Ingin Lakukan Perjalanan dengan Pesawat? Cek 5 Tips Ini Dulu, Yuk!

Dec 20, 2021

Ingin Lakukan Perjalanan dengan Pesawat? Cek 5 Tips Ini Dulu, Yuk! – Kapan terakhir kali kamu naik pesawat? Apakah sudah pernah naik pesawat lagi semenjak perjalanan dunia dibatasi? Sudah cek harga tiket pesawat terbaru di sini?

Jika belum pernah dan ingin kembali bepergian dengan pesawat, sudah boleh, kok! Namun tentu saja dengan beberapa hal dan ketentuan yang perlu kamu perhatikan dan ikuti untuk memastikan perjalanan yang aman untuk diri kita sendiri dan untuk orang lain.

Selama masa yang tidak pasti ini, peraturan kerap berganti, peraturan hari ini belum tentu sama dengan peraturan kemarin, persyaratan hari ini belum tentu sama dengan persyaratan esok hari. Karena itu, kamu harus pastikan untuk memeriksa beberapa hal sebelum merencanakan perjalanan.

Untuk kamu yang masih kebingungan dalam ketidakpastian, kamu bisa mulai dengan cek 5 tips ini dulu. Jangan terburu-buru, perhatikan dengan seksama agar dapat memahaminya dengan lebih sempurna.

Ingin Lakukan Perjalanan dengan Pesawat? Cek 5 Tips Ini Dulu, Yuk!

1. Menentukan Periode Perjalanan

Meskipun aturan kian berubah,  semuanya masih bisa kita coba perkirakan dengan meninjau periode perjalanan. Kamu bisa mulai dengan memantau jumlah kasus harian dan kemungkinan tanggal liburan yang bisa memicu pergerakan masyarakat dalam jumlah besar seperti hari raya atau liburan akhir tahun.

Biasanya, cukup banyak orang yang sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk pergi berlibur di tanggal merah, momen perayaan agama, perayaan pergantian tahun, serta kesempatan pada hari-hari kejepit. Kemungkinan besar, peraturan perjalanan akan berubah menjadi lebih ketat pada hari-hari tersebut! Jadi untuk kamu yang berniat untuk liburan ke luar kota atau bahkan luar negeri, sebaiknya hindari hari-hari tersebut, ya.

Namun, jika waktu liburmu memang hanya di hari itu, ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan aturan yang mungkin saja bisa berubah di hari keberangkatanmu! Selain itu, kamu juga bisa kok, menikmati waktu liburmu dengan perjalanan dalam kota. Mengunjungi rumah teman dan sanak saudara, menikmati hehijauan di beberapa taman dalam kota, atau staycation sejenak untuk ganti suasana.

2. Up-to-date Syarat Perjalanan dengan Pesawat

Setelah menentukan periode perjalanan, jangan lantas lupa hingga mendekati hari H, ya. Pastikan untuk terus memantau syarat perjalanan secara berkala, agar tidak terlalu kaget jika terjadi perubahan secara mendadak dan dapat segera mengatasinya.

Jika perubahan persyaratan berubah terlalu dekat dengan tanggal keberangkatanmu dan waktunya tidak mencukupi untuk kamu menyiapkan keperluan perubahannya, segera kontak perusahaan penerbangan yang kamu gunakan. Jelaskan situasinya kepada mereka dan berdiskusilah untuk mencapai solusi yang terbaik. Selama pandemi, kemungkinan besar para penyedia jasa sudah memiliki kebijakan mengenai hal seputar ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasinya dengan memilih layanan penerbangan yang menyediakan pilihan tiket penerbangan dengan tanggal yang fleksibel, seperti diantaranya layanan jaminan fleksibilitas perjalanan yang dimiliki oleh Qatar Airways. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir jika perlu mengubah tiket penerbangan sesuai situasi dan kondisi.

3. Ketahui Kondisi dan Persyaratan Kunjungan di Daerah Tujuan

Tak hanya persyaratan sebelum keberangkatan, kamu juga perlu memastikan syarat dan ketentuan yang diterapkan pada daerah atau negara tujuanmu. Apakah mereka mengharuskan karantina, biaya yang diperlukan, bagaimana tahapan swab PCR, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, pastikan untuk mengetahui setiap detailnya agar kamu tidak kebingungan ketika sudah sampai di tujuan.

Kamu bisa mempersiapkan semua kebutuhan tersebut jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Namun, kamu harus tetap siaga dan terus update dengan perubahan yang mungkin terjadi di daerah atau negara tujuanmu tersebut.

 4. Siapkan Hotel Karantina

Tak hanya pada daerah atau negara tujuan, kamu juga perlu menyiapkan hotel karantina di negara asal untuk keperluan kepulanganmu nanti. Mengingat situasi yang dapat berubah sewaktu-waktu, jangan sampai kamu tidak dapat slot karantina karena kepenuhan atau situasi tak terduga lainnya. Pastikan untuk membooking hotel karantina sebelum keberangkatanmu, atau beberapa hari sebelum kepulanganmu.

Ada baiknya juga untuk mencari pilihan hotel yang menerima booking tanggal inap fleksibel. Hal ini dapat mengurangi risiko kehilangan kamar inap dan uang booking jika terjadi hal tak terduga selama perjalananmu.

5. Siapkan Biaya Lebih

Bagi kamu yang ingin bepergian di masa pandemi, artinya kamu juga perlu untuk menyiapkan biaya perjalanan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting sebagai jaminan keperluan biaya jika kamu atau partner perjalananmu terpapar oleh Covid-19 dan mengharuskan kamu untuk menjalani perawatan di lokasimu berada.

Selain itu, biaya lebih juga dibutuhkan jika tiba-tiba kamu harus tertahan lebih lama dari rencana perjalanan akibat situasi yang berubah menjadi lebih genting.

Itulah kelima hal yang bisa kamu gunakan untuk mulai merencanakan perjalananmu menggunakan pesawat. Tentu saja kita semua ingin segera kembali pada kondisi di mana kita bisa berlibur ke mana saja dengan lebih bebas tanpa terlalu banyak batasan dan aturan.

Namun untuk saat ini, liburan atau perjalanan dengan pesawat akan jadi semakin lebih menyenangkan jika kamu sudah siap dalam berbagai hal, mulai dari keperluan berkas, hingga finansial.

Bagaimana? Sudah siap kembali menjelajah langit dunia? Semoga perjalananmu menyenangkan, ya!

Sintia Astarina

Sintia Astarina

A flâneur with passion for books, writing, and traveling. I always have a natural curiosity for words and nature. Good weather, tasty food, and cuddling are some of my favorite things. How about yours?

More about Sintia > 

1 Comment

  1. Cipu Suaib

    Setuju banget. Aturan PCR dan Antigen bisa berubah-ubah saat masuk di sebuah daerah. Saya pernah transit di sebuah kota provinsi yang ternyata tidak mensyaratkan tes lagi jika naik pesawat ke kota lain dalam provinsi tersebut. Eh aturan tersebut berubah lagi di kedatangan saya selanjutnya, ada aturan wajib antigen.

    Info kondisi dan persyaratan penerbangan harus yang paling update, kalau bisa ada salinan aturan setempat akan sangat membantu biar terhindar dari debat panjang dengan petugas di bandara

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.