu bisa dilihat dari rating star, fasilitas yang diberikan, harga yang ditawarkan, destinasi wisata terdekat, dan sebagainya. Jadi, kalau kamu ragu saat ingin book hotel atau penginapan, ada baiknya melihat ulasan di berbagai website atau aplikasi sebelumnya, ya.

Baca juga: 7 Aplikasi di Smartphone yang Bikin Traveling Makin Mudah dan Asyik

Itu dia tips memilih penginapan yang bisa kamu terapkan pas solo traveling. Memang, memilih penginapan itu susah-susah gampang, tapi tidak ada salahnya untuk memprioritaskannya supaya kamu tetap punya banyak energi yang disimpan dari istirahat berkualitas.

Jadiii, mau liburan ke mana lagi setelah ini? Ke mana pun itu, semoga berkesan dan menyenangkan, ya.

XOXO, logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *