20 Inspirasi Rainbow Bookshelf di Bookstagram yang Bikin Betah Baca Buku Seharian

Sintia Astarina - 30 Bookstagram Terms You Should Know - 20 Inspirasi Rainbow Bookshelf di Bookstagram yang Bikin Betah Baca Buku Seharian

20 Inspirasi Rainbow Bookshelf di Bookstagram – Saya enggak bisa membayangkan bagaimana hidup saya saat ini tanpa membaca buku. Mungkin, rasanya bakal hampa banget. Pemahaman saya akan hal-hal yang belum diketahui mungkin enggak akan kaya. Hari-hati saya mungkin juga enggak akan produktif.

Karenanya, saya luar biasa bersyukur sebab sedari kecil, saya sudah menuntun dan membiasakan diri sendiri untuk dekat dengan buku. Mulai dari komik, majalah grafis, tabloid, majalah remaja, novel, dan masih banyak bacaan lainnya.


Kalau saya enggak suka sama buku, mungkin saya enggak akan punya akun @sintiawithbooks yang isinya buku-buku koleksi di rumah. Kalau saya enggak suka sama buku, boro-boro saya punya rak buku besar di depan kasur saya.

Nah, buat kamu yang juga memiliki rak buku di rumah, pasti seru banget deh, bisa menyusun tampilan buku pada rak sehingga menjadi lebih enak dipandang. Memang, biasanya banyak yang menyusun buku berdasarkan nama penulis, penerbit, ukuran, jenis, atau bahkan abjad judul buku. Namun, tampilan buku seperti warna-warna pelangi atau yang biasa disebut sebagai rainbow bookshelf, tetap menjadi yang terfavorit buat saya.

Baca juga: Kebiasaan Membaca Buku di Perjalanan yang Ingin Saya Tularkan ke Kamu

Perlu dipahami, menyusun rainbow bookshelf butuh effort lebih. Kamu harus memilah-milah dulu semua buku milikmu berdasarkan warna, lalu baru diletakkan dan dikreasikan di rak.

Kalau kamu ingin mendapatkan inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram, intip foto-foto rak buku di bawah ini, deh. Siapa tahu, kamu juga kepengin punya rak buku sendiri dan menatanya seperti pelangi.


20 Inspirasi Rainbow Bookshelf di Bookstagram

1. Rak buku unik yang menempel pada dinding

Ini dia inspirasi rainbow bookshelf di Bokstagram yang pertama. Bisa dibilang, rak buku ini bentuknya unik banget karena menyesuaikan dengan bentuk dinding di belakangnya. Bentuknya malah lebih mirip seperti rumah buku dan ada pintu yang warnanya senada dengan warna buku. Kemudian, warna-warna pastel yang menghiasi rak putih ini juga rasanya bikin siapapun betah di rumah. Mungkin karena warnanya lembut dan enak dipandang mata, ya.

2. Menyesuaikan warna book spines dengan bookish merch

 

Biasanya, kalau mengatur buku-buku pada rak, bagian buku yang diperlihatkan ialah book spines atau tulang buku. Nah, supaya rainbow bookshelf kamu makin keren, sesuaikanlah warna book spines dengan berbagai bookish merch yang dimiliki, misalnya seperti Funko atau candle. Jika memungkinkan, pilihkan merch yang warnanya enggak jauh berbeda.

3. Warna pastel yang lembut bisa jadi andalan

A post shared by Emily 🇦🇺 (@emilyjmead) on

 

Kalau untuk urusan warna-warna lembut seperti ini, susah banget buat enggak naksir. Kalau punya buku-buku yang sampul atau tulangnya berwarna pastel seperti ini, coba deh kreasikan di rak kamu. Di sisi lain, kamu engak melulu mesti menampilkan sisi samping saja. Ada kalanya kamu menampilkan sampul dan merenggangkan jarak antara buku satu dengan yang lain. Inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram yang satu ini memang inspiratif, ya.

