Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan

Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - mie lokut

Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan – Enggak lengkap rasanya kalau enggak wisata kuliner saat liburan ke Bangka. Setelah mencicipi Bakmi Bangka paling enak dan murah meriah, kali ini saya mencoba untuk mencicipi makanan khas lainnya yang enggak kalah terkenal di Mie Lokut Bangka.

Menurut informasi yang saya dapat, si penjual sudah menjual bakmi bersama istrinya sejak 1982, lho. Wuihhh… belasan tahun sebelum saya lahir. Dulu, kedai bakmi ini hanya dibatasi oleh papan-papan kayu, tapi lihat sekarang, sudah lebih berkembang.


Awalnya, saya enggak ada rencana sama sekali mau mampir mengisi perut di Mi Lokut Bangka ini. Siang hari itu, saya dan Mama dalam perjalanan menuju Bandara Depati Amir karena kami harus mengejar penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Ketika melirik jam, eh sepertinya masih ada waktu untuk mampir makan. Dua saudara saya yang waktu itu hendak mengantar kami ke bandara pun akhirnya membanting setir ke tempat ini.

Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan

Wajib Coba! 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Terkenal - mie lokut
Sui Mi Fun pesanan Mama di Mie Lokut Bangka. Enaaakk!

Saat kami datang, ternyata rumah makan ini lagi enggak ramai. Hanya ada beberapa pengunjung yang menyantap makan siang mereka. Nah, di hari terakhir saya di Bangka, saya enggak memesan Bakmi Bangka alias Jam Mian lagi. Hahaha. Ngebayanginnya aja udah kenyang banget. Beberapa hari berturut-turut makannya bakmiiiii terus. Ya udah, deh, saya pesan menu yang lainnya.

Rupanya, makanan-makanan yang disajikan di sini enggak kalah menggoda. Saya memesan Nasi Tim (yang lupa saya foto saking laparnya), yang mana ternyata beda banget dengan Nasi Tim yang biasanya saya makan.

Baca juga: Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!

Biasanya, Nasi Tim diberi daging ayam cincang di atas nasi, lalu ada telur puyuh atau setengah telur biasa di dalamnya. Kuah yang gurih pun menjadi pendamping makanan tersebut.


Kalau di Mie Lokut Bangka, sebenarnya Nasi Tim yang mereka jual lebih seperti nasi yang dicampur jadi satu potongan ayam rebus berukuran besar. Porsinya ya ampun… banyak banget! Terutama nasinya. Mungkin ini identik dengan orang Bangka yang porsi makannya banyak banget. Jadi pas Nasi Tim yang saya pesan terhidang di atas meja, saya kaget sendiri melihat piring saya penuh dengan nasi dan ayam. Hahaha. Saya sampai enggak habis makannya karena udah keburu kenyang duluan.

Baca juga: Mampir ke Belinyu, Jalan-jalan ke Mana Saja?

Lantas, bagaimana dengan rasanya? Menurut saya, rasanya lumayan enak, tapi belum bisa dikatakan sebagai favorit, sih. Saya lebih suka Nasi Tim biasa dengan daging cincang yang manis. Namun, menu masakan yang satu ini wajib kamu pesan kalau perut kamu yang keroncongan sudah benar-benar enggak bisa menahan lapar. Dijamin kenyangnya puoooll!

Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan
Porsi makanan yang tersaji di sini cocok banget buat perut-perut yang kelaparan.

Menu lainnya yang dipesan adalah Sui Mi Fun alias Bihun Kuah. Ini favoritnya Mama. Melihat tampilannya saja sudah bikin cacing-cacing di perut makin meronta-ronta, enggak sabar pengin ikut icip-icip makanan ini. Hehehe. Nah, Sui Mi Fun ini isinya ada daging babi cincang, tauge, daun bawang, bawang goreng, tahu kok, dan bakso ikan.

