Mengantar Matahari di Parangtritis

mengantar matahari di parangtritis - yogyakarta

Mengantar Matahari di Parangtritis – Menikmati redupnya langit sambil mengantar matahari pulang ke peraduannya… adalah hal yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Banyak pantai cantik yang akan memanjakan kedua mata, membuat kita betah berlama-lama, meski hanya diam menikmati embusan angin dan mendengar deburan ombak.

Baca juga: Pengalaman Naik Joglosemar Semarang-Yogyakarta


Parangtritis, pantai yang terletak 27 km di selatan Yogyakarta menjadi salah satu tujuan saya. Apabila hendak berkunjung ke pantai yang cantik ini, sempatkanlah untuk menghabiskan sore di sini. Untuk apa lagi jika bukan menikmati terbenamnya matahari sore.

Di balik keindahannya, ada cerita yang lekat dengan Pantai Parangtritis, yakni legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Masyarakat percaya apabila Nyi Roro Kidul adalah penguasa pantai selatan. Konon, kita dilarang menggunakan baju hijau di pantai ini. Entah itu hanya sekadar mitos atau bukan, tapi sepertinya saya tidak akan coba-coba mengenakan warna tersebut bila ke pantai.

mengantar matahari di parangtritis - yogyakarta
Kapal-kapal nelayan di kejauhan.
mengantar matahari di parangtritis - yogyakarta
Meninggalkan jejak-jejak kaki, bersama kenangan yang ikut di antaranya.

Di Pantai Parangtritis, kita bisa menikmati debur ombak yang menggelitik kedua kaki. Pasirnya yang lembut juga seakan menghangatkan telapak-telapak yang lelah, sehabis berjalan jauh menjelajahi kota pelajar ini. Bila suka berada di pantai, jangan lupa untuk membuka kedua telinga lebar-lebar untuk mendengarkan bunyi ombak yang begitu tenang dan menghanyutkan. Rasanya ingin berada di sini hingga waktu melelapkan saya hingga pulas.

mengantar matahari di parangtritis - yogyakarta
Meninggalkan jejak-jejak kaki, bersama kenangan yang ikut di antaranya.
mengantar matahari di parangtritis - yogyakarta
Tatkala matahari mulai kembali ke peraduannya.

Namun, saya tidak ingin ketinggalan melihat terbenamnya matahari…. Nah, ketika matahari hendak pulang ke tempatnya terlelap, langit pun seketika akan berubah penuh warna. Biru dan merah muda seakan menjadi rona paling cantik di langit Parangtritis sore itu.

Sejenak saya mengucap syukur karena bisa menghabiskan waktu di sini. Seakan ingin meluangkan lebih banyak waktu untuk melompat lebih tinggi menuju langit dan ikut mengantar matahari kembali ke sarangnya.


Baca juga: Kujadikan Langit Sebagai Museum Layanganku

Kalau matahari saja bisa membuat orang lain bahagia, saya merasa saya juga harus bisa membuat diri saya sendiri bahagia. Kalau matahari saja bisa membuat orang lain bersyukur, saya pun merasa saya juga harus bisa membuat diri saya sendiri bersyukur.

mengantar matahari di parangtritis - yogyakarta
Menikmati matahari terbenam, sebelum gelap.

Kamu pasti juga ingin menikmati matahari terbenam di Parangtritis, kan?


XOXO, logo

2 comments

  1. Wah indahnya Pantai Parangtritis, boleh tuh kapan-kapan datang kesana untuk liburan bersama keluarga, teman maupun sanak saudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.