4. Kalau ini tampilan rainbow bookshelf kreasi saya

 

Karena baru pemula banget dalam menyusun rainbow bookshelf, jadilah ini tampilan paling standar yang bisa saya buat. Mudah, kok, saya hanya perlu memilih-milah buku sesuai dengan warnanya.

Baca juga: [BOOK REVIEW] Gadis Daun Jeruk, Si Pengingat Mimpi

Paling atas adalah warna yang gelap, dimulai dari coklat menuju hitam. Lalu pada baris kedua adalah favorit saya, yakni buku-buku berwarna putih. Pada baris selanjutnya, saya menyusun warna gradasi mulai dari kuning, oranye, merah, ungu, hingga merah muda. Kemudian pada baris terakhir ada deretan buku berwarna biru hingga hijau. Kalau kamu baru pertama kali menyusun rainbow bookshelf, tampilan yang satu ini enggak ada salahnya untuk dicoba.

5. Terlalu jatuh cinta dengan rainbow bookshelf yang satu ini

 

Inspirasi rainbow bookshelf di Bokstagram yang satu ini memang juara banget, deh. Kira-kira, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusun buku-buku ini? Cantiknya bukan main, deh. Pada bagian atas buku, ada juga pom-pom warna-warni yang menggantung yang semakin menambah keceriaan rak buku pelangi ini. Saya jadi penasaran, deh, buku-buku apa saja, ya, yang dimiliki oleh si pemilik akun @sweetbookobsession?

6. Akrab dengan mejikuhibiniu yang identik dengan pelangi?

 

Tampilan rak buku yang satu ini memang pas banget menggambarkan warna-warna pelangi. Dan ya, seharusnya buku-buku pada gambar di atas merupakan satu seri yang masih saya cari apa judul-judul bukunya. Yang pasti, penerbitnya benar-benar kreatif dan menerapkan strategi marketing yang baik. Seri buku ini pasti sengaja dibuat untuk dikoleksi oleh para pembaca. Dengan demikian, para books aficionado bakalan pengin membeli semua buku dalam seri ini.

7. This rainbow bookshelf is so dreamy

 


Big applause to Emily Sweet
! Sadar enggak, banyak banget foto-foto rainbow bookshelf hasil karya Emily Sweet yang saya post di tulisan ini? Sejatuh cinta itu sama rak bukunya. Untuk rainbow bookshelf yang satu ini benar-benar yang paling niat menurut saya. Membayangkan untuk merapikan buku saja rasanya sudah menguras tenaga, gimana kalau dibuat seperti ini, ya?

Di sisi lain, saya suka banbet melihat properti berupa vas kaca bening dengan tanaman kecil di dalamnya. Cantik sekali. Ini merupakan salah satu inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram yang paling saya favoritkan!

8. Buku-buku terbitan luar negeri memang paling kreatif dan detail

 

Sama seperti nomor 6, penerbitnya memang paling tahu bagaimana cara menyenangkan hati para pembaca buku di dunia. Dan dalam waktu yang sama, mereka pun tahu bagaimana menghabiskan duit pembaca. Hahaha. Kalau melihat buku-buku di atas, rasanya kepengin banget kan, mengoleksinya? Tulang bukunya yang cantik bisa memperindah tampilann rainbow bookshelf.

9. Kalau kamu suka dengan gradasi warna gelap…

 

Rak buku di atas ini bisa jadi inspirasi, terutama bagi kamu yang suka sekali dengan warna-warna dark, seperti coklat, biru tua, sampai hitam. Jangan lupa, letakkan bookish merch yang kamu miliki supaya rak buku kamu terlihat semakin bervariasi.

