8 Serial TV & Film Favorit Berlatar Toko Buku, Sudah Nonton?

May 3, 2022

8 Serial TV & Film Favorit Berlatar Toko Buku, Sudah Nonton? – Selain senang menulis dan membaca buku, menonton film selalu jadi kegiatan yang saya selipkan, seengaknya satu hari dalam seminggu.

Bagi saya, menonton enggak semelelahkan baca buku. Makanya, belakangan ini saya lebih memilih untuk menonton film atau menghabiskan serial TV kesukaan.

Kalau ditanya genre favorit sebenarnya enggak jauh beda dari buku. Selain suka drama, saya juga suka penikmat komedi, petualangan, film keluarga, dan kadang thriller (kalau berani aja). 😆

Dari semua film yang sudah ditonton, baru ngeh kalau saya punya beberapa rekomendasi film favorit berlatar toko buku. Boleh dibilang, ceritanya sih, enggak jauh-jauh dari kisah romantis. Hehehe. 😀

Yang lagi suntuk, yang lagi reading-slump, yang lagi bingung mau ngapain, coba intip rekomendasinya berikut ini.

8 Serial TV & Film Favorit Berlatar Toko Buku

1. When Harry Met Sally (1989)

Ini dia film favorit berlatar toko buku yang wajib kamu tonton, When Harry Met Sally. Ini merupakan salah satu film romantis terbaik sepanjang masa.

Ini bercerita tentang Sally Albright butuh tumpangan mobil Harry Burns agar dirinya bisa pergi ke New York. Selama perjalanan, banyak sekali hal yang mereka bicarakan.

Baca juga: Menyusuri Tumpukan Buku-buku Lawas di Galeri Buku Bengkel Deklamasi

Beberapa tahun berselang, keduanya kembali bertemu, tapi kini dengan pasangan masing-masing. Ketika keduanya putus cinta, Harry dan Sally harus menghadapi perasaan masing-masing terhadap satu sama lain.


2. Notting Hill (1999)

Ah, saya suka sekali dengan film yang dibintangi Hugh Grant dan Julia Roberts ini. Untuk yang belum nonton, film romantis ini bercerita tentang William Thacker, seorang pemilik toko buku The Travel Book Co. di Notting Hill, yang bertemu dengan aktris Hollywood bernama Anna Scott.

Baca juga: 7 Inspirasi Tempat Baca Favorit Para Bookstagrammer

Ternyata, pertemuan itu berujung pada pertemuan-pertemuan lainnya yang membuat keduanya saling jatuh cinta. Manis banget nggak sih, toko buku jadi pertemuan pertama yang mengarah ke hubungan percintaan? 😍❤


3. Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)

Calling all Potterheads! Ini dia favorit berlatar toko buku yang jangan sampai kamu lewatkan! Harry Potter and the Chamber of Secrets ini disutradarai oleh Chris Colombus dan diadaptasi dari novel J.K. Rowling yang terbit pada 1998.

Baca juga: Membawa Buku di Penjuru Dunia ke Transit Bookstore Pasar Santa

Film ini bercerita soal tahun kedua Harry Potter di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, juga tentang keberadaan Kamar Rahasia yang penuh misteri.

Dari semua film Harry Potter, menurut saya ini salah satu yang juara!


4. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Film favorit berlatar toko buku ini menggabungkan beberapa genre, mulai dari drama, komedi, hingga science fiction. Eternal Sunshine of the Spotless Mind disutradarai oleh Michel Gondry dan naskahnya ditulis Charlie Kaufman.

Baca juga: Toko Buku Independen POST, Surga Kecil Para Pencinta Buku

Film dengan rating 8.3 ini menyuguhkan cerita soal sepasang kekasih, Joel Barish dan Clementine Kruczynski, yang berusaha menghapus memori tentang satu sama lain.

Namun, penghapusan memori tersebut enggak berjalan dengan lancar karena perasaan cinta masih tumbuh di hati mereka. Lantas, bagaimana nasib mereka, ya?


5. You (2018)

Berbeda dari poin-poin sebelumnya, You merupakan serial TV yang ditayangkan oleh Netflix. You menjadi salah satu film favorit berlatar toko buku yang saya tunggu-tunggu banget kelanjutannya.

Serial ini berkisah tentang Joe Goldberg, seorang pengelola toko buku yang jatuh cinta dengan penulis muda bernama Guinevere Beck. Saking terobsesinya, sampai-sampai Joe melakukan segala cara untuk bisa dekat dengan Beck, bahkan “memproteksi” perempuan itu dengan caranya sendiri.

Baca juga: Toko Buku Foto Gueari Galeri: Jual Foto, Emosi, dan Cerita

Sama seperti Notting Hill, pasangan ini juga ketemu di toko buku. Romantis banget, kaann? 😍❤ Eits, tapi jangan kira cerita di dalamnya dibumbui hal-hal manis, ya. Jangan lupa tonton season 2-nya, juga. It’s  gonna blow your mind.


6. Dash & Lily (2020)

Saya baru saja menyelesaikan Dash & Lily, serial original besutan Netflix bergenre romantic comedy yang saya suka sekali! Saya cuma bisa terkagum-kagum melihat setting-nya, yakni di Strand Bookstore yang dihias dengan suasana Natal. What a lovely!

Cerita serial ini awalnya agak membosankan, tapi makin lalam semakin mengundang penasaran. Serial ini pun bikin saya kepengin banget mampir ke Strand Bookstore di New York. That’s one of my big dreams I have to achieve!


7. Ada Apa dengan Cinta? (2022)

Film Indonesia yang satu ini cukup legendaris. Bila sudah menonton, mungkin kamu akan sadar bahwa ada scene di toko buku, yang lokasinya adalah di Kwitang, Jakarta Pusat. Hingga kini, katanya toko bukunya masih ada, lho. Saya sempat ngelewatin waktu ikut Jakarta Good Guide rute Kwitang. Feeling nostalgic.


8. Twenty-Five Twenty-One (2022)

Twenty-Five Twenty-One adalah serial TV favorit yang bisa dinikmati berjam-jam di Netflix. Ceritanya bagus sekali! Plot dan karakter tokohnya pun bikin geregetan. Yang menarik, salah satu setting lokasi drakor ini ada di toko komik, tempat tokoh utama sering mengincar komik kesukannya setiap kali baru terbit, “Full House”. Worth to watch!

Sebenarnya, serial TV dan film favorit berlatar toko buku masih banyak banget! Sayangnya belum sempat ditonton semua, nih. Kalau kamu punya rekomendasi lainnya, semoga kamu enggak keberatan buat share judulnya, ya.

Selamat menonton dan semoga film-film di atas cocok buatmu. 😀

Sintia Astarina

Sintia Astarina

A flâneur with passion for books, writing, and traveling. I always have a natural curiosity for words and nature. Good weather, tasty food, and cuddling are some of my favorite things. How about yours?

More about Sintia > 

4 Comments

  1. Sulhan Habibi

    Pastinya film Tom Hanks dan Meg Ryan dong yang judulnya YOU’VE GOT MAIL
    Suka banget film ini.

    Reply
  2. Matius Teguh Nugroho

    Sama, aku juga suka nonton film, tapi belakangan lagi keranjingan serial-serial Netflix sih, haha. Nanti aku bikin tulisan buat review recommended series di Netflix deh. Biasanya genre yang kutonton adalah fantasi, sci-fi, action, horror, atau komedi. Nggak terlalu suka drama.

    Dari daftar film di atas, baru nonton Harry Potter haha. Kayaknya beberapa film Harry Potter ada adegan di perpustakaan. Kamu tau film2 1990-an itu dari mana? Aku aja nggak tau hehe

    Reply
    • Sintia Astarina

      Hi, Kak! Sama banget, belakangan gara-gara baru rescubsribe Netflix jadi keranjingan nonton di platform itu lagi hehe. Boleh banget, ditunggu tulisannya, ya!

      Aku tau film-film 1990-an ini karena memang booming banget. Lalu karena penasaran, akhirnya nonton deh. Ternyata ceritanya bagus-bagus! 😀

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.