Baca juga: The Food Factory: Sarapan Dengan Segudang Pilihan Makanan Tersaji dalam Buffet-Style

Rasanya gurih dan enak banget. Kalau kamu suka pedas, tambahkan sambal yang tersedia di meja, ya. Kamu juga bisa menambah cuka atau perasan jeruk nipis untuk memperkaya rasa Sui Mi Fun di Mie Lokut Bangka ini.

Sebenarnya, bihun kuah dan daging babi cincang sudah bikin kenyang, sih. Nah, dengan pelengkap lainnya sudah pasti bikin tambah kenyang. Hayooo siapa yang ngiler melihat foto di atas? Hehehe. 😀

Mie Lokut Bangka, Tempat Makan Jeroan Babi Paling Mengenyangkan
Song Sui di Mie Lokut Bangka. Ada yang kepengin coba?

Cuma itu saja nih makanan yang dipesan? Eitss… ada lagi, dong. Dua saudara saya yang ikut makan di Mie Lokut Bangka ini memesan nasi dan Song Sui alias jeroan babi. Sudah pasti makanan ini enggak halal, ya.

Sejujurnya saya enggak tahu pasti apa aja isinya. Yang pasti pas saya icip, kuah kaldunya gurih banget, kemudian jeroan babi dengan tekstur empuk dan kenyal seolah-olah enggak pengin memberikan ruang kosong di mangkok.

Baca juga: Sore-sore Ngemil Pempek Bangka di Depan Bangunan Kosong di Jalan Muhidin

Di dalam Song Sui, kamu akan menemukan potongan caisim, daun bawang, bawang goreng, dan juga potongan wortel. Jadi seenggaknya, ketika kamu makan makanan yang “jahat”, ada sedikit makanan “baik” yang ikut tertelan ke dalam perutmu.

Oh ya, karena kuahnya gurih dan enak banget di lidah, kamu boleh minta tambah kuah kepada si penjual. Nanti, di dalam kuah juga akan diberi sayur-sayuran tambahan.

Song Sui ini bukan hanya lezat dimakan dengan nasi, melainkan bisa disandingkan atau dijadikan pelengkap untuk kamu yang makan Bakmi Bangka atau bihun, baik yang kering maupun berkuah.

Baca juga: Di Gua Maria Pelindung Segala Bangsa Belinyu yang Sunyi dan Teduh

Duh… melihat presentasi Song Sui di Mie Lokut Bangka ini, yang ada di otak saya adalah antara makanan ini benar-benar lezat atau sangat-sangat mengenyangkan perut, bahkan sebelum disantap. Ya itu dia, porsinya yang banyak memang juara banget. Cocok deh, buat yang lagi kelaperan. Untuk urusan tempat makan jeroan babi paling mengenyangkan, Mie Lokut Bangka ini juaranya! 😀


Lain kali ke sini, saya mau coba bakminya.


 

ARTIKEL KULINER LAINNYA:

1. Kuliner yang Bikin Nagih di Bali: Sate Babi Bawah Pohon!
2. 7 Kuliner Semarang yang Bikin Kangen
3. 3 Bakmi Bangka Paling Enak dan Murah Meriah di Bangka
4. Perpaduan Pahit dan Manis Dark Chocolate Cigar, Cokelat Rasa Cerutu Kuba
5. 5 Menu Lezat Karya Chef Benjamin Halat yang Paling Bikin Nagih
6. 6 Pilihan Amuse-Bouches, Hidangan Pembuka Paling Favorit di Restoran CURATE, Singapura
7. 5 Alasan Tak Perlu Ragu Bersantap di Restoran Fine Dining CURATE, Singapura
8. Ada yang Kurang Saat Mencicipi Roti Panggang Telur dan Kopi Tarik Tung Tau
9. Lebih Nikmat Menyantap Bakmi Jowo Mbah Gito di Kala Malam
10. Belum ke Yogyakarta Kalau Belum Mampir ke The House of Raminten
11. Waroeng Kaligarong, Kuliner Semarang Spesialis Bebek Goreng Sambal Mangga Muda


XOXO, logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.