10. Buat kamu yang punya banyak buku hard cover

 

Oh ya, selain mementingkan koordinasi warna, kamu juga bisa memilah secara khusus berdasarkan jenis buku, misalnya hard cover. Memang, harga buku yang sampulnya tebal sedikit lebih mahal, tetapi tentunya akan lebih awet dibandingkan yang biasa. Di rumah, saya enggak terlalu punya banyak hard cover. Ya karena itu dia, ada buku yang isinya sama dan harganya lebih murah, mengapa tidak? Saya membeli buku-buku bersampul hard cover kalau memang harganya lebih murah atau sedang ada diskon. Hehehe. 😀

11. Menyusun buku enggak melulu harus vertikal

A post shared by Ali (@the_bandar_blog) on

A post shared by Ali (@the_bandar_blog) on

 

Mudahnya, menyusun buku-buku pada rak memang dalam posisi vertikal atau berdiri. Namun ada kalanya, kamu juga bisa menyusunnya dalam posisi horizontal atau tidur. Dengan demikian tampilan rainbow bookshelf kamu enggak akan membosankan.

12. Kalau yang satu ini beneran kayak warna pelangi!

A post shared by Liesa (@mscaulfield) on

A post shared by Liesa (@mscaulfield) on

 

Tampilan buku yang satu ini memang eye-catchy banget! Koordinasi warnanya sepertinya disusun seniat mungkin, ya. Benar-benar seperti pelangi. Hehehe. Suka banget ngelihat rainbow bookshelf kayak gini, really catch my attention banget. Kalau kamu suka enggak sama tampilan rak buku yang satu ini? Simpan inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram yang satu ini jikalau kamu ingin membuatnya sewaktu-waktu, ya!

13. Too good to be true

A post shared by Maria (@booksugar) on

A post shared by Maria (@booksugar) on

 

Ada yang bisa nebak enggak kenapa saya menulis sub judul tampilan buku di atas dengan “To good to be true”? Like literally, rainbow bookshelf di Bokstagram yang satu ini magical banget. Maria, si pemilik akun @booksugar ini kelihatannya rela mengeluarkan uang banyak demi buku (sama banget seperti saya). Lihat aja deh, koleksinya, banyak banget! Kepengin banget mampir ke rumahnya dan ngelihat langsung rak bukunya yang keren ini. Dijamin saya enggak mau pulang, deh. Hahaha 😀

14. Memisahkan warna pastel dan bold

 

Inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram yang satu ini juga bisa kamu coba. Jadi, kelompokkan buku-buku di rumahmu menjadi yang warnanya terang (pastel dan sebagainya) dan yang warnanya gelap. Ketika disusun di rak buku, satukanlah buku-buku berwarna terang di baris-baris tertentu. Begitu juga dengan buku-buku berwarna gelap. Jangan lupa tambahkan properti koleksimu supaya rak buku kamu makin asyik dipandang.

15. Salah satu inspirasi rainbow bookshelf yang saya kagumi

 

Pertama kali kepikiran pengin membuat rainbow bookshelf di Bookstagram adalah karena rak bukunya Karina ini. Pas melihat rak buku pelangi miliknya, wah tiba-tiba spontan banget pengin merapikan rak buku. Bahkan, waktu saya sedang menyusun buku-buku di rak, berulang kali saya melihat foto inspirasi rainbow bookshelf buatannya untuk saya jadikan patokan. Hasilnya bisa kamu lihat di nomer 4. Hehehe. Semoga enggak mengecewakan, ya. 🙂

16. Bukan cuma buku yang disusun seperti warna pelangi

A post shared by Emilie (@the_garden_of_readen) on

 

Bagi saya, Bookstagram adalah wadah potensial bagi para pencinta literasi untuk mengekspresikan dirinya lewat buku, foto, atau hal-hal lainnya yang berkaitan. Seperti contoh foto inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram. Si pemilik akun nyatanya melakukan koordinasi warna bukan hanya pada buku-buku koleksinya, melainkan lilin-lilin yang dimilikinya. Apakah kamu juga mengoleksi lilin berwarna-warni? Tampilan rak buku di atas bisa kamu coba juga.

17. Rainbow bookshelf versi fore edge

 

Lagi-lagi Emily Sweet berhasil memenangkan hati saya akan kekreativitasannya. Setelah menampilkan gradasi warna-warna pelangi yang bikin betah baca buku seharian, kini ia menampilkan rainbow bookshelf di Bookstagram tetapi versi fore edge-nya. Sedikit tips untuk kamu yang menginginkan tampilan ini. Gunakanlah buku-buku hard cover, ya. Soalnya kalau kamu menampilkan fore edge buku-buku soft cover, warna pelanginya enggak akan kelihatan.

18. Galeri foto yang luar biasa colorful!

A post shared by CG Drews (@paperfury) on

A post shared by CG Drews (@paperfury) on

 

Kalau kamu mengunjungi galeri Bookstagram yang satu ini, kedua mata kamu akan dimanjakan oleh warna-warna cantik yang konsisten banget. Pengaturan warna dibuat seapik mungkin dan benar-benar inovatif, sih. Oh ya, inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk book photography ala flatlay, lho.

19. Warna terang pada bagian tengah bikin mata jadi segar, deh!

A post shared by Jeann (@happyindulgence) on

A post shared by Jeann (@happyindulgence) on

 

Ini dia inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram selanjutnya. Memang rak buku di atas lebih didominasi oleh warna-warna gelap. Namun, coba lihat deh, ada buku-buku bersampul terang yang bikin kelompok ini jadi all out atau lebih menonjol dibanding baris buku yang lainnya.

20. Jadikan background foto untuk Bookstagram kamu, ya!

 

Kelebihan punya rainbow bookshelf adalah kamu bisa menjadikannya sebagai background yang mana nantinya bisa kamu potret dan unggah di Bookstagram. Ide yang satu ini juga sering saya terapkan karena ternyata banyak Bookstagrammer yang menyukainya. Mungkin kamu juga mau mencobanya?

Baca juga: 5 Teknik Meningkatkan Engagement Bookstagram Lewat Pemberian Komentar

Nah, itulah dia inspirasi rainbow bookshelf di Bookstagram yang biasanya menjadi referensi saya kalau lagi bosan dengan tampilan rak buku yang itu-itu saja. Kalau sudah nemu foto rak buku pelangi dan saya suka, sudah pasti saya like dan save. Siapa tau, kalau lagi rajin, saya bisa mengubah-ubah tampilan rak buku. Hehehe.

Nah, selamat berkreasi dengan rainbow bookshelf di Bookstagram kamu, ya.


BACA ARTIKEL LAINNYA, YUK!

1. 5 Rekomendasi Toko Buku Favorit Buat Beli Buku Online
2. Apa Itu Bookstagram dan Bagaimana Cara Membuatnya?
3. Apa Itu Books Aficionado?
4. Q&A: 15 Fun Facts about Me and My Bookstagram @sintiawithbooks
5. 11 Most Creative Bookstagrammers to Follow in 2018
6. 30 Bookstagram Terms You Should Know
7. Pengalaman Borong Buku di Big Bad Wolf Jakarta (Bonus: 5 Tips Biar Enggak Kalap)
8. 5 Buku Favorit yang Bikin Saya Jatuh Cinta dengan Dunia Anak-anak
9. 7 Tips Meningkatkan Follower Bookstagram untuk Pemula
10. Pengalaman Mengirim Buku Gratis Lewat Kantor Pos Setiap Tanggal 17
11. 5 Teknik Meningkatkan Engagement Bookstagram Lewat Pemberian Komentar
12. 30+ Most Popular Bookstagram Hashtags to Increase Your Followers
13. 15 Rupi Kaur Powerful Quotes Every Girl Needs to Read
14. 3 Penulis Teenlit Favorit yang Novelnya Bikin Kangen Masa SMA
15. [BOOK REVIEW] Gadis Daun Jeruk, Si Pengingat Mimpi
16. 7 Benda yang Bisa Kamu Jadikan Pembatas Buku


XOXO, logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.